Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Soundtrack Film Indonesia Paling Keren Versi KapanLagi.com

 Film adalah karya audio visual. Maka tak heran jika film dan soundtrack tak dapat dipisahkan. Soundtrack lagu pada film memiliki peran penting dalam memainkan emosi penonton.
Fim tanpa soundtrack, bagai sayur tanpa garam. Popularitas lagu yang digunakan sebagai soundtrack film dapat menjadi alat untuk mendongkrak kesuksesan film tersebut. Sehingga tak jarang sebagian besar film box office tanah air yang mendulang kesuksesan juga diiringi dengan melesatnya popularitas dari lagu yang menjadi soundtrack film tersebut.
Nah, apa saja soundtrack paling oke di industri film Indonesia selama ini? Simak dulu daftarnya yuk.


1. ADA APA DENGAN CINTA


Film arahan Rudi Soedjarwo ini merupakan penggerak roda perfilman indonesia setelah mati suri. Film ini bertemakan cinta di masa-masa SMA. Diperankan oleh Dian Sastro sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ADA APA DENGAN CINTA (AADC) sendiri dirilis pada tahun 2002. Soundtrack andalan yang digunakan dalam film ini adalah single ADA APA DENGAN CINTA yang dinyanyikan oleh Melly Goeslow feat Erick Benzi.
Adegan memorable dalam film ini adalah ketika Cinta menyusul Rangga di bandara diiringi dengan alunan musik single AADC yang berbunyi "Ada Apa dengan Cinta, perbedaan aku dan engkau dalam puisi cinta terindah."



2. AYAT-AYAT CINTA


Film ini diangkat dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zakia Adya Mecca dan Melanie Putri. Film ini mengisakan tentang cinta segitiga, yang kental dengan unsur religi. Film AYAT AYAT CINTA dirilis pada tahun 2008. Dalam kesempatan kali ini Rossa didaulat untuk menyanyikan soundtrack lagu dari film AYAT-AYAT CINTA. Ia juga menciptakan lagu ini bersama Melly Goeslaw.
Soundtrack lagu ini dianggap banyak pihak sangat mewakili isi cerita film. Bagian lirik yang memiliki makna mendalam terdapat di bagian reff yakni, "Maafkan bila ku tak sempurna. Cinta ini tak mungkin ku cegah. Ayat-ayat cinta bercerita. Cintaku padamu". 



3. LASKAR PELANGI


Film yang diadopsi dari sebuah novel best seller karya Andrea Hirata. Film garapan Riri Riza ini mengisahkan tentang perjuangan 10 orang anak yang berusaha meraih mimpi mereka dalam keterbatasan. Film ini juga dibintangi oleh Cut Mini, Rieke Diah Pitaloka, Matias Muchus dan aktor senior Slamet Raharjo. Film yang dirilis tahun 2005 ini mendaulat grup band Nidji untuk menggarap soundtrack film. Akhirnya Nidji pun memilih judul LASKAR PELANGI sebagai judul lagu film ini.
Soundtrack lagu LASKAR PELANGI pun menjadi hits seiring kesuksesan filmnya. Hal ini dikarenakan banyak yang menilai jika lagu LASKAR PELANGI sangat mewakili isi cerita film. seperti yang terdapat pada potongan lirik ini, "Mimpi adalah kunci.Untuk kita menakhlukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah. Sampai engkau meraihnya." 


4. MENGEJAR MATAHARI



Film MENGEJAR MATAHARI merupakan film karya Rudy Sujarwo.Film ini mengisahkan tentang persahabatan empat sekawan yang dibintangi oleh aktor muda berbakat seperti Fedi Nuril, Wingky Wiryawan, Faudi Baadilla dan Ade Project Pop. Dirilis tahun 2004 film yang diproduseri oleh Leo Sutanto ini memiliki judul soundtrack yang sama dengan judul film. Lagu MENGEJAR MATAHARI di ciptakan dan dinyanyikan oleh Ari Lasso.
Berkat suara khasnya Ari Lasso berhasil menjadikan lagu ini hits di pasar musik tanah air. Lagu MENGEJAR MATAHARI memiliki lirik yang dalam sesuai dengan plot cerita film. Bagian lirik yang dianggap sangat menggambarkan cerita film adalah "Tetes air mata. Mengalir di sela derai tawa. Selamanya kita. Tak akan berhenti mengejar matahari." 


5. DEALOVA

 Film yang diproduksi oleh Flix Pictures merupakan film adaptasi dari novel teenlit best seller karya Dyan Nuranindya. Film besutan Dian W. Sasmita ini dibintangi oleh artis muda berbakat diantaranya Evan Sanders, Ben Joshua dan Jessica Iskandar.
DEALOVA diliris pada tahun 2005. Once mendapat kesempatan untuk mengisi soundtrack lagu dalam film ini. lagu yang berjudul DEALOVA diciptakan oleh penyanyi religi Opik.
Suara nada tinggi Once tampaknya cukup ampuh memikat hati para penonton. Belum lagu ditambah lirik yang mengisahkan tentang drama percintaan remaja. Bagian lirik yang kerap dijadikan sebagai persembahan sang pasangan ialah "Kau seperti nyanyian dalam hatiku,yg memanggil rinduku padamu.Seperti udara yg kuhela kau selalu ada".