Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Foto Keluarga Tertinggal di Bulan Selama 40 Tahun

Unik tapi Nyata - Sebuah foto keluarga tertinggal di permukaan bulan selama 40 tahun. Foto itu diketahui milik astronot Chalie Duke yang melakukan perjalanan ke bulan pada 23 April 1972.




Charlie Duke, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Kamis 14 Februari 2013, merupakan astronot termuda yang memulai perjalanan ke bulan bersama dua astronot lainnya yaitu John Young dan Ken Mattingly menggunakan pesawat Apollo 16.

Pesawat itu merupakan misi ke-16 program luar angkasa Amerika Serikat, pesawat luar angkasa kelima yang berhasil mendarat di permukaan bulan dan pertama yang menjejakkan kaki hingga dataran tinggi bulan.

Pesawat Apollo diluncurkan dari Pusat Luar Angkasa Kennedy di Florida, AS pada 16 April 1972. Misi itu berlangsung selama 11 hari, satu jam dan 51 menit dan berakhir pada 27 April di tahun yang sama.

Di balik foto keluarga tersebut, tertera tanda tangan keluarga Duke dan pesan berisi: "Ini adalah keluarga astronot Duke dari planet bumi. Mendarat di bulan pada April 1972."

Selain foto keluarga, Duke juga meninggalkan medali peringatan yang diberikan oleh Angkatan Udara AS yang kala itu memperingati hari jadinya ke-25.

Kedua benda itu diketahui tertinggal karena terekam dalam arsip foto proyek Apollo yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi dan penyimpanan gambar digital terkait sejarah program pendaratan manusia di bulan.

Dari tiga astronot yang mengudara di luar angkasa, hanya Duke dan Young saja yang menjejakkan kaki di permukaan bulan. Duke berteriak "luar biasa! Pendaratan pertama di permukaan bulan benar-benar hebat!".

Kedua astronot itu menghabiskan tiga hari di permukaan bulan dengan berjalan kaki atau mengendarai kendaraan khusus.

Kedua pilot itu juga membawa pulang ke bumi sebanyak 95,8 kilogram contoh partikel permukaan bulan. Dari contoh tersebut ditemukan fakta bahwa formasi Descartes dan Cayley tidak berasal dari gunung berapi.

Hingga saat ini kedua benda tersebut masih dibiarkan teronggok di permukaan bulan.