Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pernikahan Terawet di Dunia

Unik tapi Nyata - John Betars dan Ann Betars tak menyangka akan awet mengayuh biduk rumah tangganya. November tahun lalu, mereka telah 80 tahun hidup bersama. Pasangan ini akan menerima gelar pernikahan terawet di dunia untuk 2013.



Penghargaan ini diberikan oleh Worldwide Marriage Encounter, sebuah lembaga perkawinan Kristen yang berbasis di San Bernardino, California. Rencananya penghargaan itu akan diberikan Sabtu nanti, waktu setempat di rumah cucu mereka.

John (101 tahun) dan Ann (97 tahun) dulu dibesarkan di sepanjang jalan di Bridgeport. John dulu mengantar Ann sekolah. Mereka saling jatuh cinta. Sayang, hubungannya tak direstui oleh orang tua Ann. Ayah Ann, sudah menentukan jodoh buatnya. Namun mereka kawin lari dan tinggal di New York. John lalu membuka took kelontong buat menghidupi keluarganya.

Apa rahasia pernikahan yang awet ini ? "Kami tak punya resep, namun ada sedikit aturan sederhana," kata John. Aturan yang dia maksud adalah hidup dengan kepuasan, tak memaksakan diri dan mengikuti arus. Menurut Ann, rahasia yang membuat mereka awet adalah keluarga. "Keluargalah yang membuat makna apa itu hidup," ujarnya. Dia merasa beruntung bisa hidup panjang dan merasa sangat puas bisa melihat cucu dan cicitnya tumbuh. "Keluargalah yang membuat kami tetap hidup. Karena kami hidup buat mereka," kata John.

Dengan aturan sederhana itu, mereka sudah memiliki 5 anak, 14 cucu dan 16 cicit. Sayang, dua anak mereka malah lebih dulu meninggal sat usia di rentang 60-an tahun. Mereka kini tinggal di tepi pantai Fairfield. (Manusia Unik)