Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ternyata Durian Monthong 'Thailand' Itu Asli Indonesia

Unik tapi Nyata - Buah tropis asal Thailand seperti durian monthong menjadi salah satu buah terfavorit di Indonesia. Ternyata durian monthong made in Thailand yang terkenal itu bukan berasal dari negeri gajah putih.



Ketua Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Said Didu menegaskan durian monthong merupakan salah satu durian yang ada di Indonesia. Bahkan durian monthong buatan lokal jauh lebih enak secara rasa.

"Monthong punya kita, durian yang rasanya gabusnya sedikit. Kita punya banyak macam buah durian dan paling enak (rasanya) di dunia," tutur Said kepada detikFinance, Senin (11/2/2013).

Menurutnya, karena pemikiran masyarakat Indonesia sudah kental bahwa durian monthong adalah khas Thailand telah membuat durian Indonesia tersisihkan. Ditambah lagi, kepercayaan masyarakat terhadap buah lokal masih lebih rendah dibanding buah impor.

Ia menambahkan, kurang bersaingnya buah tropis asal Indonesia seperti manggis, durian, mangga dengan produk holtikultura sejenis asal Thailand karena ada beberapa faktor.

"Pertama gak ada kontiunitas terus kualitas naik turun dan tidak konsisten. Kalau Thailand konsisten," tambahnya. (buah unik, detik.com)