Jumaat, 14 Jun 2013

Stasiun Kereta Api Paling Sibuk Sedunia

Unik tapi Nyata - Kereta memang memudahkan orang-orang untuk bepergian, entah untuk rekreasi maupun untuk traveling. Stasiun pun menjadi tempat yang paling banyak didatangi oleh orang di beberapa negara. Negara mana saja yang memiliki stasiun tersibuk di dunia ya?



Kalau traveling dengan kereta ke kota-kota berikut ini, wisatawan akan menjumpai stasiun-stasiun yang penuh hiruk pikuk manusia. Dari Railway Technology, Kamis (30/5/2013), berikut 5 stasiun tersibuk di dunia:

1. Stasiun Shinjuku di Jepang

Stasiun Shinjuku di Tokyo, Jepang menempati urutan pertama sebagai stasiun tersibuk di dunia, dengan rata-rata 3,5 juta orang yang datang ke stasiun setiap harinya. Shinjuku sendiri terdiri dari lima stasiun yaitu JR-East, Odakyu Electric Railway, Keio Corporation, Tokyo Metro dan Toei Subway dan berfungsi sebagai penghubung antara pusat Tokyo dan pinggiran kota barat. Stasiun ini juga memiliki 10 peron yang melayani 20 jalur kereta dan 12 koneksi kereta.

2. Stasiun Gare du Nord di Prancis

Stasiun ini melayani sekitar 180 juta traveler setiap tahun. Gare du Nord di Paris, Prancis menjadi stasiun tersibuk di Eropa dan kedua di dunia. Stasiun Gare du Nord dianggap sebagai stasiun terbesar kedua di Eropa dengan jumlah total 44 peron.

Gare du Nord melayani kereta MRT-nya Paris yang disebut Metro, kereta antar kota Reseau Express Regional (RER) dan merangkap terminal bus. Gare du Nord juga melayani kereta peluru lintas negara antara lain ke Jerman, Belgia, Inggris dan Belanda.

3. Stasiun Zurich Hauptbahnhof di Swiss

Zurich Hauptbahnhof (HB) adalah kereta api tersibuk di Eropa berdasarkan lalu lintas kereta api setiap hari. Bayangkan, ada lebih dari 2.900 kereta melewati stasiun ini setiap hari.

Terletak di antara Sungai Sihl dan Limmat, Zurich, stasiun ini makin ramai karena ada halte pemberhentian trem yang tersibuk, dan empat jalur kereta komuter S-Bhan, yaitu kereta lokal untuk Zurich Canton.

4. Stasiun Penn di Amerika Serikat

Stasiun Penn di Kota New York adalah stasiun kereta api tersibuk di Amerika Utara, dengan 1.000 penumpang datang dan berangkat ke sana setiap 90 detik. Stasiun ini berada di tengah Koridor Timur Laut, yaitu jalur rel listrik yang panjang dari Washington DC di selatan, sampai Boston di utara.

Sebagai bagian dari New Jersey Rail Project, yang juga dikenal sebagai Proyek Gateway, Stasiun Penn akan diperluas untuk melayani 13 tambahan transit ke New Jersey dan delapan kereta Amtrak saat jam sibuk. Layanan saat ini melayani 20 transit ke New Jersey dan 12 Amtrak.

Proyek Gateway ini direncanakan akan selesai pada tahun 2020, dan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas rel komuter dari New Jersey dan Amtrak sebesar 65% menjadi 33 layanan kereta api selama satu jam.

5. Stasiun Union di Kanada

Melayani 250.000 penumpang setiap hari, Stasiun Union adalah stasiun kereta api tersibuk di Kanada dan kelima di dunia. Terletak di Toronto, Stasiun Union menjadi salah satu stasiun paling kompleks di dunia.

Kereta antar kota di Stasiun Union dioperasikan oleh Via Rail, dan Ontario Northland, sementara layanan kereta api komuter dioperasikan oleh GO Transit.

0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email