Jumaat, 14 Jun 2013

Museum Untuk Pendengkur

Unik tapi Nyata -Kelelahan ketika traveling biasanya membuat traveler mendengkur saat tidur. Apakah Anda salah satunya? Kalau ya, Museum of Snoring di Alfeld, Jerman wajib didatangi!


Ditengok dari Atlas Obscura, Jumat (3/5/2013), museum ini bernama Museum of Snoring atau Anda bisa menyebutnya museum khusus pendengkur alias tukang ngorok. Museum ini terletak di Alfeld, Jerman dan didirikan oleh Yayasan Alfelder Schlafapnoe Gesellschaft (ASG).

ASG merupakan yayasan yang membantu para penderita Sleep Apnea alias mendengkur. Mereka mendedikasikan museum pendengkur ini kepada siapa saja yang mengalami masalah mendengkur ketika tidur.

Di museum ini Anda dapat menemukan beragam peralatan unik untuk seputar aktivitas tidur dan masalah mendengkur. Alat medis untuk mengatasi dengkuran baik dari abad ke-18 hingga zaman modern tersedia di sini.



Ada beberapa model tali untuk dikaitkan pada dagu dengan penutup masker terpasang di mulut. Ada juga beberapa alat kuno yang dikaitkan di punggung. Semuanya dipajang di museum ini.

Untuk peralatan modern, museum ini memiliki perangkat elektronik yang terlihat seperti monitor untuk mengukur tekanan darah. Selain peralatan tradisional dan modern, di museum ini juga ada salep dan semprotan untuk mengurangi dengkuran.

Museum pendengkur tentunya akan membuat Anda takjub akan inovasi mereka untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Selain memamerkan koleksi medisnya, di sana juga tersedia dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah tidur dan mendengkur.

Makam Romeo dan Juliet Tanah Toraja

Unik tapi Nyata -Ketika jalan-jalan ke Toraja, Anda akan tertarik pada keunikan wisata kuburan dan rumah adatnya. Malahan, di sini ada makam Romeo dan Juliet versi Toraja.



Masyarakat Toraja percaya bahwa Tana Toraja harus dipertahankan melalui ritual merayakan mereka hidup dan yang telah mati. Jasad orang Toraja yang meninggal tidak dikuburkan seperti pada umumnya, melainkan ditempatkan dalam gua-gua di atas tebing.

Pesonanya keindahan Toraja terkuak ketika tengkorak-tengkorak manusia di dalam gua menunjukan kemisteriusannya. Sebelum ditempatkan di sini, jasad orang Toraja tidak segera dikuburkan tetapi disimpan di rumah tradisional atau disebut Tongkonan, hingga ritual penguburan dilaksanakan.

Di Toraja Anda dapat mengunjungi situs makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan adat Kete Kesu. Semua kuburan di sini terpelihara karena masyarakatnya sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga eksistensi kuburannya.

detikTravel pernah berkunjung ke Londa beberapa waktu lalu. Pada salah satu bukit di Londa, terdapat pemakaman khusus keluarga dan diperkirakan terdapat ribuan mayat di dalamnya. Di tebing-tebing guanya terdapat jejeran patung kayu manusia lengkap dengan pakaian. Ini adalah simbol orang yang sudah mati. Di dalam gua, juga terdapat banyak peti mati.

Ada yang unik dari situs makam Londa. Di antara ribuan mayat di gua penuh makam ini, Anda dapat menyaksikan kisah percintaan seperti cerita 'Romeo dan Juliet'. Sepasang kekasih yang meninggal tragis demi cinta.

Pasangan kekasih ini bernama Lobo dan Andui. Konon katanya, mereka berdua meninggal karena gantung diri di pohon yang sama karena jalinan cinta yang tidak direstui. Alasannya, mereka masih dalam satu keluarga bangsawan yang memang dilarang oleh para leluhur mereka.

Akibat larangan leluhur, mereka memutuskan untuk gantung diri. Pihak keluarga akhirnya sepakat memakamkan keduanya secara berdampingan di bukit Londa. Dua tengkorak kepala itu pun dikeluarkan dari peti dan disimpan di atas peti yang telah hancur tersebut.

Selain di Londa, ada Desa Kete Kesu, sekitar 4 km dari londa yang memiliki bukit pemakaman yang serupa dengan Londa. Namun, pemakaman di Kete Kesu tak hanya khusus untuk keluarga saja.

Wisata kuburan tidak selalu menyeramkan, bukan? Ada keindahan misterius tersendiri ketika berkunjung ke berbagai kuburan ini.

Makam Paling Terkenal di Dunia

Unik tapi Nyata - Kalau ada tempat pemakamam umum paling terkenal sedunia, itu adalah Pere Lachaise di Paris, Prancis. Inilah TPU yang paling banyak didatangi wisatawan di dunia. Artis dan banyak tokoh terkenal dimakamkan di sini.



Bayangkan saja ada pemakaman isinya makam vokalis The Doors, Jim Morrison, lantas ada sastrawan Oscar Wilde, adalagi komposer musik klasik Frederic Chopin dan ratusan tokoh penting lainnya. Tak ayal makam Pere Lachaise menjadi objek wisata ziarah paling penting di Prancis.

detikTravel pun pernah mampir ke tempat ini bulan lalu. Pemakaman Pere Lachaise luasnya 48 hektar. Wisatawan yang mau berkunjung tinggal naik kereta bawah tanah Metro dan turun di Stasiun Phillipe Auguste.

Berjalanlah ke arah Boulevard de Menilmontant sampai Anda melihat gerbang utama Pemakaman Pere Lachaise di sisi kanan jalan. Pemakaman ini gratis untuk dinikmati wisatawan.

"Di pintu gerbang ada denah lengkap dengan nama blok-blok makamnya," kata Uli, traveler yang juga pernah berziarah ke Pemakaman Pere Lachaise dalam obrolan dengan detikTravel, Rabu (1/5/2013).

Kenapa denah dan blok-blok ini penting? Karena makam Pere Lachaise luar biasa luas. 48 Hektar artinya wisatawan harus memilih mau melihat makam siapa. Maklum, terlalu banyak tokoh di sini dan masing-masing punya penggemarnya.

Namun kalau harus memilih, detikTravel merekomendasikan makam Jim Morisson dan Oscar Wilde. Lihat peta makamnya, makam Jim Morrison ada di Division 6 dan makam Oscar Wilde ada di Division 89.

Jim Morrison, penyanyi dan pencipta lagu asal AS, adalah vokalis utama kelompok The Doors yang ngetop tahun 1967. Morrison meninggal di Paris pada usia 27 tahun dan dimakamkan di sini. Makamnya paling banyak dilihat para pengunjung setiap harinya.

Sedangkan Oscar Wilde adalah sastrawan yang menulis novel dan naskah drama. Karyanya yang terkenal adalah The Picture of Dorian Gray yang terbit pada 1890. Dia wafat di Paris tahun 1900 dalam usia 46 tahun.

Yang unik adalah, makam Oscar Wilde penuh dengan bekas lipstik. Rupanya, para penggemar Wilde sering menciumi seluruh bagian makamnya. Ada-ada saja ya!

Makam Julius Caesar, Ternyata Jelek!!!

Unik tapi Nyata -Julius Caesar adalah kaisar paling mahsyur dari imperium Romawi kuno. Kekuasaannya membentang ke seluruh Eropa sampai Afrika Utara. Makam sang kaisar sungguh di luar dugaan. Dekil, kumal dan separuh hancur.



Jangan bandingkan makam Julius Caesar dengan makam Kaisar China Shi Huang Ti yang besar dan megah dengan patung terakota. Makam Caesar jauh lebih kecil dan lebih sederhana.

Wisatawan bisa berziarah ke makam Julius Caesar di Roma, Italia. detikTravel pernah mampir ke tempat ini beberapa waktu lalu.

Makam Julius Caesar terletak di reruntuhan kota kuno Roma yang disebut Roman Forum. Ini adalah reruntuhan kota kuno yang dahulu berdiri megah mulai dari istana, gedung para senator, kuil-kuil, pasar dan taman cantik.

Nah, dari salah satu reruntuhan kuil itu adalah Tempio di Giulio Cesare. Ini adalah kuil yang berisi makam Julius Caesar.

Yang perlu diperhatikan wisatawan adalah, Julius Caesar tidak dimakamkan dalam peti mati. Julius Caesar dikremasikan di dalam kuil yang menjadi makamnya ini.

Nah, apakah yang tersisa hari ini? Pantauan detikTravel saat itu, makam Julius Caesar tidak tampil dominan di antara reruntuhan bangunan kuno lain. Berada di tengah kota kuno Roma, makam ini tidak berdiri megah. Hanya sebuah tembok keliling yang agak hancur.

Satu-satunya petunjuk bahwa tempat itu penting adalah atap yang menaungi tempat itu. Di bawah atap, tepat di belakang sebuah cerukan, itulah makam sang kaisar Romawi.

Tidak ada ukiran, tidak ada ornamen emas, tidak ada apapun yang menunjukan kemewahan tempat ini. Hanya ada sebuah gundukan makam dengan aneka taburan bunga di atasnya, pemberian wisatawan. Gundukan ini dulunya altar tempat jenazah Caesar dikremasi.

Turis agak kesulitan berfoto di ceruk sempit ini. Semua bergantian mengambil gambar dengan sudut yang terbatas, kalau turis ini ingin berfoto dengan latar makam Julius Caesar.

Walaupun makam Julius Caesar rasanya nggak banget untuk ukuran pemimpin dunia saat itu, Roman Forum secara umum asyik untuk dinikmati suasananya. Wisatawan umumnya membayangkan bagaimana suasana 2.000 tahun lalu saat Romawi di zaman keemasannya.

Untuk mencapai tempat ini sangat mudah. Wisatawan tinggal naik kereta bawah tanah Metropolitana dan turun di Stasiun Colosseo. Tiket Roman Forum sepaket dengan Colosseum yaitu 12 Euro atau sekitar Rp 152 ribu.

Coklat Susu Unta

Unik tapi Nyata -Kalau Anda traveling dan transit di Bandara Internasional Doha, Qatar, ada oleh-oleh baru yang bakal jadi tren. Di sana ada coklat yang dibuat tidak memakai susu sapi, melainkan dengan susu unta. Yummy!



Coklat biasanya dicampur dengan susu sapi, tapi rupanya tidak demikian di Qatar. Di Bandara Doha, Anda bisa membeli coklat Al Nassma, perusahaan milik Emir Dubai Sheik Mohammed bin Rashid al Maktoum yang bekerja sama dengan perusahaan coklat Austria.

Sang emir memiliki peternakan unta terbesar di dunia dengan 2.300 ekor unta. Sebelumnya, Al Nassma hanya memproduksi susu unta segar, kemudian susu bubuk unta. Al Nassma kemudian menggandeng dua pakar coklat Austria dan jadilah coklat susu unta Al Nassma.

Dilansir dari CN Traveler, Kamis (2/5/2013) coklat Al Nassma tampil dengan aneka varian rasa. Ada chocolate milk, dark chocolate dan lain-lain. Yang rasanya enak adalah coklat kacang macadamia campur rasa jeruk. Wah penasaran!

Susu unta pada coklat Al Nassma terasa bedanya dengan coklat biasa yang memakai susu sapi. Rasanya sedikit lebih asin, namun tetap lezat.

Mencari coklat Al Nassma di Bandara Doha mudah saja. Coklat bar-nya memiliki kemasan berwarna coklat dan tulisan Al Nassma. Ada juga kemasan boks praline dengan gambar unta dan tulisan Al Nassma.

Yang paling ekslusif adalah coklat berbentuk unta dengan bungkus emas dan kemasan boks plastik transparan. Tampak wah sekali untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain di Bandara Doha, Al Nassma juga memiliki cafe di Dubai Mall. Mereka menyediakan chocolate cake susu unta, es krim coklat dan vanila dari susu unta, susu unta coklat panas, dan aneka kopi susu unta dengan nama lucu seperti 'camel latte' dan 'camel-cino'.

Tertarik mencoba?

Museum Lego, Ohio

Unik tapi Nyata - Di tangan orang kreatif, kumpulan mainan anak-anak yakni LEGO itu dijadikan sebuah museum. Kalau berkunjung ke Bellaire di Negara Bagian Ohio, AS, wisatawan bisa menikmati museum LEGO terbesar dan terlengkap di dunia.



LEGO Museum didirikan oleh Dan Brown, yang juga merupakan pendiri dari Bellaire Historical Society dan Toy Museum. Dari situs resmi LEGO Museum, Jumat (3/5/2013), museum yang terletak di Bellaire, Ohio ini awalnya hanya berupa museum mainan. Namun pameran LEGO yang diadakan di sana semakin lama semakin besar. Asalnya LEGO hanya ada di satu ruangan saja, sekarang seluruh museum ini penuh LEGO!

Kalau Anda traveler yang suka lautan, cobalah masuk ke dalam ruangan Aqua lengkap dengan kapal yang dibuat dari LEGO. Beberapa ruangan lainnya adalah kelas dengan guru dan murid berukuran aslinya, ruangan kebun binatang, dan kota koboi ala AS, dan hal-hal lain seperti LEGO astronot ukuran manusia. Pameran bertema 'galaksi' mempertunjukkan permainan cahaya, animasi, dan tentu saja tata surya dari LEGO.

Jumlah LEGO yang terdapat pada museum ini sangat banyak. Orang terakhir yang menghitungnya berkata, jumlah LEGO di sini mencapai 4 juta!

Wisatawan yang berkunjung ke sini tak hanya bisa menikmati tema pada tiap ruangan, tapi juga melihat 'masterpiece' karya Dan Brown yaitu berupa patung LEGO para pemain NBA. Dia juga memperkaya koleksi museum dengan patung-patung LEGO bertema Star Wars. Beberapa 'masterpiece' ini bahkan tampak hidup dengan bantuan teknologi animasi.

Wisatawan bisa berkunjung ke museum ini mulai Selasa-Minggu, dari siang sampai pukul 19.00 waktu setempat. Kalau tertarik, siapkan uang sebesar US$ 8 (Rp 78.000) untuk dewasa dan US$ 6 (Rp 68.000) untuk anak-anak.

Lokasi Terbaik untuk Foto Prewedding

Unik tapi Nyata -Bagi para pecinta pantai dan pulau, pasangan calon pengantin sering mencari pulau untuk jadi tempat foto pre-wedding. Di Kepulauan Seribu, ada 3 pulau cantik yang pas untuk foto prewed, lho!

Ada sekitar 342 pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Dari sekian ratus pulau, ada pula yang cocok dijadikan tempat foto pre wedding. Disusun detikTravel, Kamis (16/5/2013) berikut 3 pulau cantik yang bisa merekam awal masa depan Anda bersama pasangan:



1. Pulau Bidadari

Tidak terlalu jauh, Pulau Bidadari bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan perahu cepat. Pulau ini juga menerima pasangan yang ingin foto pre-wedding, dengan beberapa persyaratan.

"Pertama, buat surat permohonan ke email, marketing.bidadari@yahoo.com," tutur front office Pulau Bidadari Resort, Eca, kepada detikTravel, Selasa (14/5).

Setelahnya, lanjut Eca, Anda akan mendapat jawaban dari pihak Pulau Bidadari untuk izin berfoto prewed di sana. Setelah mendapat jawaban, segera telepon ke sana untuk memesan tanggal.

Selesai memutuskan tanggal, kini tinggal memilih jam keberangkatan. Jika ingin berangkat pukul 11.00 WIB, Anda dikenai biaya Rp 230 ribu, plus makan siang. Sedangkan jika berangkat pukul 13.30 WIB, hanya dikenai Rp 200 ribu.

Ya, butuh dana untuk bisa berfoto di sana. Namun, ini cukup masuk akal mengingat harga di atas termasuk transportasi pulang pergi dari Dermaga Marina Ancol. Anda akan mendapat satu perahu cepat yang akan mengantar Anda. Sedangkan untuk jam kepulangan, maksimal adalah pukul 18.00 WIB.

2. Pulau Macan 

Seperti di Pulau Putri, dibutuhkan email konfirmasi jika ingin mengadakan foto prewed di Pulau Macan. Di dalam email, Anda bisa menjelaskan seperti apa foto prewed yang diinginkan.

Jika kira-kira Anda menggunakan listrik dan sejenisnya, maka akan dikenai biaya tambahan. Tidak ada paket foto prewed di sana, tapi untuk one day tour, satu orang dikenai Rp 850 ribu sudah termasuk makan. Jika foto prewed tidak bisa selesai dalam satu hari, Anda pun bisa mengambil paket menginap di sana.

Untuk keberangkatan, bisa dimulai dari Dermaga Marina Ancol pukul 08.00 dan pulang paling lambat pukul 14.00. "Lebih baik berfoto saat weeekdays saja, karena kalau weekend itu biasanya penuh sekali," ujar Front Office Pulau Macan, Santi saat dihubungi detikTravel, Rabu (15/5).

Menurut Santi, titik cantik untuk berfoto prewed di sini adalah di Pulau Macan Gundul. "Di sana tidak ada bangunan atau pohon, hanya ada pasir. Letaknya dekat sekali dari Pulau Macan, hanya menyeberang," lanjut Santi.

Pantai di sana pun cantik, Anda bisa memilih spot foto yang dianggap paling menarik. Ingin berfoto dengan latar belakang matahari tenggelam, tunggu sampai sunset. Tapi berarti, Anda harus menginap semalam di sana.

3. Pulau Semak Daun & Pulau Air

Kadang, pulau tak berpenghuni jadi destinasi cantik karena belum terlalu banyak tersentuh campur tangan manusia. Beberapa di antaranya adalah Pulau Semak Daun dan Pulau Air. Kedua pulau yang berdekatan ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan laut dengan perahu kayu yang berangkat dari Muara Angke atau Kaliadem.

Sedangkan jika dengan speedboat dari Marina Ancol, perjalanan bisa lebih cepat hingga 1,5-2 jam. Di Pulau Semak Daun, ada jembatan kayu yang sangat pas dijadikan spot berfoto romantis bersama pasangan. Yang membuatnya sempurna adalah areanya yang bersih dari bangunan, sehingga terlihat sangat alami.

Berfoto di tepian pantainya juga jadi ide yang menarik. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih membuat segalanya terlihat lebih indah saat tertangkap kamera. Ingin mengabadikan romantisme di tepian air? Bisa! Tidak ada karang di sekitaran pinggiran pantai sehingga Anda dan pasangan pun bisa berfoto dengan sebagian badan berada di air.

Pulau Air yang tidak terlalu jauh dari Semak Daun menawarkan kecantikan ala pantai yang tak kalah dahsyat. Pasirnya yang sangat bersih dan airnya yang jernih jadi magnet utama para pasangan berfoto di sini. Ditambah, ada juga bagian pulau yang airnya berwarna hijau toska. Sungguh-sungguh indah!

Ada Hutan Dalam Statiun Madrid

Unik tapi Nyata -Ada pemandangan unik yang akan traveler lihat saat berada di stasiun di Kota Madrid. Sebuah taman yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau dan aneka hewan menjadi interior utama. Melihatnya, Anda serasa berada di hutan.



Adalah Atocha, nama stasiun unik di Madrid, Spanyol. Stasiun ini berada tepat di tengah Kota Madrid. Wisatawan pun bisa dengan mudah menemukannya.

Estacio de Atocha, demikian nama stasiun tersebut dalam bahasa Spanyol, merupakan stasiun pertama di Madrid. Dilongok dari situs Go Madrid, Kamis (30/5/2013) tempat pemberhentian kereta ini diresmikan pada 9 Februari 1851.

Tak hanya sebagai stasiun pertama, Atocha juga menjadi stasiun terbesar dan yang paling utama di Madrid. Banyak traveler yang tiba di stasiun ini dari kota lain di Spanyol.

Tapi bukan itu yang membuat Stasiun Atocha sangat menarik, melainkan keberadaan taman di dalamnya. Jangan bayangkan taman ini seperti taman kecil yang biasa Anda lihat. Ini adalah sebuah taman besar yang lebih mirip hutan mini.

Tidak, istilah yang diberikan ini tidaklah berlebihan, terlebih bila mengingat luasnya. Taman yang diberi nama Tropical Garden ini dibangun di atas lahan seluas 4.000 m2.

Untuk mencarinya, traveler pun tidak perlu bersusah payah. Hutan mini ini berada tepat di tengah stasiun. Berlangitkan atap transparan yang melengkung, hutan mini ini dihuni beragam macam tanaman hijau dan hewan.

Biasanya, Tropical Garden digunakan traveler untuk beristirahat sembari menunggu kereta datang. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika menunggunya, mulai dari memandangi keindahan taman sampai duduk-duduk di bangku taman.

Yang jelas, setiap traveler yang berada di sana, akan disuguhkan dengan udara segar dari pepohonan. Ada sekitar 7.000 tanaman dari 260 jenis tanaman tumbuh di Tropical Garden.

Jangan sekadar menikmati udara taman, traveler yang ada di Atocha juga bisa melihat-lihat ikan yang asyik berenang di kolamnya. Ada sekitar 22 jenis ikan hidup di sana.

Bisa berada di sana, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan memotret. Ada banyak sudut taman yang cantik untuk diabadikan lewat lensa kamera.

Tangkap suasana taman yang ramai pengunjung. Abadikan berbagai tingkah tingkah traveler yang sedang menghabiskan waktu di sana.

Puas memotret, jangan lupa untuk ikut menikmati suasana taman. Duduklah di salah satu kursi taman. Buka buku dan seruput kopi Anda sambil menunggu datangnya kereta.

Stasiun Kereta Api Paling Sibuk Sedunia

Unik tapi Nyata - Kereta memang memudahkan orang-orang untuk bepergian, entah untuk rekreasi maupun untuk traveling. Stasiun pun menjadi tempat yang paling banyak didatangi oleh orang di beberapa negara. Negara mana saja yang memiliki stasiun tersibuk di dunia ya?



Kalau traveling dengan kereta ke kota-kota berikut ini, wisatawan akan menjumpai stasiun-stasiun yang penuh hiruk pikuk manusia. Dari Railway Technology, Kamis (30/5/2013), berikut 5 stasiun tersibuk di dunia:

1. Stasiun Shinjuku di Jepang

Stasiun Shinjuku di Tokyo, Jepang menempati urutan pertama sebagai stasiun tersibuk di dunia, dengan rata-rata 3,5 juta orang yang datang ke stasiun setiap harinya. Shinjuku sendiri terdiri dari lima stasiun yaitu JR-East, Odakyu Electric Railway, Keio Corporation, Tokyo Metro dan Toei Subway dan berfungsi sebagai penghubung antara pusat Tokyo dan pinggiran kota barat. Stasiun ini juga memiliki 10 peron yang melayani 20 jalur kereta dan 12 koneksi kereta.

2. Stasiun Gare du Nord di Prancis

Stasiun ini melayani sekitar 180 juta traveler setiap tahun. Gare du Nord di Paris, Prancis menjadi stasiun tersibuk di Eropa dan kedua di dunia. Stasiun Gare du Nord dianggap sebagai stasiun terbesar kedua di Eropa dengan jumlah total 44 peron.

Gare du Nord melayani kereta MRT-nya Paris yang disebut Metro, kereta antar kota Reseau Express Regional (RER) dan merangkap terminal bus. Gare du Nord juga melayani kereta peluru lintas negara antara lain ke Jerman, Belgia, Inggris dan Belanda.

3. Stasiun Zurich Hauptbahnhof di Swiss

Zurich Hauptbahnhof (HB) adalah kereta api tersibuk di Eropa berdasarkan lalu lintas kereta api setiap hari. Bayangkan, ada lebih dari 2.900 kereta melewati stasiun ini setiap hari.

Terletak di antara Sungai Sihl dan Limmat, Zurich, stasiun ini makin ramai karena ada halte pemberhentian trem yang tersibuk, dan empat jalur kereta komuter S-Bhan, yaitu kereta lokal untuk Zurich Canton.

4. Stasiun Penn di Amerika Serikat

Stasiun Penn di Kota New York adalah stasiun kereta api tersibuk di Amerika Utara, dengan 1.000 penumpang datang dan berangkat ke sana setiap 90 detik. Stasiun ini berada di tengah Koridor Timur Laut, yaitu jalur rel listrik yang panjang dari Washington DC di selatan, sampai Boston di utara.

Sebagai bagian dari New Jersey Rail Project, yang juga dikenal sebagai Proyek Gateway, Stasiun Penn akan diperluas untuk melayani 13 tambahan transit ke New Jersey dan delapan kereta Amtrak saat jam sibuk. Layanan saat ini melayani 20 transit ke New Jersey dan 12 Amtrak.

Proyek Gateway ini direncanakan akan selesai pada tahun 2020, dan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas rel komuter dari New Jersey dan Amtrak sebesar 65% menjadi 33 layanan kereta api selama satu jam.

5. Stasiun Union di Kanada

Melayani 250.000 penumpang setiap hari, Stasiun Union adalah stasiun kereta api tersibuk di Kanada dan kelima di dunia. Terletak di Toronto, Stasiun Union menjadi salah satu stasiun paling kompleks di dunia.

Kereta antar kota di Stasiun Union dioperasikan oleh Via Rail, dan Ontario Northland, sementara layanan kereta api komuter dioperasikan oleh GO Transit.

Stasiun Paling Mewah di Dunia

Unik tapi Nyata -Arab Saudi sepertinya akan memiliki stasiun kereta termahal di dunia. Bayangkan saja, stasiun ini akan berlapis emas dan marmer! Stasiun ini akan dibangun di Riyadh selama empat tahun.



Dilansir dari News.com, Kamis (29/05/2013), Raja Abdullah merencanakan membangun stasiun yang berbeda dari stasiun kereta pada umumnya di dunia. Stasiun yang akan menjadi stasiun termahal, juga bisa menjadi salah satu stasiun yang termewah karena dilapisi emas dan marmer.

Jaringan kereta yang akan dibuat dengan enam jalur memang sengaja dibangun sebagai langkah menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Arab Saudi. Dengan kemewahan yang ditawarkan di sana, bisa-bisa para pengunjung dari luar negeri dibikin iri.

Zaha Hadid, seorang arsitek jempolan, ditunjuk sebagai orang yang mendesain stasiun ini. Rencananya bentuk stasiun akan meniru sebuah gerakan pasir yang tertiup angin. Persis seperti Negara Arab Saudi yang sebagian negaranya merupakan gurun berpasir.

Bangunan ini juga dirancang untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam stasiun. Tapi, bangunan ini juga dirancang menahan panas matahari masuk dari padang pasir, di salah satu tempat terpanas di dunia.

Raja Abdullah sendiri telah memerintahkan pengerjaan stasiun dilakukan hanya dalam empat tahun. Bukan main cepatnya. Sebagai perbandingan, renovasi stasiun di New York saja butuh waktu 4 tahun dan itu bukan membangun stasiun dari nol.

Hmmm, kira-kira seperti apa ya stasiun termahal dan termewah di dunia ini nanti?

Restoran di Dalam Balon Udara

Unik tapi Nyata -Makanan atau restoran biasanya tidak pernah lepas dari daftar liburan para traveler. Di Belanda, Anda bisa mencoba menyantap makanan sambil berkeliling dengan balon udara. Keren!



Ditengok dari situs resmi restorannya, Kamis (30/5/2013), restoran eksklusif ini bernama CuliAir Luchtballon Restaurant. Berdiri sejak tahun 2003, restoran ini menawarkan pengalaman yang sebenarnya bersantap di balon udara dengan total waktu 5 jam.

Cara bersantap ini mereka namakan CuliAir Sky Dining. Restoran unik ini menawarkan satu-satunya pengalaman sekali seumur hidup untuk bersantap di atas balon udara.

Anda bisa mencoba restoran ini secara individu ataupun bersama teman-teman anda dalam satu grup. CuliAir dapat menampung hingga 14 orang. Tentunya traveler juga bisa merayakan pesta di di udara dengan restoran balon udara ini. Tempat keberangkatan balon udara ini tentatif sesuai arah angin.

Jangan Anda bayangkan hanya memakan kudapan kecil atau makanan siap saji di restoran ini. Sambil menikmati pemandangan negeri Belanda di atas balon udara yang sedang terbang, Anda juga bisa menyaksikan koki master Angelique Schmeinck memasak sendiri berbagai makanan pesanan traveler di udara.

Ada beberapa tawaran menarik untuk bersantap dari CuliAir. Traveler bisa memilih mulai dari makan malam sambil menikmati matahari terbenam, hingga sarapan ekslusif saat matahari terbit. Anda juga menikmati perjalanan malam berlayar di atas pegunungan Alpen, Austria.

Untuk CuliAir Sunset Sensation harga yang berlaku 445 Euro (Rp 5,7 juta) per orang. Untuk sarapan eksklusif CuliAir dan CuliAir Fiesta tiap orang dikenai harga 275 Euro (Rp 3,5 juta) dan 325 Euro (Rp 4,1 juta). Jika Anda reservasi sebelum 1 juli 2013, Anda akan mendapat diskon sebesar 50 Euro (Rp 640 ribu).

Syarat berkuliner di udara ini sangat sederhana. Pertama, Anda harus siap take off dari atas rumput dan tentunya tidak takut ketinggian. Jadi, tertantang menikmati kuliner mewah di atas udara?

Pesawat Luar Angkasa untuk Jalan-Jalan

Unik tapi Nyata -Ada beberapa pesawat komersil yang bisa mengantar traveler berwisata ke luar angkasa. Salah satunya adalah Lynx milik perusahaan XCOR Aerospace. Seperti apa bentuknya?

Bayangkan Anda berada dalam pesawat super canggih, duduk persis di samping pilot. Dalam hitungan menit setelah lepas landas, Anda akan menembus atmosfer bumi. Merasakan gravitasi nol selama beberapa detik. Kemudian, bumi yang bulat pun tampak persis di kaca depan Anda.

Ini bukan simulasi terbang ke luar angkasa. Kira-kira inilah yang akan Anda rasakan kalau naik Lynx, pesawat milik perusahaan XCOR Aerospace. Lynx adalah salah satu pesawat yang akan mengantar Anda ke luar angkasa.

Dari Situs XCOR yang dikutip detikTravel, Selasa (11/6/2013) Lynx akan membawa wisatawan dalam penerbangan suborbital selama 1,5 jam. Jarak yang ditempuh dari bumi adalah 100 Km. Tidak seperti roket yang lepas landas secara vertikal, Lynx sama seperti pesawat pada umumnya yang lepas landas secara horizontal.

Panjang pesawat Lynx yakni 9 meter dengan sayap yang membentang 7,5 meter. Ada 3 jenis pesawat Lynx yang digunakan untuk berwisata ke luar angkasa, yakni Lynx Mark I, Lynx Mark II, dan Lynx Mark III.

Mungkin XCOR Aerospace punya penerbangan ke luar angkasa dengan frekuensi terbanyak dalam sehari. Dengan hanya 2 kursi yang diisi pilot dan Anda sendiri, Lynx rencananya bisa melayani penumpang sebanyak 4 kali sehari.



Meski sering, tak perlu kuatir soal keamanan. Aspek tersebut diperhatikan betul oleh XCOR Aerospace. Buktinya, traveler yang mendaftar pergi ke luar angkasa harus menjalani serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Mulai dari pemeriksaan medis, seminar, hingga training khusus.

Sebelum Lynx lepas landas, Anda dan pilot harus mengenakan pakaian anti tekanan yang didesain sendiri oleh XCOR Aerospace. Traveler bisa merasakan lepas landas yang sangat cepat, kemudian memasuki atmosfer bumi hingga langit perlahan semakin gelap.

Begitu sekeliling Anda sudah gelap gulita, pesawat akan melambat. Kemudian tampaklah bumi, tempat tinggal manusia dilapisi oleh 'thin blue line'. Pesawat akan sedikit bermanuver agar Anda bisa melihat bumi dari berbagai sudut. Nikmatilah perjalanan ini, sebelum Anda kembali mendarat di bumi.

Berminat naik pesawat Lynx? Siap-siap merogoh kocek sekitar US$ 95.000 (Rp 930 juta) untuk sekali penerbangan, karena XCOR Aerospace sudah membuka reservasi tiket. Bandaranya ada di Gurun Mojave, California, AS.

Sawah di Bawah Kota Tokyo

Unik tapi Nyata -Sebagai ibukota Jepang, Tokyo terkenal sebagai kota metropolis dengan deretan gedung pencakar langit. Tapi siapa sangka, di bawah tanahnya terdapat areal pesawahan yang dibuat menggunakan teknologi canggih.

Tempat apa yang akan Anda datangi saat berkunjung ke Tokyo? Imperial Palace, Kuil Meiji, atau Tokyo Tower yang menjulang tinggi? Lupakan sejenak hiruk-pikuk kota metropolis ini, bertolaklah ke Pasona02 yang berada di bawah tanah Tokyo.



Dari situs Food Urbanism, Selasa (4/6/2013), Pasona02 adalah areal pesawahan yang membentang di basement gedung 27 lantai di kawasan Business District. Luasnya sekitar 3.000 m2, dikelola oleh Pasona Group.

Sebelum disulap menjadi areal pesawahan, tempat ini dulunya adalah tempat brankas bank. Masuk ke Pasona02, wisatawan bisa mengelilingi 6 ruangan berbeda. Anda pasti akan takjub, bagaimana bisa padi tumbuh tanpa bantuan sinar matahari?

Teknologi canggih bermain di sini. Pasona02 menggunakan beragam alat canggih untuk memastikan padi-padi tumbuh sempurna. Beragam jenis lampu digunakan untuk mengganti sinar matahari. Temperatur udara juga dikontrol lewat komputer.

Pertanian di sini mempraktekkan metode penumbuhan hydroponic. Padi tidak menyerap air dari tanah, melainkan mendapatkannya langsung. Dengan berbagai teknologi canggih itu, hasil pertanian Pasona02 selalu melimpah saat panen. Ada 100 jenis tanaman termasuk padi, buah, sayur, bunga dan rempah.

Hasil panen ini digunakan untuk bahan masakan di restoran gedung pencakar langit tersebut. Selain jadi pemasok bahan makanan, Pasona02 dibuat untuk mengedukasi warga dan pengunjung tentang betapa pentingnya aspek pertanian bagi Jepang. Termasuk juga, untuk meningkatkan kreativitas bagi para petani di Jepang.

Meseum Ninja di Jepang

Unik tapi Nyata - Kalau selama ini Anda melihat ninja hanya di layar kaca, saatnya mencoba jadi ninja betulan. Datanglah ke Iga-ryu Ninja Museum di Kota Iga, Jepang. Masuklah ke rumah ninja yang penuh jebakan, dan cobalah beragam senjatanya!



Ninja adalah sebutan bagi orang yang punya keahlian Ninjutsu, beladiri asal Jepang. Para ninja kelas kakap berasal dari 2 wilayah di Jepang, yakni Kota Iga di Mie Perfecture dan Kota Koka di Shiga Perfecture. Maka dari itu, Iga-ryu Ninja Museum adalah tempat yang wajib dikunjungi saat traveling ke Kota Iga.

Singkatnya, ini adalah museum ninja. Sosok berbaju hitam yang terkenal oleh kecepatan dan ketepatannya membidik musuh itu tak hanya ada di film-film, tapi juga kehidupan nyata. Wisatawan tak hanya bisa mengenal lebih dekat sosok ninja lewat senjata, pakaian, atau rumahnya saja. Ada juga petuah-petuah bijak yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sekarang.

Mengutip situs resmi Iga-ryu Ninja Museum, Jumat (31/5/2013), ada 5 area museum yang bisa dimasuki satu per satu. Masuk dalam museum, Anda akan dihadapkan pada Iga-ryu Ninja House yang merupakan contoh kediaman ninja.

Eits, ini bukan rumah biasa. Demi menjaga keamanan dan keselamatan pemiliknya, rumah para ninja punya banyak jebakan. Pintu rahasia, lorong palsu, tempat untuk menyembunyikan pedang, sampai jalan rahasia yang berliku. Seorang Kuno (ninja wanita) akan memandu wisatawan melihat masing-masing jebakan yang hanya diketahui si ninja pemilik rumah.

Beralih ke area lain, ada Ninja Experience Hall yang penuh barang-barang milik ninja. Ada lebih dari 400 alat dan senjata yang digunakan para ninja, termasuk pedang. Masuklah ke Mini Theater, tempat diputarnya video yang menunjukkan teknik bertarung para ninja. Layaknya di film dan kartun, mereka benar-benar bisa berlari di atas atap!

Di Ninja Tradition Hall, wisatawan bisa belajar teknik-teknik dasar Ninjutsu. Pemandu juga akan memberi petuah-petuah bijak, yang diwariskan turun-temurun oleh para ninja. Petuah-petuah ini tentu saja masih berlaku dalam kehidupan nyata.

Mau lihat langsung aksi ninja? Bisa. Ninja Experience Plaza Show adalah tempatnya. Para ninja berpakaian serba hitam itu akan beraksi langsung di depan Anda, menggunakan aneka senjata seperti pedang, shuriken dan kusarigama. Setelah itu, jangan lupa mampir ke Museum Shop yang menjual aneka perlengkapan ninja. Ada kaus, mainan, senjata mainan, dan pakaian ninja!

Museum ini terletak di 117-13-1 Ueno Marunochi, Kota Iga, Mie Perfecture, Jepang. Harga tiket masuknya 700 Yen (Rp 68.000) untuk dewasa dan 400 Yen (Rp 39.000) untuk anak-anak. Kalau mau menonton Ninja Experience Plaza Show, Anda harus membayar lagi 200 Yen (Rp 19.000) per orang.

Museum ini dibuka tiap hari kecuali tahun baru masehi, mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Sudah siap jadi ninja?

Stasiun Paling Menyeramkan di Dunia

Unik tapi Nyata -Tak hanya gedung tua, rupanya ada 5 stasiun kereta di dunia yang sangat menyeramkan. Bayangkan, stasiun-stasiun ini berbentuk bangunan tua dan mempunyai kisah-kisah yang mampu membuat bulu kuduk merinding. Berani datang?



Stasiun adalah tempat lalu lalang para traveler saat berpergian. Di sinilah traveler naik atau turun dari kereta untuk melanjutkan perjalanan. Tiap stasiun di dunia punya sejarah menarik, tak terkecuali kisah-kisah menyeramkan. Jika Anda berani, coba datangi stasiun-stasiun yang paling menyeramkan di dunia ini.

Disusun detikTravel, Kamis (30/5/2013) berikut 5 stasiun paling menyeramkan di dunia:

1. Pinkenba Railway Station, Australia

Inilah stasiun kereta yang paling seram di Australia, Pinkenba Railway Station. Letaknya berada 9 km dari pusat Kota Brisbane. Mau tahu berapa umur stasiun ini? 111 tahun.

Pinkeba Railway Station didirkan tahun 1882 dan ditutup pada tahun 1993. Stasiun ini menjadi saksi bisu Perang Dunia I dan II. Tentara-tentara Brisbane pun menggunakan stasiun ini sebagai jalur mereka.

Meski sempat direnovasi beberapa kali, stasiun ini akhirnya ditutup dan hanya tinggal bangunan serta jalur kereta yang sudah berdebu. Stasiunnya sangat sepi. Hutan dan pedesaan ada di sekitar stasiun ini. Suasana sepi di sini benar-benar membuat bulu kuduk merinding, apalagi jika Anda datang pada malam hari. Mungkinkah ada jejak langkah kaki prajurit di sini?

2. Aldwych Tube Station, Inggris

Siapa sangka, rupanya Inggris punya stasiun yang menyeramkan. Aldwych Tube Station adalah stasiun yang terletak di bawah tanah London dan sangat terkenal dengan cerita hantunya!

Aldwych Tube Station sudah ada sejak tahun 1907. Saat itu, stasiun ini digunakan sebagai tempat penyimpanan harta dari British Museum. Jalurnya pun sempat ditutup. Akhirnya, stasiun ini ditutup pada tahun 1994.

Beberapa petugas yang berjaga di sana mengaku sering melihat hantu dan suara-suara aneh. Pada tahun 2002, 15 kru TV dalam acara TV's Most Haunted menghabiskan 24 jam di Aldwych Tube Station. Mereka mengaku melihat Margaret, seorang aktris yang dianggap sebagai penunggu stasiun ini. Mereka menemukannya saat menyisir terowongan yang gelap gulita. Sayang, mereka semua tidak berani untuk lebih mendekat.

3. Estacion Canfranc, Spanyol

Di bagian utara Spanyol, ada pedesaan kecil bernama Canfranc. Di sinilah ada stasiun berumur 50 tahun, yang dibangun tahun 1928 dan ditutup sekitar tahun 1970-an.

Stasiun Cancfranc dulunya menghubungkan Spanyol dan Prancis. Pada tahun 1970-an, di stasiun ini terjadi kecelakaan hebat. Sebuah kereta menghancurkan jembatan karena keluar dari jalur. Sejak saat itu, stasiun ini ditutup.

Kini, Anda bisa melihat puing-puing bangunan stasiunnya dari dekat. Beberapa lokomotif dibiarkan berserakan begitu saja, memberikan kesan horor kepada traveler. Konon, stasiun ini pernah disambangi tentara Nazi Jerman dan dikenal dengan julukan "Nazi Gold". Stasiun ini tidak begitu membawa banyak penumpang pada masanya, hanya barang-barang saja.

4. Saint Martin Metro Station, Prancis

Tak hanya sebagai Kota Cinta, rupanya Paris juga punya stasiun menyeramkan di dunia. Saint Martin terletak di antara jalur 8 dan 9 kereta metro, kereta bawah tanah Paris.

Stasiun ini sudah tidak berfungsi lagi, tapi Anda bisa datang jika penasaran. Sejarahnya, stasiun ini sempat ditutup pada 1939 saat Perang Dunia II. Kemudian, dibuka kembali setelah perang usai. Tapi sayang, stasiun ini ditutup kembali karena letaknya berdekatan dengan stasiun tetangganya, Strasbourg - Saint Denis dan Republique. Dulunya, stasiun ini diperuntukan bagi para tunawisma.

Stasiun berhantu ini sudah terkenal pada masyarakat Paris sendiri. Lihat saja terowongannya yang panjang, penuh graffiti dan tidak terawat. Memang masih ada pencahayaan di stasiunnya, tapi kesan seram akan terus menghantui Anda. Tak ada kehidupan, sepi, dan lembab, sudah cukup membuat bulu kuduk Anda berdiri saat melancong ke Saint Martin.

5. Chamberi Station, Spanyol

Satu lagi stasiun kereta yang seram di Spanyol, yaitu Chembri Stasion yang terletak di Madrid. Stasiun ini bahkan disebut-sebut sebagai stasiun paling berhantu dan dikunjungi lebih dari 170 ribu traveler tiap tahunnya.

Chamberi Station dibangun pada tahun 1919 dan ditutup pada 1966. Pemerintah Madrid lalu bertindak untuk mengubah stasiunnya menjadi museum. Hal ini agar stasiunnya tidak hilang begitu saja, sekaligus menjadi tempat traveler untuk mengenal sejarah tentang stasiun dan kereta di Madrid. Anda bisa memasukinya gratis tiap hari.

Kesan kuno terlihat dari dinding stasiun yang terbuat dari keramik. Selain itu, pencahayaanya pun minim sehingga menambah kesan angker. Terowongannya panjang dan suasanannya remang-remang. Tak perlu penampakan, hawa yang Anda rasakan saat berjalan di sana sangat terasa menyeramkan. Hampir setiap traveler yang datang ke sini enggan untuk datang lagi. Anda berani mencoba?

Siput Raksasa dari Australia

Unik tapi Nyata -Traveler yang menyambangi Mount Kaputar National Park di New South Wales, Australia, pasti kaget bukan kepalang. Baru-baru ini ditemukan ratusan siput warna pink yang berukuran raksasa. Panjangnya mencapai 20 cm, dan jumlahnya ratusan!



Keberadaan siput pink raksasa ini rupanya sudah lama diketahui warga setempat. Jenisnya adalah Triboniophorus graeffi, yang masih kerabat dengan siput sejenis di Selandia Baru dan Afrika Selatan. Meski begitu, para ilmuwan baru menemukan spesies siput raksasa tersebut.

Dari Mail Online, Rabu (5/6/2013), mereka tumbuh di area seluas 100 Km2 di puncak Mount Kaputar. Disinyalir siput ini tergolong hewan purba, garis keturunannya ditarik dari 180 juta tahun yang lalu saat Australia masih terdiri dari 2 dataran terpisah.

"Siput-siput ini berada di bawah dedaunan pada siang hari. Tapi terkadang saat malam, ratusan dari mereka muncul ke permukaan dan berkumpul di pohon-pohon. Mereka adalah mahluk hidup yang menakjubkan," tutur Michael Murphy, yang telah 20 tahun menjadi ranger di Mount Kaputar National Park.

Tak tanggung-tanggung, siput-siput pink itu panjangnya mencapai 20 cm. Selain malam hari, mereka juga biasa keluar sesaat setelah hujan deras untuk mencari makanan.

Siput pink raksasa ini bukanlah satu-satunya hewan unik penghuni Mount Kaputar. Ada satu spesies siput kanibal, memakan kerabatnya yang vegetarian. Siput kanibal ini berukuran lebih kecil dan punya cangkang, bertolak belakang dengan siput pink raksasa.

Mount Kaputar adalah gunung setinggi 1.508 mdpl. Selain fauna-fauna unik, gunung ini juga dihuni beberapa tanaman liar yang tak terdapat di daerah lain. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus berkendara sekitar 500 Km dari Kota Sydney.

Daftar Kota Termahal dan Termurah di Dunia

Unik tapi Nyata - Beda destinasi, beda lagi persiapan bujetnya. Dari seluruh kota di dunia, ada 10 yang paling mahal untuk wisatawan. Harus rela merogoh kocek lebih dalam kalau Anda traveling ke 10 kota ini.



TripAdvisor lewat survei TripIndex Cities merangkum 10 kota termahal di dunia. Survei tersebut berdasarkan jumlah pengeluaran 2 traveler untuk 1 malam di tiap kota. Menginap di hotel bintang 4, cocktail, makan malam lengkap dengan sebotol wine, juga taksi PP hotel-bandara dengan jarak masing-masing 3,2 Km.

Hasilnya, kota termahal di dunia adalah Oslo di Norwegia. Untuk menginap 1 malam, traveler harus merogoh kocek AU$ 561,26 (sekitar Rp 5,2 juta).

Kota-kota di Eropa mendominasi daftar 10 kota termahal. Di peringkat 2 ada Zurich, disusul oleh Stockholm. Tak berbeda jauh, Paris menempati posisi ke 5 dan London nomor 7. Ibukota Denmark yakni Copenhagen berada di posisi 8.

Sebaliknya, daftar 10 kota termurah sedunia didominasi oleh Asia. Hanoi berada di posisi 2, Bangkok nomor 6, dan Kuala Lumpur nomor 7. Tapi dari seluruh kota di dunia, Sofia di Bulgaria-lah yang termurah. Untuk hotel bintang 4 dan berbagai fasilitas lainnya, traveler hanya perlu merogoh kocek AU$ 153,21 (Rp 1,4 juta).

"Daftar ini menunjukkan, Asia adalah benua yang termurah sementara Eropa adalah yang termahal. Tapi beberapa kota di Eropa seperti Sofia, Warsawa, dan Budapest tidak termasuk di daftar kota mahal," tutur juru bicara TripAdvisor seperti dilansir dari The Sydney Morning Herald, Rabu (12/6/2013).

Tahun lalu, Singapura menjadi kota termahal ke-10 di dunia. Tapi tahun ini Negeri Singa tersebut berada di posisi 14, menandakan Singapura lebih ramah untuk urusan kantong. Dari seluruh biaya yang dikeluarkan, hotel bintang 4 menghabiskan bujet terbanyak. Tapi perbedaan harga yang paling signifikan di tiap negara adalah ongkos taksi PP hotel-bandara.

Sebagai perbandingan, harga untuk 3 kali naik taksi di Zurich sama dengan menginap semalam di hotel bintang 4 Hanoi. Menginap 1 malam di hotel bintang 4 di Zurich, sama harganya dengan menginap 3 malam di Warsawa.

Memang, hanya kota-kota besar yang masuk dalam survei ini. Kota-kota ini berasal dari 49 negara dengan jumlah wisman terbanyak, berdasarkan data oleh United Nations World Tourism Organisation (UNWTO).

Berikut 10 kota termahal di dunia:

1. Oslo, Norwegia (AU$ 561.26 atau Rp 5,2 juta)
2. Zurich, Swiss (AU$ 506,45 atau Rp 4,7 juta)
3. Stockholm, Swedia (AU$ 504,30 atau Rp 4,6 juta)
4. New York, AS (AU$ 498,58 atau Rp 4,6 juta)
5. Paris, Prancis (AU$ 494,96 atau Rp 4,5 juta)
6. Sydney, Australia (AU$ 445,64 atau Rp 4,1 juta)
7. London, Inggris (AU$ 437,40 Rp 4 juta)
8. Copenhagen, Denmark (AU$ 429,55 atau Rp 3,9 juta)
9. Cancun, Meksiko (AU$ 426,09 atau Rp 3,9 juta)
10. Punta Cana, Republik Dominika (AU$ 420,91 atau Rp 3,9 juta)

10 kota termurah di dunia:

1. Sofia, Bulgaria (AU$ 153,21 atau Rp 1,4 juta)
2. Hanoi, Vietnam (AU$ 170,12 atau Rp 1,5 juta)
3. Warsawa, Polandia (AU$ 181,73 atau Rp 1,6 juta)
4. Sharm el Sheikh, Mesir (AU$ 184,74 atau Rp 1,7 juta)
5. Budapest, Hungaria (AU$ 186,46 atau Rp 1,7 juta)
6. Bangkok, Thailand (AU$ 194,79 atau Rp 1,8 juta)
7. Kuala Lumpur, Malaysia (AU$ 210,30 atau Rp 1,9 juta)
8. Tunis, Tunisia (AU$ 211,51 atau Rp 1,9 juta)
9. Cape Town, Afrika Selatan (AU$ 212,49 atau Rp 1,9 juta)
10. Riyadh, Arab Saudi (AU$ 212,72 atau Rp 1,9 juta)

Ada Mumi Berkacamata Hitam di Thailand

Unik tapi Nyata -Thailand terkenal memiliki beragam vihara dengan dekor yang indah dan megah. Di salah satu viharanya, ada mumi biksu yang memakai kacamata hitam. Ini kisahnya.



Seorang biksu dari Luang Pho Dang meninggal pada umur 79 tahun. Dalam nafas terakhirnya, ia sedang bermeditasi, duduk bersila yang biasa disebut dengan gaya lotus. Karena dianggap meninggal dalam keadaan suci, biksu ini menjadi mumi.

20 Tahun kemudian, mumi ini masih terjaga kondisinya, demikian ditengok dari Atlas Obscura, Jumat (31/5/2013). Mumi biksu ini terlindung kaca tembus pandang.

Yang membuatnya berbeda dengan mumi lainnya bukan saja karena tidak diperban, tapi juga karena memakai kacamata hitam. Tentu bukan untuk bergaya. Kacamata hitam ini memiliki tujuan sendiri.

Para biksu yang ada di sana sepakat untuk memakaikan kacamata hitam ke mumi tersebut. Dengan tujuan membuat sang mumi tidak terganggu dengan pengunjung yang berdatangan, serta anak-anak yang mungkin berisik.

Anda bisa melihat sendiri penampakan mumi biksu dengan kacamata hitam di Kuil Wat Khunaram, Pulau Ko Samui, Thailand. Penasaran?

Fosil Ikan Berusia 380 Juta Tahun Ditemukan

Unik tapi Nyata - Tim peneliti internasional temukan sebuah fosil ikan dengan otot perut berusia 380 juta tahun di wilayah terpencil di Kimberley, Australia.



Para paleontologis dalam tim itu mengatakan sangat jarang bisa menemukan jaringan lunak pada fosil plakodermis yang masih bisa terlihat.

Penemuan ini membuka jalan bagi pemetaan otot ikan tersebut.

Ahli paleontologi dari Flinders University, Australia, John Long, mengatakan sudah sejak lama peneliti percaya otot perut tidak akan ditemukan dalam tubuh ikan.

"Kami tidak menyangka ikan-ikan ini memiliki otot perut, karena ini adalah otot perut seperti yang dimiliki manusia," katanya.

"Ikan hiu tidak memiliki otot perut, dan juga ikan apa pun yang masih hidup, tapi semua hewan berkaki empat, seperti jenis-jenis reptilia, mamalia dan burung memilikinya."

Tim paleontologi dari Australia, Perancis dan Swedia tersebut mempelajari fosil-fosil yang ditemukan di bebatuan di Gogo Formation, Australia Barat.

Masjid yang Dibangun Semalam

Unik tapi Nyata -Wali Songo meninggalkan kisah yang menyejukkan tapi juga menarik hati. Seperti Masjid Tiban di Jatim, yang konon dibangun hanya dalam semalam.

Masjid warisan Sunan Ampel di Jatim bukan hanya di kawasan Ampel. Di Jalan Kembang Kuning Surabaya juga ada sebuah masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel, yakni Masjid Tiban. Kini masjid ini jadi destinasi religi menarik selain Masjid Ampel.



Sejarah penyebaran Islam di Surabaya masih meninggalkan jejak. Terutama karena peran serta Raden Rahmad atau yang dikenal dengan nama Sunan Ampel.

Salah satu dari sembilan wali ini memiliki banyak napak tilas di Surabaya. Salah satunya adalah Masjid Rahmat di kawasan Jalan Kembang Kuning, Surabaya.

Tidak banyak yang tahu, bahwa cikal bakal Masjid Rahmat yang megah itu ternyata dulunya adalah sebuah pondok kecil. Bahkan pondok kecil ini lebih menyerupai mushala yang terbuat dari bambu.

Sebelum mendirikan Masjid Ampel Surabaya, Raden Rahmat diketahui pernah mendirikan sebuah Langgar kecil di Kawasan Kembang Kuning Surabaya.

Langgar tersebut saat ini telah berubah menjadi bangunan masjid besar yang dikenal dengan nama Masjid Rahmat Surabaya. Langgar kecil itu dibangun oleh Raden Rahmat ketika Kerajaan Majapahit dipimpin oleh Prabu Brawijaya V.

Langgar yang dibangun beliau kala itu dijadikan sebagai pusat syiar Islam di kawasan Kembang Kuning. Bisa dikatakan, Langgar Rahmat inilah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Ampel.

Dari tahun ke tahun Langgar Rahmat yang dulu terbuat dari bilik bambu ternyata mengalami pemugaran dan dijadikan masjid. Masjid kecil ini berdiri sekitar tahun 1950-an. Sedangkan bangunan yang ada saat ini dibangun di tahun 1963 dan berdiri hingga sekarang.



Masjid Rahmat Kembang Kuning yang merupakan masjid tertua memiliki keunikan atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh masjid lain.

Masjid Rahmat memiliki kiblat atau arah sholat yang langsung tepat dengan Masjidil Haram atau tepat menuju ka’bah Mekkah di Arab Saudi.

Dulu waktu ada polemik penentuan arah kiblat di Masjid Rahmat Kembang Kuning. Tapi tiba-tiba terjadi pergeseran di tempat pengimaman dan kemudian sempat dilakukan pengukuran.

Dari pengukuran yang dilakukan, tim dari pemerintah sempat heran, karena mihrab masjid pas dengan Mekkah. Tidak ada pergeseran sama sekali.

Tidak hanya pengukuran yang dilakukan pemerintah yang mengherankan itu. Ketika mihrab masjid dilakukan pengukuran dengan teknologi yang lebih canggih sekalipun, pergeseran juga tidak terlihat pada masjid peninggalan salah satu anggota Wali Songo ini.

Selain arah kiblat yang lurus sejajar dengan Ka’bah, Masjid Rahmat juga menjadi patokan waktu shalat bagi masjid-masjid lain di Surabaya dan sekitarnya.

Menurut Kitab Pengging Teracah, Raja Brawijaya (penguasa Majapahit) memberikan wilayah kepada Samputoalang atau Raden Ahmad Rahmatullah (nama asli Sunan Ampel). Tujuannya untuk menyebarkan agama Islam di bagian utara tanah kekuasaan Majapahit.

Dalam perjalanan menyebarkan agama Islam di wilayah utara, Sunan Ampel disertai beberapa pengikut. Beberapa di antara mereka ada pengikut setianya bernama Ki Wirosaroyo. Ki Wirosaroyo sebelumnya beragama Hindu.

Kebetulan ia punya anak gadis bernama Karimah yang kemudian dipersunting Sunan Ampel. Dari hasil pemikahan ini, pasangan tersebut dikaruniai dua orang putri, yakni Siti Mustosima dan Siti�  Murtosiah.

Lalu dua putri Sunan Ampel ini, Siti Mustosima atau Dewi Mursimah, menikah dengan Sunan Kalijaga, sedangkan Siti Murtosiah atau juga disebut Dewi Murtasiah menikah dengan Sunan Giri.

Sesampai di Surabaya di Kademangan Cemoro Sewu, Sunan Ampel lebih dulu membangun tempat ibadah. Tempat ibadah yang didirikan Sunan Ampel bersama Ki Wirosaroyo ini, berbentuk mushala kecil.

Konon langgar atau musala ini dibangun hanya butuh waktu semalam. Di kawasan sekitar bangunan mushala banyak tumbuh bunga berwarna kuning. �

Sehingga pada pagi harinya masyarakat sangat terkejut dengan keberadaan mushala tersebut. Maka masyarakat sekitar kemudian menyebutnya Langgar Tiban (Langgar Kembang Kuning).�  �

Mushala ini sudah direnovasi total menjadi Masjid Rahmat. Renovasi total dimaksudkan karena takut akan adanya pengkultusan yang dikhawatirkan akan menjurus pada perbuatan sirik.

Setelah itu, Sunan Ampel melanjutkan perjalanan menyebarkan agama Islam di wilayah Surabaya Utara. Sempat pula membangun tempat ibadah di Kampung Penilih Surabaya.

Setelah itu kemudian membangun masjid di Ampel Dento yang dikenal dengan nama Masjid Ampel seperti sekarang ini.

Bagi Anda atau traveler yang ingin mengunjungi masjid ini bila menggunakan kendaraan umum dari terminal bus antar kota Purabaya, Bungurasih. Anda bisa naik bus kota jurusan Blauran atau Tugu Pahlawan.

Atau bila dari Terminal Joyoboyo, traveler bisa naik angkot lyn D jurusan Pasar Turi. Bus dan angkot tersebut akan melewati Jalan Diponegoro Surabaya.

Dari Jalan Raya Diponegoro lokasi Masjid Rahmat berjarak kira-kira 200 meteran. Sedangkan makam Karimah dan Ki Wirosaroyo berada di kawasan Kembang Kuning yang tidak jauh dari Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya.

Dibui Karena Terapkan Hukum Cambuk di Australia

Unik tapi Nyata -Jakarta - Pengadilan di Sydney memvonis 2 tahun penjara tanpa pembebasan bersyarat selama 16 bulan kepada Wassim Fayad (45). Pria ini dinyatakan bersalah karena telah mencambuk seorang warga Sydney atas nama penegakan Hukum Syariah pada tahun 2011 lalu.



Wassim merupakan 1 dari 4 orang yang terlibat dalam kasus pencambukan ini. Ketiga orang lainnya telah diberikan keringanan hukuman karena berperilaku baik.

Dalam pembelaannya di persidangan, Wassim Fayad mengatakan tindakannya dibenarkan oleh agama kepercayaannya, namun Ia mengetahui Australia bukan negara islam.

Wassim Fayad bersama 3 orang lainnya, menerobos masuk ke rumah milik Christian Martinez di Silverwater, sebelah Barat Sydney pada 2011.

Korban, Christian Martinez mengatakan 4 orang berjenggot masuk ke kamar tidurnya dan menelungkupkan dirinya di tempat tidur kemudian mencambuknya dengan kabel listrik sebanyak 40 kali, penyiksaan itu berlangsung selama 30 menit.

Korban mengatakan pelaku menghukum cambuk dirinya sebagai penerapan Hukum Syariah karena telah meminum minuman keras.

Akibat hukuman cambuk yang diterimanya, korban mengalami luka-luka dibagian punggung dan tulang ; belikat.

India akan Jadi Negara Berpenduduk Terbesar

Unik tapi Nyata -Jumlah penduduk dunia pada tahun 2050 diperkirakan mencapai 9,6 miliar.

Sebuah laporan PBB memperkirakan India tampaknya akan menggeser Cina sebagai negara dengan penduduk terbesar pada tahun 2028.



Pada saat itu, kedua negara memiliki jumlah penduduk di kirasan 1,45 miliar jiwa, seperti dilaporkan dalam laporan berjudul Prospek Penduduk Dunia: Revisi 2012.

Setelah melewati 2028, dilaporkan bahwa penduduk India akan terus berkembang sampai pertengahan abad sementara pertumbuhan penduduk Cina menurun secara perlahan-lahan.

Pemerintah Cina selama beberapa puluh tahun memberlakukan kebijakan satu anak untuk mengendalikan jumlah penduduk, walau belakangan di kawasan pedesaan ditempuh beberapa kelonggaran.

Bulan November 2011, misalnya, Provinsi Henan mengizinkan pasangan yang memiliki seorang anak perempuan untuk berupaya memiliki anak kedua, dengan kemungkinan akan lahir anak laki-laki.

Sementara penduduk Nigeria diperkirakan akan melebihi jumlah penduduk Amerika Serikat pada tahun 2050.


Perbedaan Pertumbuhan


Saat ini jumlah penduduk dunia sekitar 7,2 miliar jiwa dan diperkirakan akan mencapai 9,6 miliar pada 2050 dengan sebagian besar pertumbuhan terjadi di negara-negara berkembang.

Walau pertumbuhan penduduk dunia menurun di dunia secara umum, laporan ini mengingatkan kita bahwa beberapa negara-negara berkembang, khususnya di Afrika, masih berkembang pesat," tutur Wakil Sekjen PBB untuk Urusan Ekonomi dan Sosial, Wu Hongbo, dalam pernyataan di situs PBB.

Di kawasan negara-negara maju, jumlah penduduk umumnya tidak banyak bertambah di kisaran 1,3 miliar dari sekarang hingga tahun 2050.

Sebaliknya di 49 negara-negara yang berkembang diperkirakan jumlah penduduk menjadi dua kali lipat dari 900 juta pada 2013 menjadi 1,8 miliar pada 2050.

Disebutkan pula bahwa penduduk Eropa diperkirakan turun sekitar 14% dan kawasan tersebut saat ini sudah menghadapi masalah dalam memberikan layanan dan dukungan kepada berkembangnya jumlah warga lanjut usia.

Secara umum tingkat harapan hidup di sekuruh dunia mengalami peningkatan dengan 76 tahun pada periode 2045-2050 dan 82 tahun pada 2095-2100.

Kota Tercantik Dilihat dari Ketinggian

Unik tapi Nyata -Melihat pemandangan kota atau alam yang cantik sering dilakukan para traveler untuk menikmati suasana. Apalagi, kalau bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Sungguh mantap!

Dilirik dari Huffington Post, Jumat (7/6/2013) inilah 10 daftar destinasi yang mempunyai pemandangan kota yang manis saat dilihat dari ketinggian dengan helikopter.



1. Green Canyon, AS

Eksotisme pemandangan Green Canyon mampu menarik magnet bagi traveler untuk berlomba-lomba datang ke sana. Cara yang tepat untuk menikmati luasnya tanah yang menjulang tinggi adalah dengan cara menyewa helikopter agar lebih puas menikmati semua yang disuguhkan.

Penerbangan helikopter mengitari Green Canyon terbilang cukup populer. Rute penerbangan yang bisa Anda pilih dimulai dari Hoover Dam, Danau Mead, Hutan Nasional Kaibab dan Taman Nasional Green Canyon. Anda bisa terbang dari puncak ngarai untuk memulai perjalanan yang spektakuler. Cukup dengan USD 279.99 atau Rp 2,6 juta Anda bisa melihat bagian ngarai yang paling luas dan mempesona.

2. Las vegas, AS

Kota Las Vegas merupakan kota metropolitan yang selalu diburu wisatawan yang melancong menghabiskan waktu liburan. Jangan cuma menikmati isi kota dengan mengelilingi semua ikon kotanya saja. Anda juga harus menjajal menikmati pemandangan kota dari atas ketinggian dengan helikopter.

Anda bisa memilih waktu terbang saat siang dan malam hari dan bisa merasakan atmosfer kota Las Vegas, Stratospher Tower sampai Pyramid luxor. Anda juga berkesempatan untuk mengintip kolam kecil dan resor terbaik di kota itu.

Jika memilih terbang di siang hari, Anda bisa melihat keindahan kota mulai dari sekitar Red Rock Canyon. Harga paket yang ditawarkan mulai dari USD 89,99 atau Rp 898 ribu.

3. New York, AS

Kota yang mempunyai ikon Patung Liberty ini ternyata salah satu dari destinasi yang memiliki pemandangan kota yang cantik jika dinikmati dari atas ketinggian. Anda bisa menyaksikan kecantikan kota ini dengan menggunakan helikopter yang akan mengajak Anda berkeliling kota.

Perjalanan dimulai dari atas Sungai Hudson, Stadion Yankee, Jembatan George Washington dan Central Park. Selain itu, traveler juga dapat menikmati pemandangan udara yang tak kalah cantik dari atas Manhattan, Pelabuhan New York dan lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan menikmati kawasan Patung Liberty yang paling tersohor di kota itu dari atas helikopter. Harga paket yang ditawarkan mulai dari USD 129.99 atau Rp 1,2 juta.

4. San Fransisco, AS

Jika Anda tak sempat datang ke New York, Anda juga bisa menaiki helikopter untuk menyaksikan keindahan kota yang dimulai dari melihat jembatan yang menjulang tinggi, perbukitan sampai pantai yang ada di tengah kota. Harga paket terbang yang ditawarkan mulai dari USD 175 atau Rp 1,7 juta saja.

Anda bisa menikmati indahnya Pulau Alcatraz, Golden Gate Bridge sepanjang 27 Km, San Fransisco Bay sampai Gedung Ferry yang bersejarah dari atas helikopter. Saat traveler ingin menikmati gemerlapnya kota ini, waktu malam hari dinilai paling pas karena banyak lampu-lampu neon menyala indah yang menghiasi kota tersebut.

5. Los Angeles, AS

Ada beberapa cara menarik untuk menikmati keindahan kota Los Angeles, AS. Di sana Anda juga menikmati paket tur keliling Los Angeles dengan menggunakan helikopter dan menyewa secara pribadi. Harga paket yang ditawarkan mulai kisaran USD 89 atau Rp 889 ribu sampai USD 389,99 atau Rp 3,8 juta.

Anda bisa puas menikmati glamornya kota Los Angeles dan Gunung Santa Monica, Palos Verdes Peninsula dan Hermosa, Redondo dan Pantai Manhattan. Kemudian, Anda juga bisa melihat kemegahan rumah-rumah selebritis Hollywood sampai menikmati pemandangan paling tersohor seperti Hollywood Bowl, Sunset Strip, Downtown LA dan Universal Studios.

6. Rio De Jainero, Brazil

Tak kalah dengan keindahan kota yang ada di AS. Ternyata Rio De Jainero di Brazil juga termasuk salah satu daftar destinasi yang memiliki kecantikan kota jika dipandang dari ketinggian dengan helikopter. Anda cukup merogoh kocek sebesar USD 259,99 atau kisaran Rp 2,5 juta.

Traveler bisa menyaksikan keindahan Rio De Jainero dengan melihat patung Kristus yang terletak di puncak Gunung Corcovado. selain itu, Anda akan mendapatkan menangkap pemandangan Ipanema yang legendaris dan Pantai Copacabana, Gunung Sugar Loaf, Rodrigo de Freitas Lake dan Stadion Maracana.

7. Selandia Baru

Selandia baru merupakan negara kepulauan yang berada di barat daya Samudra Pasifik. Pulau tersebut dinilai memiliki kecantikan yang luar biasa jika dipandang dari atas ketinggian. Untuk menikmatinya, Anda harus merogoh kantong sebesar USD 76,80 atau Rp 767 ribu sampai kisaran USD 766,40 atau Rp 7,6 juta sesuai dengan rute yang Anda inginkan.

Anda bisa menangkap hijaunya perbukitan sampai kawah es seperti Fox Glacier di pantai Barat Pulau Selatan, melihat ketinggian dari Sky Tower yang cukup terkenal dan vulkanik Rangitoto Island di Auckland. Semuanya bisa Anda nikmati karena cukup banyak rute yang ditawarkan pada saat melakukan penerbangan nanti.

Mampir ke Restoran Toilet

Unik tapi Nyata -Kota London di Inggris semakin unik di mata wisatawan dengan hadirnya sebuah restoran bertema toilet. Wisatawan menikmati makanan sambil duduk di atas toilet.

Konsep restoran bertema toilet seperti ini bukan pertama kalinya di dunia. Pada tahun 2004, konsep seperti itu sudah diusungdi Kota Taipei, Taiwan, kemudian menyusul Kota Beijing, China yang juga punya restoran seperti ini.



Dari CNN Travel, Rabu, (12/6/2013) seorang pengusaha kuliner muda dan ganteng, Tom Sellers (26), berani membuka restoran inovasi baru dengan konsep toilet moderen di London. Restoran tersebut dinamai Restoran Story, ia meneruskan ide dari Peter Tomlinson pemilik kafe bawah tanah yang juga membuka restoran berkonsep toilet.

Pada tahun 2013 ini, minat pengusaha kuliner di London cukup besar dalam membuka restoran toilet. Restoran ini mendaur ulang bangunan bekas toilet. Ini bukan pertama kalinya, kafe bawah tanah milik Peter Tomlinson juga menempati bekas toilet Victoria yang dibangun sekitar tahun 1890-an.

Sebenarnya, di London banyak fasilitas toilet umum yang bangkrut dan mengabaikan tempat itu begitu saja. Pemilik tak habis akal untuk menjualnya kepada pengusaha kuliner muda seperti Tom.

Walaupun menggunakan bekas toilet yang tadinya sebagai tempat pembuangan hajat manusia, toilet-toilet tersebut disulap menjadi restoran mewah dan sudah dibersihkan serta diberi bahan disinfektan agar steril. Tenang!

Ide kreatifitas pemilik restoran menambahkan dekorasi mewah lain seperti pewarnaan tembok, ubin lantai, meja kursi pengunjung, bar, dapur dan penunjang lainnnya.

Wisatawan yang datang ke restoran ini, bisa dibikin ngiler saat menikmati banyak hidangan lezat ala western. Seperti kepiting dengan daun bawang asap, domba yogurt, daging asap pipih dan masih banyak lagi. Restoran Story ini berlokasi di 201 Tooley Street, London, Inggris.

Pomp Bensin yang Diubah Jadi Hotel

Unik tapi Nyata -Saat menginap di hotel, pernahkah Anda menduga-duga seperti apa bentuk penginapan Anda sebelum menjadi sebuah hotel? Di New Orleans, AS ada sebuah penginapan yang merupakan rombakan dari pom bensin. Unik!



Dari Huffington Post, Jumat (7/6/2013), sebuah pompa bensin buatan tahun 1918 di New Orleans, AS telah diubah menjadi sebuah penginapan keren. Robert Guthrie mengubah pom bensin menjadi penginapan bernilai seni seluas 2.000 meter persegi. Penginapan ini sekarang disewakan pada perusahaan Airbnb.

Penginapan bekas pom bensin ini bernama 1981 Sinclair Gas Station. Terletak di Dumaine Street, penginapan ini berbentuk seperti villa lengkap dengan dapur bersih, jacuzzi, serta atap dek yang berfungsi sebagai teras atas lengkap dengan sofa dan pemandangan kota.

Pemilik pom bensin terdahulu juga meninggalkan barang bekas, seperti rangka bangunan pom bensin juga potongan perbengkelan mobil. Saat ini barang-barang tersebut telah disulap menjadi properti desain interior villa.

Seperti rangka atap bekas pom bensin, dibiarkan begitu saja dan menjadi rangka villa ini. Begitu pula dengan potongan bagasi mobil yang ditempel ke dinding sebagai hiasan. Penampilan bangunan dari luar juga nampak seperti garasi. Namun ketika masuk, Anda akan menemukan tempat menginap yang nyaman layaknya rumah sendiri.

Jika membutuhkan tempat menginap, traveler hanya perlu merogoh kocek untuk menyewa satu rumah dengan harga mulai dari USD 400 (Rp 3,9 juta) per malam. Di sini, Anda akan mendapatkan salah satu penginapan paling keren di kota, dengan tempat parkir.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat keramaian New Orleans. Hanya dengan berjalan kaki, Anda dapat berkunjung ke New Orleans Museum of Art, City Park. Anda juga dapat sekedar menikmati makanan dan minuman di restoran, coffee shop dan bar sekitar.

Untuk berkeliling kota, traveler dapat menyewa sepeda di dekat hotel. Bahkan di sekitar hotel juga ada tempat penyewaan moge Harley Davidson.

Pulau Hantu di Jepang

Unik tapi Nyata -Perang selalu menyisakan cerita suram dan kadang mengerikan. Sebuah pulau kosong di Jepang terlihat suram dan menyimpan banyak cerita mengerikan. Semenjak masuk dalam adegan film James Bond, pulau ini makin banyak didatangi wisatawan.



Destinasi wisata sering dikunjungi traveler karena pernah dijadikan lokasi pembuatan film. Salah satunya Pulau Hashima di Jepang yang menjadi tempat lokasi film James Bond. Siapa sangka Pulau James Bond ini memiliki kisah mengerikan di baliknya.

Dari CNN Travel, Jumat (14/6/2013), pulau kosong ini bernama Pulau Hashima. Pulau Hashima mendapat julukan Gunkanjima atau Battleship Island. Hal ini karena bentuknya yang menakutkan seperti sarang penjahat dalam film laga.

Jika Anda ingat film James Bond "Skyfall", Pulau Hashima muncul dalam salah satu adegan yang paling dramatis. Di pulau inilah penjahat dalam film James Bond bersembunyi. Banyak traveler yang berkunjung ke sini untuk menelusuri jejak James Bond.


Sejak 2009, beberapa agen travel menawarkan perjalanan wisata dari Kota Nagasaki ke Pulau Hashima dengan waktu 40 menit. Ada kisah sejarah suram dibalik terkenalnya Pulau Hashima karena film James Bond. Dahulu selama hampir 100 tahun, Pulau Hashima adalah pertambangan perusahaan Mitsubishi.

Pulau ini adalah hunian terbaik bagi keluarga pekerja tambang. Tahun 1959, Hashima jadi salah satu pulau yang penduduknya terpadat di dunia. Bagaimana tidak, di pulau seluas 18 hektar ini, tinggal 5.259 orang. Tahun 1974, gas menggantikan batu bara sebagai sumber bahan bakar utama Jepang. Mitsubishi mundur, menelantarkan Pulau Hasima serta para pekerjanya.

Bangunan menjadi rapuh dan rawan kecelakaan. Tomoji Kobata, seorang operator tur Pulau Hasima pun bercerita sisi kelam dari masa lalu Pulau Hashima. Sebelum dan selama Perang Dunia II, sama seperti situs industri di Jepang lainnya, Pulau Hashima adalah lokasi untuk kerja paksa.

Menurut catatan setempat, 123 warga Korea dan 15 Cina meninggal di pulau sepanjang tahun 1925 hingga 1945. Hashima adalah simbol dari luka perang yang tidak akan sembuh. Bagi sebagian besar orang Jepang, Pulau Hashima adalah kenangan yang kelam.

Meski terdapat banyak pemandangan yang keren yang baik dari reruntuhan bangunan, pengunjung tidak bisa dengan mudah mendekat. Karena alasan keselamatan atas bangunan yang rapuh, traveler memerlukan izin khusus dari Dewan Kota Nagasaki untuk masuk ke dalam Pulau Hashima.

Selain itu, seringkali cuaca yang sangat buruk juga terjadi saat perjalanan menuju pulau. Bahkan terkadang kapal tidak bisa merapat untuk berlabuh di Pulau Hashima. Itu artinya, Anda merupakan traveler yang sangat beruntung hanya dengan bisa mendarat di Pulau James Bond ini.

Wahana Hantu Terbesar di Jepang

Unik tapi Nyata -Menguji mental di wahana rumah hantu biasanya hanya menghabiskan waktu 15 menit. Di Jepang, traveler akan menghabiskan waktu satu jam untuk berpetualang di rumah hantu terbesar sedunia!



Ditengok dari Haunted Night, Kamis (13/6/2013), tempat ini bernama Ghost House atau dalam bahasa Jepang bernama Obake-yashiki. Rumah hantu terbesar dan terseram di dunia ini berada di taman bermain Fuji Q Highland Park di kaki Gunung Fuji.

Ghost House mengangkat tema rumah sakit berhantu dan menggunakan bangunan tua dua lantai seluas 900 meter persegi. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk berkeliling di rumah hantu terseram se-Jepang ini. Berbeda dari rumah hantu lainnya, Ghost House di Jepang tidak menentukan rute pengunjung untuk memulai petualangan.

Traveler bebas mulai mejelajahi dari bagian mana saja. Rumah hantu ini benar-benar menyuguhi pengalaman nyata. Desainer Ghost House sangat matang merancang berbagai jebakan dan perangkap. Tujuannya tidak lain untuk menakut-nakuti Anda.

Konon, sejarah wahana rumah hantu ini berawal dari kisah rumah sakit yang ada di kaki Gunung Fuji. Rumah sakit ini dahulu sangat besar dan memiliki dokter profesional dan fasilitas hebat. Kemudian kepala dan staf rumah sakit mulai mengambil beberapa organ segar dari pasien yang datang ke sini untuk operasi.

Organ segar para pasien dimasukkan ke dalam bahan kimia dan dijual ke tempat yang jauh. Sementara jasadnya dimasukkan ke dalam peti kayu besar. Arwah korban bergentayangan dan membunuh para dokter. Akhirnya seluruh rumah sakit ditinggalkan. Begitulah kisah yang dipercaya orang-orang.

Figur hantu dan efek cahaya di wahana rumah hantu ini dirancang sedemikian rupa hingga menimbulkan suasana yang sangat menyeramkan. Banyak perangkap dan pintu yang harus traveler buka sendiri untuk mengetahui kejutan menyeramkan apa yang selanjutnya akan Anda dapatkan.

Banyak aktor berperan sebagai hantu dan mayat. Mereka melakukan beberapa gerakan kecil di pojokan untuk membuat Anda kaget. Riasan dan kostum mereka pakai juga memiliki standar khusus seperti hantu di film. Wahana rumah hantu berbentuk rumah sakit ini dibuka hanya di musim panas, dan akan membuat Anda menggigil dan merinding di tengah musim panas.

Kota Luar Angkasa di Perancis

Unik tapi Nyata -Diperkirakan, manusia biasa bisa traveling ke luar angkasa dalam waktu tidak terlalu lama. Sebelum Anda jadi salah satunya, datangi dulu Space City di Toulouse, Prancis. Inilah taman hiburan bagaikan kota luar angkasa.



Space City atau Cite de l'Espace adalah taman hiburan berkonsep luar angkasa yang terletak di Kota Toulouse, Prancis. Toulouse memang menjadi kota tempat industri luar angkasa, tapi bukan berarti semua yang berhubungan dengan sains akan tertutup bagi wisatawan. Buktinya, Anda sekeluarga bisa merasakan liburan ala Planet Mars di Space City.

Dari situs resmi Space City yang dilansir detikTravel, ada banyak wahana edukatif yang bisa dimasuki wisatawan dan anak-anak. Masukilah IMAX, bioskop 3 dimensi yang layarnya setinggi gedung 6 lantai! Anda bisa menonton film seperti Hubble 3D yang berdurasi 45 menit.

Di Planetarium, Anda bisa memasuki antariksa dengan layar 360 derajat. Bersiaplah 'tersesat' di antara bintang-bintang aneka nama, juga planet dan galaksi. Ada juga Stellarium, tempat Anda merasakan simulasi berada di luar angkasa.

Mau tahu rasanya berada dalam stasiun luar angkasa? Space City punya replika stasiun luar angkasa Mir, pesawat luar angkasa Soyuz, dan roket Ariane 5. Keren!

Selain seru, wahana-wahana di Space City juga sangat edukatif. Children's Base misalnya, merupakan tempat bagi anak-anak untuk mengenal lebih dalam tentang luar angkasa. Mereka bisa mencari tahu cara membuat roket, simulasi menerbangkan pesawat luar angkasa, juga melakukan misi luar angkasa!

Wahana paling seru di Space City bisa jadi adalah Moon Runner. Sebuah ruangan dikondisikan sedemikian rupa sehingga menyerupai bulan. Selama 5 menit wisatawan bisa moon-walking, alias berjalan layaknya astronot di permukaan bulan. Untuk bisa mencoba Moon Runner, berat Anda maksimal adalah 115 Kg.

Space City buka setiap hari, mulai pukul 09.30-17.00 waktu setempat pada hari kerja dan pukul 09.30-18.00 waktu setempat pada hari libur. Harga tiket masuknya 18,5 Euro (Rp 240.000) untuk dewasa dan 12 Euro (Rp 156.000) untuk anak-anak.

Kastil Paling Berhantu di Inggris

Unik tapi Nyata -ika traveler ingin mengunjungi rumah berhantu, Inggris punya kediaman keluarga kerajaan yakni Kastil Edinburgh. Disebut-sebut, inilah kastil paling berhantu yang bisa didatangi wisatawan.

Kastil Edinburgh ini dulunya sebagai tempat mukim bagi keluarga kerajaaan Skotlandia pada abad ke-12. Namun, Kastil Edinburgh sudah dihuni sejak 900 tahun lalu.


Ditengok dari situs resmi Kastil Edinburgh, Kamis, (13/6/2013) diceritakan aneka pertempuran dan pengepungan terjadi di kastil ini. Banyak keluarga kerajaan hidup dan meninggal di dalam kastil ini. Sebuah puisi kuno menceritakan para ksatria gagah berani berpesta di sini, sebelum pergi ke medan perang dan mati.

Kastil ini menjadi rumah bagi keluarga Kerajaan Skotlandia. Ratu Margaret menghembuskan nafas terakhirnya di sini pada tahun 1093. Kemudian Ratu Skotlandia Mary Queen, ibu dari Raja James VI meninggal tahun 1566. Kastil ini menjadi pangkalan militer tahun 1600-an.

Tahun 2001, beberapa tim paranormal pernah mengadakan penelitian tentang keberadaan hantu-hantu di dalam kastil. Anehnya, mereka melaporkan kejadian yang sama persis dengan cerita masa lalu. Mereka menemukan banyak tokoh penampakan hantu.

Sejak tahun 1996, semua tempat di mana raja-raja bertahta selama beberapa abad lamanya kini dipamerkan. Di sana traveler bisa melihat semua rahasia dan benda-benda Kerajaan Skotlandia yang masih memiliki nilai seni tinggi.

Saat memasuki dalam ruangan, terlihat nuansa ruang yang sedikit pencahayaan. Kastil ini terbagi menjadi 12 bangunan yang beragam fungsi seperti museum, aula, kapel dan beberapa bangunan yang lain. Namun siapa sangka, bangunan seseram itu ternyata menjadi ikon destinasi wisata di Skotlandia dan menjadi situs warisan budaya UNESCO.

Ternyata, bangunan kastil ini banyak dimanfaatkan untuk momen penting seperti pernikahan, event, lokasi syuting dan acara privat lainnya. Ketika datang ke sana, jangan dilihat dari sisi seramnya saja. Di sana anda bisa puas berkeliling area kastil. Anda bisa menyaksikan video 3D Map yang menggambarkan seluruh sisi area bangunan.

Jika datang ke sana, perbedaan musim menentukan waktu buka Kastil Edinburgh. Jika pada musim panas kastil ini buka pada pukul 09.30-18.00 waktu setempat. Sedangkan saat musim salju buka pada pukul 09.30-17.00 waktu setempat. Anda harus membayar harga tiket dewasa sebesar 16 Euro (Rp 192.500). Harga tiket anak-anak berkisar 9,60 Euro (Rp 115.200). Siapkan nyali Anda untuk menjelajah seluruh area Kastil Edinburgh yang berhantu ini.

Kota dengan Nama Terpanjang di Dunia

Unik tapi Nyata -Boring di AS adalah salah satu tempat yang dikunjungi turis karena memiliki nama aneh. Selain itu, ada pula tempat yang dikunjungi karena namanya yang panjang. Bahkan ada yang sampai menghabiskan 167 huruf. Wow!



Dikumpulkan detikTravel, Jumat (14/6/2013) inilah 4 kota dengan nama paling aneh di dunia:

1. Krung thep mahanakhon bovorn ratanakosin mahintharayutthaya mahadilok pop noparatratchathani burirom udomratchanivetmahasathan amornpiman avatarnsathit sakkathattiyavisnukarmprasit, Thailand

Sulit! Itu pasti kesan pertama yang turis dapati begitu membaca nama kota ini. Jika dihitung, ada 167 huruf yang dirangkai menjadi nama kota tersebut. Inilah kota dengan nama terpanjang di dunia.

Tapi tahukah Anda kota mana ini? Sesungguhnya, nama panjang tersebut adalah nama asli Bangkok, Ibukota Thailand. Saking panjangnya nama tersebut, ada beberapa turis yang merasa takut alias fobia dengan namanya.

2. Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu, Selandia Baru

Tempat kedua yang memiliki nama panjang ada di Selandia Baru. Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu adalah nama sebuah bukit yang dibuat oleh suku setempat yakni Maori.

Bukan tanpa alasan, nama tersebut memiliki arti "Tempat Tamatea, pria dengan lutut besar, yang meluncur, naik dan tertelan bukit, yang dikenal sebagai tanah pemakan, memainkan seruling untuk kekasihnya."

Sama seperti tempat sebelumnya, nama tempat ini dirangkai lebih dari 100 kata, tepatnya 105. Namun, saat ini nama tersebut sudah dipersingkat menjadi "Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu". Meski sudah disingkat menjadi hanya 57 huruf, tetap sulit disebut!

3. Gorsafawddachaidraigddanheddogled dollonpenrhynareurdraethceredigion, Inggris

Gwynedd di Wales, Inggris juga memiliki nama tempat dengan nama panjang, yakni Gorsafawddachaidraigddanheddogled dollonpenrhynareurdraethceredigion. Nama tempat di Wales ini tersusun dari 67 huruf.

Jika diartikan, nama panjang tersebut berarti "Stasiun Mawddach dan gigi naga di Jalan Northern Penrhyn di Golden Beach, Teluk Cardigan."

4. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, Inggris

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch adalah nama sebuah desa di Anglesey, Wales, Inggris. Lagi-lagi, karena memiliki nama yang panjang, banyak wisatawan yang kesulitan dalam menyebutkan namanya.

Usut-boleh usut, nama desa ini memiliki arti "Gereja St Mary di lembah pohon hazel dekat pusaran air Gereja St Tysilo dekat Gua Merah."

Datang ke sana, traveler akan menemukan papan petunjuk yang panjang karena menulis nama asli desa tersebut, lengkap 58 huruf. Anda juga akan menemukan ketenangan selama berada di sana.

Desa dengan nama panjang ini juga menawarkan ketenangan untuk Anda. Tempat ini hanya dihuni oleh 3.000 penduduk.

Tanaman Unik : Muah!!!

Unik tapi Nyata -Ada tanaman unik yang bisa wisatawan lihat jika traveling ke Amerika Selatan. Bentuk daunnya sedikit melengkung. Sebenarnya biasa, tapi warna merah yang ada di sana membuatnya unik, mirip seperti bibir tebal yang merona seksi.



Psychotria elatra, itulah nama tanaman unik ini. Bentuknya yang tak biasa selalu menarik setiap mata memandang, terlebih tumbuhan ini lebih banyak hidup di daratan Amerika Selatan dan sebagian Amerika Tengah.



Jika penasaran, traveler bisa datang ke Kolombia, Kosta Rika, Panama, atau Ekuador. Tapi, mereka hidup di dalam hutan, jadi siapkan diri masuk ke dalam hutan belantara dan temukan keindahan lewat kecupan manis sang tumbuhan.

Dilihat lebih seksama, P. elatra memiliki 2 daun yang melengkung. Lengkungan tersebut menimbulkan rongga kecil. Karena berwarna merah merona, daun tersebut persis seperti bibir.

Tapi ternyata tidak semua daun memiliki bentuk seperti ini. Hanya daun yang dekat dengan bunga saja yang berbentuk seperti ini. Lengkungan daun akan membuat rongga kecil tempat keluar bunga.

Diintip dari The Luxury Spot, Jumat (14/6/2013) saking miripnya dengan bibir wanita, masyarakat menyebut tumbuhan ini dengan nama "Hooker's Lips". Bibirnya memang sangat merah merona dan merekah, mirip seperti bibir wanita seksi yang tebal.

Tapi traveler tidak selalu bisa melihat P. elatra seperti ini. Daun mereka berbentuk cantik seperti itu hanya ketika akan mengeluarkan bunga. Muah!

Selamat berlibur, ladies!

Unik tapi Nyata -Bukan hanya pria, kaum hawa juga berhak untuk traveling seorang diri. Anda para wanita bebas untuk menentukan destinasi yang disukai. Di dunia, ada 8 tempat yang pas untuk dijelajahi sendirian oleh kaum hawa.



Wanita memang rawan akan tindak kejahatan, apalagi jika traveling jauh seorang diri. Tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang Anda untuk menjelajah tempat-tempat baru. Dilihat dari MSN, Rabu (27/2/2013), ini dia 8 tempat yang aman untuk para wanita berwisata seorang diri:

1. Irlandia

Irlandia adalah negara yang pas untuk Anda para wanita jika ingin berwisata seorang diri. Di sini, teman-teman baru dari berbagai negara lain sudah menunggu kedatangan Anda di kelab-kelab malam. Bagi yang masih jomblo, pria Irlandia tak pernah ragu untuk memulai percakapan. Siapa tahu Anda bisa berjodoh dengan salah satu di antaranya.

Tapi untuk yang kurang suka dengan hiburan malam, Irlandia juga punya pedesaan dengan pemandangan alam memukau. Tinggal siapkan kamera atau alat lukis Anda untuk mengabadikan momen indah ini. Soal penginapan, Anda tinggal pilih, hotel atau losmen sama nyamannya di Irlandia.

2. Las Vegas, Nevada, AS

Jika dunia malam dirasa kurang di Irlandia, tak ada salahnya untuk traveling ke Las Vegas, Nevada, AS. Kota ini memang menjadi pusat perjudian, tapi dinilai cukup aman untuk wanita solo traveler. Malah di sini Anda mungkin bisa menemukan teman baru di meja judi.

Di Las Vegas, hotel memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Anda tak perlu takut untuk bermalam seorang diri atau meninggalkan kamar pada siang hari. Nikmati perjalanan Anda sendirian di Las Vegas.

3. Tucson, Arizona, AS

Kalau Las Vegas punya keramaian, maka Tucson di Arizona, AS punya kedamaian untuk relaksasi tubuh. Bagi Anda yang berlibur seorang diri untuk lari dari keramaian kota, Tucson adalah tempat yang pas. Pemandangan ngarai dan pepohonan yang asri akan mendamaikan liburan Anda kali ini. Selain alam, Tucson juga punya museum seni. Di sini terpampang indah karya-karya seniman dari Amerika Barat dan Amerika Latin.

4. Thailand

Tak mau jauh sampai ke Amerika, Asia punya Thailand yang bisa dijadikan pilihan. Di sini, masyarakat lokalnya mayoritas penganut agama Buddha, di mana laki-laki dan perempuan disetarakan derajatnya.

Yang terkenal di Thailand, apalagi kalau bukan makanannya. Coba tengok sudut-sudut kotanya, seperti Bangkok dan Phuket. Cita rasa Asia dengan menu yang beraneka tersedia di sini. Tapi jika Anda ingin mencari kedamaian, coba lakukan perjalanan ke beberapa vihara di Thailand. 

Selain bisa belajar ilmu agama, vihara-vihara tersebut juga punya nilai sejarah serta pemandangan cantik. Anda juga bisa menyaksikan indahnya alam di Phi-phi Island. Namun yang terpenting di Thailand adalah harga barang dan akomodasi yang murah. Tak perlu bawa uang banyak untuk bisa liburan seorang diri yang menyenangkan di Negeri Gajah Putih ini.

5. Vietnam

Jika murah dan punya banyak destinasi saja tidak cukup, maka Vietnam memiliki label sebagai negara dengan tingkat kejahatannya rendah. Hal ini tentu bakal memberikan rasa aman yang cukup untuk para wanita solo traveler. 

Vietnam juga dikenal sebagai negara yang memanjakan wisatawannya dengan memberikan harga murah untuk barang-barang berkualitas. Untuk makan malam dengan makanan lezat, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 70 ribu Dong (Rp 32 ribu). Selain itu, masyarakat lokal di Vietnam juga dikenal sangat ramah dengan para traveler.

6. Amsterdam, Belanda

Kalau yang satu ini adalah kota di mana perempuan sangat dihormati. Bahkan jika mengenakan rok pendek sekalipun, di Amsterdam, Belanda Anda jauh dari pelecehan. Bisa dikatakan juga bahwa Amsterdam adalah surga untuk para wanita yang ingin berlibur seorang diri.

Mau tempat yang perempuan banget, Amsterdam punya The Nine Little Streets. Di sini, Anda para wanita bisa bebas keluar-masuk toko untuk memilih aneka produk fashion kesukaan. Untuk santai, kawasan ini juga punya beberapa kafe yang nyaman. Asyiknya lagi, Amsterdam adalah kota umpama surga bagi para pesepeda. Semua fasilitas, mulai jalur, tempat parkir, sampai tempat penyewaan sepeda tersedia di sini.

7. Kosta Rika

Dibanding negara Amerika Latin lainnya, Kosta Rika adalah yang paling ramah penduduk aslinya. Mungkin itulah alasan mengapa wanita solo traveler cocok untuk berlibur di negara ini. Lagi pula, di Kosta Rika biaya hidup untuk beberapa hari masih lebih murah, kota-kotanya bersih, dan punya banyak hotel murah. Di sini, Anda bisa menginap di hotel dengan menyiapkan uang 30 Colon Kosta Rika (Rp 583 ribu).

Untuk yang suka tantangan, ombak-ombak di pantainya sudah menunggu untuk Anda taklukkan. Cara lainnya, Anda bisa mendaki gunung dan bermalam di puncaknya. Liburan seorang diri yang yang tak terlupakan bakal tersaji di Kosta Rika.

8. Islandia

Mungkin karena jarak yang jauh, banyak wanita melihat Islandia hanya sebelah mata sebagai destinasi mereka. Padahal, negara ini punya alam yang begitu menakjubkan. Anda juga harus bersiap untuk merogoh kocek dalam-dalam, karena Islandia adalah salah satu negara Eropa yang membutuhkan biaya perjalanan besar.

Tapi banyaknya uang yang keluar akan sepadan jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan didapatkan. Pemandangan pegunungan es dan padang rumput hijau tersaji di di sana. Ada juga beberapa laguna yang tak kalah indahnya. Tapi Islandia tidak cuma punya pemandangan alam saja. Di sini ada kota metropolitan Reykjavik yang dapat melegakan para traveler wanita yang haus berbelanja. 

Itu dia 8 destinasi yang aman dan direkomendasikan untuk traveler wanita yang ingin berlibur seorang diri. Tetap hati-hati demi perjalanan yang menyenangkan. Selamat berlibur, ladies!

Follow by Email