Sabtu, 3 Mei 2014

Surat Termahal di Dunia

Surat Termahal di Dunia - Surat yang ditulis pada tahun 1912 dari atas Kapal Titanic terjual dalam lelang dengan harga fantastis, yaitu 119 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 2,3 miliar. Surat tersebut ditulis oleh penumpang selamat Esther Hart dan anak perempuannya Eva, delapan jam sebelum kapal menabrak gunung es di Samudra Atlantik.



Surat tersebut terjual pada Andrew Aldridge. Ia mengatakan surat tersebut sangat unik hingga ia memutuskan memperjuangkannya. ''Surat itu sangat langka, surat itu ditulis di Titanic, di Atlantik Utara,'' kata Hart.

Surat tersebut ditulis dalam kertas putih yang bertuliskan ''Di atas RMS Titanic'' sebagai header kertas. Surat tersebut ikut selamat karena berada dalam kantong jaket milik suaminya. Benjamin, suami Hart memberikan jaket itu pada Hart untuk menghalau dingin. Sementara Benjamin sendiri tewas bersama sekitar 1500 korban lainnya.

Surat itu ditujukan untuk ibu Hart, Chadwell Heath yang berada di London Timur. Surat tersebut terjual dalam lelang Henry Aldridge & Son of Devizes di Wiltshire, Sabtu (26/4).

Dalam surat tersebut, Hart menulis bahwa mereka sangat menikmati penjalanan. Meskipun ia mengalami sedikit mabuk laut dan sulit makan. Namun, Hart menyebutnya sebagai perjalanan yang luar biasa.

Sebenarnya, ketuk palu keputusan lelang menghargainya sekitar 101 ribu Poundsterling. Hanya saja dengan biaya tambahan, menjadi 119 ribu Poundsterling. Jumlah ini menjadi rekor baru untuk sebuah surat Titanic.

Kenangan akan kapal tersebut saat ini menjadi bisnis besar. Menu pada saat kejadian sebelumnya juga terjual dalam lelang dengan harga 76 ribu Poundsterling (sekitar Rp 1,4 miliar).  Sementara biola yang dimainkan di sana dihargai 900 ribu Poundsterling atau setara sekitar Rp 17 miliar.
(Unik tapi Nyata)

0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email