Khamis, 6 Februari 2014

Tips Tata Ruang Rumah Minimalis yang Nyaman

Penataan ruang dirumah sangat berbeda dengan penataan ruang di bangunan yang lain, penataan ruang didalam rumah harus disesuaikan kehendak dan kepentingan si pemilik rumah. Penataan ruang didalam rumah biasanya di pengaruhi luasnya ruangan, fungsinya ruangan, bahkan banyak orang sangat memperhatikan posisi sesuai prinsip yang dianjurkan feng shui. Penataan ruang rumah minimalis sangat sulit dan rumit karena hal ini disebabkan rumah yang berukuran kecil, tapi kecilnya rumah raungan tetap bisa di tata sedemikian rupa menjadi lebih nyaman. Adanya rumah minimalis karena dibeberapa kota mengalami penyempitan lahan. Dibawah ini beberapa tips menata ruangan agar rumah minimalis kelihatan lebih luas dan terasa nyaman.

Memperhatikan Fungsi Ruang   
Seperti pada konsep rumah minimalis tidak memiliki banyak ruang. Walaupun tidak memiliki banyak ruang, tetapi tetap membutuhkan kejelasan fungsi ruangan. Fungsi ruangan harus diperhatikan agar tidak salah dalam mendesain. Dengan fungsi yang jelas kebutuhan perabot pun dapat disesuaikan.
Seperti ruang keluarga. Maka untuk rumah minimalis perlengkapan elektronik seperti televisi cukup ditempelkan pada dinding, sehingga ruangan menjadi lebih longgar, menggunakan karpet yang lembut dan beberapa bantal yang berukuran sedang. Perlengkapan yang tidak terlalu banyak akan memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.  
Penggunaan Warna Dalam Ruangan   
Untuk warna dalam rumah minimalis sangat berpengaruh terhadap situasi yang dimunculkan. Warna yang biasa digunakan biasanya warna yang memberikan kesan longgar, warna tersebut bisa berwarna hitam tetapi tidak sepenuhnya warna hitam dalam seluruh ruangan. Warna dapat dikombinasikan dengan warna kuning atau warna cerah yang lain, untuk langit-langit dapat digunakan warna biru.
Pembagian Sudut di Rumah Minimalis   
Untuk rumah minimalis biasanya dalam tata ruang yang dapat digunakan adalah memanfaatkan pembagian sudut, hal ini dilakukan untuk membagi ruangan yang besar menjadi dua atau lebih fungsi ruangan. Sedangkan untuk membagi atau mempartisi dapat digunakan dengan menggunakan sekat-sekat kaca cermin karena kaca cermin menghasilkan efek ruangan yang lebih luas.
Kreasi tata ruang di dalam rumah minimalis dapat terus dilakukan dengan berbagai eksperimen, terutama bagi rumah minimalis yang simpel dan elegan. Selain itu, dalam melakukan tata ruang rumah biarkan imajinasi atau selera individu bebas bermain, dengan demikian hasil penataan tidak monoton dan lebih unik.


9 Tips Beli Rumah Sederhana

Rumah Sederhana merupakan salah satu tipe rumah sangat diminati oleh masyarakat kita. Sebelum membahas tips dan trik untuk membeli Rumah Sederhana diperumahan ada baiknya dimengerti dulu perbedaan antara Rumah Sederhana dan juga Rumah Sangat Sederhana. Secara umum Rumah Sederhana dan Rumah Sangat Sederhana dapat dibedakan dengan :




  1. Luas lahan bangunan Rumah Sederhana dengan tipe d36 adalah 36 m2 sedangkan Rumah Sangat Sederhana dengan tipe RSS 21 memiliki luas bangunan 21 m2.
  2. Letak kamar mandi atau wc pada Rumah Sederhana berada didalam rumah sedangkan untuk Rumah Sangat Sederhana letak kamar mandi berada diluar rumah atau terpisah.
  3. Jumlah kamar tidur pada Rumah Sederhana adalah dua kamar tidur sedangkan pada Rumah Sangat Sederhana hanya mempunyai satu kamar tidur.
Saat ini banyak perumahan Rumah Sederhana yang ditawarkan oleh developer perumahan. Memang rumah merupakan salah kebutuhan yang pokok bagi manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut semua orang ingin membeli rumah yang diimpikan. Dengan banyaknya perumahan Rumah Sederhana yang ditawarkan sebaiknya kita bijak dan teliti dalam memilih Rumah Sederhana yang kita inginkan. Jangan sampai kita salah memilih hanya karena ikut-ikutan dengan orang lain. Setiap orang memiliki pertimbangan-pertimbangan yang berbeda-beda dalam memilih rumah yang tepat bagi diri mereka sendiri.
Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mencari dan membeli rumah sederhana :
  1. Hampir semua orang selalu melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli sebuah rumah. Survey biasanya dilakukan dengan membaca iklan di media cetak seperti koran ataupun tabloid. Media yang tak kalah penting pada saat ini adalah internet. Dengan browsing di internet proses pencarian Rumah Sederhana akan menjadi sangat mudah.Dan yang tak kalah penting dengan melakukan survey langsung kelokasi yang inginkan untuk membeli rumah. Dengan survey langsung anda tidak hanya dapat membanding-bandingkan harga tapi juga dapat melihat langsung suasana dan kondisi perumahan yang inginkan.
  2. Setelah selesai dengan proses survey dan perbandingan harga Rumah Sederhana tentunya anda akan melalukan pengecekan terhadap rumah sederhana yang akan anda beli.
    • Hal paling utama yang selalu dikatakan oleh semua pakar property dalam membeli rumah adalah lokasi. Lokasi yang tepat tidak saja membuat anda puas dengan pilihan anda tapi juga nantinya akan menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Model dan bagusnya rumah selalu menjadi pertimbangan kedua saja. Jika sebuah rumah yang tidak terlalu bagus tapi berada dilokasi yang bagus dan diminati oleh banyak orang, tentunya rumah tersebut dapat direnovasi atau dibangun menjadi bangunan yang lebih bagus.
    • Jika anda merupakan pasangan rumah tangga yang baru atau bahkan yang sudah mempunyai anak-anak kecil, penting untuk diingat untuk mendapatkan rumah sederhana yang berada didalam perumahan karena lingkungan rumah di perumahan relatif lebih aman bagi anak-anak anda untuk bermain. Akan lebih baik lagi kalau perumahan tersebut mempunyai taman bermain. Kalaupun anda terpaksa untuk tinggal dilingkungan yang bukan perumahan, usahakan untuk memiliki rumah sederhana yang mempunyai taman bermain yang cukup untuk anak anda.
    • Hadap rumah juga penting untuk anda perhatikan. Misalnya anda suka panas matahari pagi ada didepan rumah anda tentunya anda sebaiknya memilih rumah yang menghadap ketimur, dan begitu juga sebaliknya jika anda ingin panas matahari sore ada didepan rumah nada sebaiknya anda memilih rumah yang menghadap ke barat.
  3. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai Rumah Sederhana yang akan anda beli, anda bisa datangi langsung kantor pemasaran dari perumahan tersebut. Biasanya kantor pemasaran Rumah Sederhana ada dilokasi perumahan tersebut juga. Dengan mendatangi kantor pemasaran, anda tidak hanya mendapatkan informasi mengenai harga rumah sederhana tapi juga anda bisa mendapatkan penjelasan tentang situasi lingkungannya dan juga bahkan informasi perkembangan harga rumah yang akan beli dimasa akan datang, apakah bisa menjadi investasi yang menguntungkan.
  4. Pengembang perumahan biasanya akan menawarkan rumah yang sudah siap huni dan juga rumah indent. Rumah siap huni relatif disukai karena pembeli sudah bisa melihat langsung bentuk fisik dari rumah yang akan dibeli sedangkan untuk rumah indent, pembeli hanya diberikan brosur atau gambar dari rumah yang akan dibangun. Rumah indent biasanya akan selesai beberapa bulan setelah calon pembeli membayar tanda jadi dan angsuran-angsuran berikutnya. Membeli rumah sederhana indent anda harus sangat teliti dengan spesifikasi yang diberikan, jangan sampai pada saat rumah sederhana telah selesai dibangun ternyata spesifikasinya berbeda.
  5. Untuk harga rumah kita harus, teliti jangan sampai nanti ada biaya-biaya terselubung. Dari awal harus jelas biaya-biaya apa saja yang akan anda keluarkan sampai anda melunasi pembelian rumah sederhana tersebut.
  6. Jika anda memilih untuk memiliki Rumah Sederhana yang siap huni maka biasa akan memerlukan waktu antara 1 sampai dengan 2 bulan setelah akad kredit sampai dengan serah terima rumah tersebut. Biasa waktu 1 sampai dengan 2 bulan tersebut adalah untuk melakukan pembersihan, pemasangan listrik, PAM dan lain sebagainya.
  7. Pengembang yang bagus adalah pengembang yang memberikan jaminan 3 sampai dengan 6 bulan jika ada kerusakan-kerusakan pada rumah sederhana yang anda beli. Sepanjang masa jaminan tersebut cobalah anda teliti terus kekurangan-kekurangan yang mungkin ada di rumah tersebut seperti genteng yang bocor atau juga dinding retak, jangan sampai masa jaminan sudah habis anda baru melakukan komplain.
  8. Untuk menjaga jaminan dari pengembang tetap berlaku sebaiknya anda tidak melakukan renovasi atau perbaikan-perbaikan dengan skala besar, kecuali anda memang sudah siap dengan tidak mendapatkan jaminan dari developer perumahan tersebut.
  9. Nah terakhir� siapkanlah segala sesuatu sebelum anda pindah ke Rumah Sederhana tersebut. Jangan sampai ada pekerjaan yang akan membuat repot jika anda sudah pindah seperti, memasang teralis, pompa air atau juga ngebor sumur. Tentunya pekerjaan tersebut akan relatif mengganggu jika barang-barang anda sudah berada didalam rumah.
Demikianlah sedikit panduan yang mudah-mudahan dapat membantu anda dalam usaha mendapatkan Rumah Sederhana yang anda impikan.

Tips memilih dan membeli rumah idaman di perumahan

Tips memilih dan membeli rumah idaman di perumahan  - Rumah salah satu elemen tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Untuk membeli rumah idaman, kita harus jeli dan pintar dalam menentukan pilihan. Sangat banyak pilihan kawasan perumahan yang ada di indonesia.

tips membeli rumah


Sebelum anda menentukan rumah pilihan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini
  1. Pilih perumahan yang lokasinya bisa dijangkau dari tempat kerja. Akan sulit dibayangkan jika setiap hari, Anda butuh waktu tempuh lebih dari 2 jam untuk sampai ke kantor. Selain boros BBM/biaya perjalanan, juga rugi waktu dan tenaga bukan?
  2. Pilih perumahan yang mudah diakses dari jalur utama. Banyak pengembang memasang iklan yang menyatakan bahwa lokasi perumahannya hanya 10 menit dari gerbang tol/terminal bus. Namun siapa sangka bahwa itu hanya terjadi saat tengah malam saja, dan menjadi 1 jam di waktu siang akibat kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Ceklah terlebih dahulu dengan melakukan uji coba di waktu-waktu yang berbeda.
  3. Pilih perumahan yang memiliki infrastruktur memadai. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda sekeluarga jika pengembang perumahan telah menyiapkan infrastruktur vital seperti jalan, selokan, listrik, air/PDAM, dan fasilitas tambahan seperti taman bermain, sarana olahraga, minimarket, klinik, kebersihan dan keamanan. Terlebih lagi jika penataan infrastruktur tersebut dirancang menyatu di dalam kawasan sehingga mudah dijangkau dari rumah Anda.
  4. Pilih perumahan yang bebas banjir. Bagaimana bisa hidup tenang, jika setiap musim hujan rumah Anda kebanjiran? Maka upayakan untuk memilih lokasi yang bebas banjir sehingga Anda tidak perlu sport jantung setiap musim hujan.
  5. Pilih perumahan yang kualitas bangunan rumah-nya bisa dipertanggungjawabkan. Buat apa beli rumah baru, kalau baru setahun ditempati sudah mengalami kerusakan parah. Buatlah cek list saat memeriksa rumah yang hendak dibeli, mulai dari pondasi, lantai, dinding, kusen, plafon, atap dan sebagainya. Periksa secara teliti sebelum membeli, bila perlu mengajak orang yang menurut Anda ahli di bidang bangunan, daripada menyesal nanti.
  6. Pilih perumahan yang dikelola oleh developer yang kredibel. Ada begitu banyak developer yang bermunculan saat ini. Pilihlah developer yang memiliki kredibilitas baik, sehingga apabila ada keluhan dari pembeli rumah segera merespon dengan baik, bukan malah lepas tangan. Untuk mengetahuinya, jangan sungkan untuk bertanya kepada beberapa pemilik rumah di kawasan perumahan tersebut tentang kualitas pelayanan developer selama ini.
  7. Pilih perumahan yang sesuai dengan tipe kehidupan Anda. Ini bukannya membeda-bedakan derajat manusia, akan tetapi Anda juga perlu memperhatikan karakter lingkungan dari penghuni alias calon tetangga-tetangga Anda. Jangan sampai nantinya Anda merasa kurang nyaman atau bahkan mendapatkan kesulitan akibat hal yang satu ini
  8.  Pilih perumahan yang lokasinya dekat dengan kawasan pendidikan dan perbelanjaan. Anak Anda pasti harus bersekolah dan untuk memasak diperlukan bahan makanan. Nah, upayakan rumah yang Anda beli lokasinya dekat dengan kawasan pendidikan dan pasar, untuk memudahkan saat anak Anda harus pergi ke sekolah dan saat berbelanja kebutuhan dapur sehari-hari.
Itu adalah 8 tips membeli rumah di perumahan yang saya kutip dari www.birobangunan.com yang bisa anda jadikan acuan ketika mau membeli rumah.

source

Follow by Email