Isnin, 28 Disember 2015

Botok Tawon Banyuwangi

Botok Tawon Banyuwangi -  Mengkonsumsi madu yang dihasilkan dari tawon rasanya sudah biasa namun akan menjadi unik jika yang menjadi santapan untuk kuliner kali ini adalah tawonnya sendiri, ya menu masakan yang satu ini merupakan makanan khas jawa timur yang di masak dalam bentuk botok.



Kali ini kita akan membahas salah satu wilayah jawa timur yang menjajakan menu botok tawon, kuliner ini bisa Anda temukan di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Botok Tawon Banyuwangi

Dalam pembuatannya bukan hanya tawonnya saja yang di masak namun juga sarangnya Botok tawon buatan Bu Misnah ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Cara mengolahnya cukup praktis. Irisan sarang dan anak lebah dimasukan pincukan daun pisang, lalu disiram air bumbu adonan lombok, gula merah, asem, tomat, dan bawang merah. Kemudian direbus dalam dandang.

Warung Bu Misnah masih mempertahankan dapur kayu untuk memasak. Jika daun pisang layu kecoklatan, pertanda botok tawon telah matang dan siap disajikan. 1 porsi menu botok tawon harganya bervariasi, antara Rp 5.000 hingga Rp 19.000 tergantung lauk pauk yang dipilih.

Botok tawon Banyuwangi diyakini memiliki khasiat diantaranya :

  • Mengatasi alergi pada obat antibiotik, untuk mengatasi alergi tersebut dibutuhkan larva tawon yang mengandung royal jelly dan biasanya larva tersebut terdapat dalam botok tawon Mengatasi Demam
  • Mengatasi Diare pada anak
  • Mengatasi penyakit asma
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan kesuburan Pria dan Wanita
  • Mengatasi kista pada wanita(Berita Unik)

Nasi Kentut Medan

Nasi Kentut Medan - Nasi Kentut, merupakan Makanan Unik Khas  Medan untuk menu yang satu ini  jangan dibayangkan dulu yah karena sebenarnya tidak ada hubungannya antara bau kentut dengan menu makanan yang satu ini.

Nasi Kentut Medan

Makanan Nasi Kentut biasanya dinikmati dengan aneka lauk seperti  ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Dan sebagai pelengkapnya biasanya di tambahkan  sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau dan pilihan sambal yang lain.


Untuk satu porsi Nasi Kentut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu saja. Sangat pas untuk Anda yang ingin melakukan jalan-jalan kuliner mencicipi makanan yang unik namun dengan harga yang terjangkau.

Lalu kenapa �Kentut� ? penasaran ? inilah jawabannya Nasi Kentut ini sebenarnya hanya nasi biasa pada umumnya  yang diolah dengan  berbagai rempah-rempah dan ditambahkan dengan daun sehingga bercita rasa gurih , daun inilah yang disebut oleh masyarakat setempat  sebagai daun kentut. Dalam penyajiannya daun kentut ada yang di olah bersamaan dengan nasi ada pula yang diolah bersamaan dengan lauknya. Yang pasti daun kentut ini justru menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera makan Anda.



Daun kentut sendiri merupakan tanaman obat yang tumbuh liar, namun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah melancarkan pencernaan.

Daun kentut juga kadang digunakan sebagai lalapan atau makanan yang dicampur dengan berbagai lauk atau dimasak menjadi santapan kuliner yang memiliki cita rasa tinggi.(Hanya di Indonesia)(Berita Unik)

Ahad, 20 Disember 2015

Inilah Sosok 'MacGyver' Saat Ini

Inilah Sosok 'MacGyver' Saat Ini - Sosok yang satu ini jadi pahlawan nomor satu di era 1985 - 1992. Penampilannya memang biasa-biasa saja, tak berotot kekar dan mengenakan kostum ketat di badan. Tapi otaknya encer bukan kepalang. Apapun bisa ia ubah menjadi alat yang menguntungkan untuk keselamatan diri dan kawan. Ya, dialah Angus MacGyver atau biasa dikenal dengan panggilan MacGyver.



Jagoan cerdas ini diperankan oleh Richard Dean Anderson. Bila di era awal 1990-an dulu dia terlihat sebagai sosok yang tegap dan tampan dengan rambut pirangnya, tidak demikian dengan sekarang.



Dalam sebuah foto yang diunggah dalam blog selebriti, Perez Hilton.com, Anderson terlihat termakan usia dengan perut besar dan rambut abu-abu. Ia tidak sendirian karena sesama pemain di film serial itu juga sudah menua. Inilah rangkaian imajinya.(Berita Unik)

Mau tahu Cara Memprediksi Umur Kamu?

Mau tahu Cara Memprediksi Umur Kamu?  Pernah nggak sih kamu berada dalam situasi di mana kamu bertanya dalam hati, sampai kapan ya bisa bertahan hidup? Apalagi kalau kita lagi sendiri. Galau deh!

Baru-baru ini, ada seorang dokter di Brasil berhasil menemukan tes cukup sederhana yang bisa digunakan untuk memprediksi berapa lama usia seseorang.



Dr Claudio Gil Araujo PhD, dokter spesialis olahraga, seperti dilansir dari escaardio.org, menemukan tes yang diberi nama Sitting Rising Test (SRT). Tes ini akan memprediksi usiamu berdasarkan duduk dan berdiri manusia. Menurut dia, ini sudah terbukti dapat memperkirakan kematian seseorang dalam lima tahun ke depan.

Lalu gimana cara kerjanya? Yang pertama kamu harus sediakan alas duduk dan pengaman. Ini berguna supaya kamu nggak terjatuh ketika kamu mesti berdiri nantinya.

Setelah siap, tes akan dimulai dan kamu mesti duduk bersila di atas alas duduk kamu. Nah setelah itu, kamu mesti mencoba untuk berdiri tanpa memikirkan seberapa cepat kamu bisa berdiri. Di sini kamu akan diamati seberapa banyak sih bantuan yang kamu perlukan untuk dapat berdiri? Jika kamu dapat berubah posisi tanpa bantuan, itu artinya kamu mendapat poin 5.

Tapi kalau kamu membutuhkan bantuan, entah itu tangan, jari, atau lutut untuk menopang, maka setiap jenis bantuan itu akan mengurangi nilaimu masing-masing 5 poin. Mendorong badan juga mengurangi poin, lho.(Berita Unik)

Kode Khusus/ Rahasia yg ada di Meteran PLN Prabayar


Apakabar sobat kali ini mchoybloginfo akan memberikan beberapa kode-kode khusus yg ada pada meteran PLN Prabayar kalian
sebagian daari beberapa sobat mungkin ada yg belum mengetahui dan berikut ini kodenya yg akan saya bagi untuk sobat semua

Ternyata ada kode rahasia pada mesin PLN Prabayar loh, 90% penggunanya belum banyak yang tahu. Langsung saja kita simak kode unik PLN Prabayar berikut ini:
0 ENTER =:> Restart Meter (Jika ada gagal/periksa)
3 ENTER =:> Untuk mengetahui Total KWH Listrik yang telah lalu.
7 ENTER =:> Untuk mengetahui batas KWH.
9 ENTER =:> Untuk mengetahui Daya yang digunakan.
69 ENTER =:> Untuk mengetahui Counter Jumlah berapa kali mati.
59 ENTER =:> Untuk mengetahui Jumlah KWH pengisian terakhir.
54 ENTER =:> Untuk mengetahui kode token terakhir.
47 ENTER =:> Untuk mengetahui Daya yang sedang dipakai.
44 ENTER =:> Untuk mengetahui Ampere yang sedang terpakai.
41 ENTER =:> Untuk mengetahui Voltase Listrik.
90 ENTER =:> Untuk mematikan Lampu LED.
123xx ENTER =:> Untuk merubah delay Alarm, Misal 12310 untuk 10 menit.
78 ENTER =:> Untuk mengetahui delay alarm dalam menit.
456xx ENTER =:> Untuk merubah batas minimal alarm, misalnya 45605 untuk 5KWH.
79 ENTER =:> Untuk cek batas minimal alarm.
75 ENTER =:> Untuk Cek ID Meter PLN Prabayar.

Info tambahan :
- Berapa total penggunaan listrik selama ini? Sudah habis berapa kwh? Tekan 03 enter.
- Masih ada berapa Kwh sisa pulsanya? Tekan 37 enter
- Berapa volt tegangannya saat ini? Tekan 41 enter.
- Berapa arus yang mengalir saat ini? Tekan 44 enter.
- Berapa watt daya yang dipakai saat ini? Tekan 47 enter.
- Sudah berapa kali mengalami mati listrik? Tekan 69 enter.
- Terakhir diisi berapa meter? Tekan 59 enter.
- Angka token yang terakhir diisikan? Tekan 54 enter.
- Berapa No. ID meterannya? Tekan 75 enter. (biasanya no ID sudah tertulis pada bagian atas        meteran itu).
- Berapa batas rendah kredit alarm, saat tinggal berapa meter mulai bunyi alarmnya? Tekan 79 enter.
- Tiap berapa menit alarmnya bunyi lagi? Tekan 78 enter.

Suami Setia Rawat Istri Lumpuh selama 57 tahun

Suami Setia Rawat Istri Lumpuh selama 57 tahun - Remaja sekarang banyak sekali menyatakan cintanya kepada orang yang disukainya. Namun, apa sih makna cinta sejati itu? Apakah bisa cintamu mengalahkan cinta seorang suami asal China ini kepada istrinya?



Dikutip brilio.net dari scoopwhoop, Senin (23/11), kisah cinta Du Yuanfa dan istrinya Zhou Yuai benar-benar membuat netizen menitikkan air mata. Selama 57 tahun, Du dengan ikhlas merawat istrinya yang hanya bisa tergolek lemah di kasur akibat penyakit lumpuh yang dideritanya.

Du dan Zhou sudah menikah sejak tahun 1958. Namun baru beberapa tahun menikah, Du harus menerima kenyataan pahit kala tiba-tiba pulang dari bekerja istrinya terbaring lemah di kasur tanpa bisa apa-apa.

"Punggungnya terlalu lemah untuk bergerak, tangannya juga tak mampu mengambil apa pun di sekitarnya. Makanya istriku, aku rawat setiap hari karena dia harus disuapi makanannya termasuk menggendong dia jika ingin ke kamar mandi," ungkap Du.



Du sudah berulang kali ke rumah sakit namun tetap saja diagnosa yang diterima selalu sama. Tak hanya itu saja, penyakit ini membuat istrinya tidak bisa melahirkan seorang anak.

Meski begitu, Du tetap setia di samping istrinya, merawatnya dengan ikhlas hingga sampai 57 tahun. Padahal banyak saudara dan tetangga menyuruhnya untuk menceraikan istrinya karena dianggap menyusahkan. Namun Du tetap teguh pada pendiriannya untuk setia kepada istrinya.

Bahkan demi merawat istrinya, Du rela keluar dari pekerjaannya agar bisa di samping istrinya terus. Kegiatannya setiap hari selain merawat istrinya adalah berkebun mencari berbagai macam tumbuhan herbal untuk diracik menjadi obat untuk istrinya.

Kisah Du dan Zhou ini tentu saja mengundang keharuan bagi netizen. Bahkan pemerintah setempat pun tergerak hatinya datang ke rumah Du untuk membantu pasangan tersebut. Mereka menyediakan bahan makanan, obat, pakaian hingga merenovasi rumah Du yang sangat sederhana.
(Berita Unik)

Ayah dengan Anak Terbanyak

Ayah dengan Anak Terbanyak - Setiap orangtua selalu menginginkan keturunan untuk menjadi penerus generasi. Karena itu tak jarang para orang tua selalu berupaya untuk memiliki keturunan. Soal berapa jumlah anak, itu tergantung kesepakatan. Ada yang memilih cukup dua anak saja. Bagi mereka di zaman sekarang memiliki anak banyak bukan ide yang menarik.

Tapi ada juga yang sebaliknya, justru banyak pasangan memilih punya banyak anak. Masih ingat Keluarga Halilintar yang memiliki 11 anak? Tampaknya, pasangan keluarga ini menganut faham banyak anak banyak rezeki.

Namun, Keluarga Halilintar bukanlah satu-satunya keluarga dengan banyak anak. Sepanjang sejarah dunia, masih banyak keluarga yang memiliki anak hingga ratusan orang. Berikut sembilan �super dad� di dunia yang memiliki keturunan terbanyak yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber.

1. Sobhuza II

Sobhuza II adalah pemimpin terlama sepanjang sejarah Swaziland. Dia memerintah hingga 80 tahun. Selama kepemimpinannya, ia memiliki 70 istri dengan 210 anak. Luar biasa!

2. Augustus II

Kisah sosok yang satu ini memang masih dalam penelitian para sejarawan. Tetapi, sebagai seorang raja di Jerman yang memerintah pada abad ke-17 dan ke-18, Augustus II dikabarkan telah menggunakan uangnya, untuk berpesta dan main perempuan sehingga dia dikabarkan memiliki lebih dari 350 anak.

3. Misheck Doctor Nyandoro

Misheck Doctor Nyandoro, pria asal Zimbabwe memiliki 15 istri dan lebih dari 128 anak. Dia pensiun selama beberapa tahun ketika perekonomian negaranya jatuh.


4. Ancentus �Danger� Akuku

Acentus Akuku, pria asal Nairobi, Kenya ini dikenal sebagai �Danger� karena memiliki 160 anak. Dia menikah lebih dari 100 kali dan 30 kali bercerai. Akuku membangun dua sekolah dan gereja di rumahnya hanya untuk anak-anaknya.

5. Jack Kigongo



Kigongo dilaporkan memiliki 11 istri saat kematiannya pada 2012 silam. Selama 103 tahun hidupnya, Kigongo dikabarkan telah menikahi lebih dari 20 wanita. Dari pernikahannya itu, dia menjadi salah satu ayah dengan anak terbanyak di Afrika yang memiliki lebih dari 158 anak.(Berita Unik)

Gagal Melamar Kekasih Karena Cincin Kekecilan

Gagal Melamar Kekasih Karena Cincin Kekecilan - Dia sebenarnya memang ceroboh atau nggak peduli sih sama aku?" tulis perempuan itu. Wanita mana pun tentu bakal senang dan bahagia jika lelaki yang disayangi memutuskan untuk menikahinya. Apalagi jika prosesi lamarannya dilakukan secara romantis dan disaksikan banyak orang.

Namun tidak demikian dengan pasangan kekasih asal China ini. Kecewa karena ukuran cincin terlalu kecil, sang gadis menolak lamaran pria ganteng yang telah lama menjadi kekasihnya itu.



Dilansir brilio.net dari NetEase, Minggu (20/12), di malam sebelumnya, pria yang tidak diketahui identitasnya itu sengaja menyusun acara lamaran yang dikemas menjadi 'flash mob' di sebuah jalan di Chengdu. Setelah para dancer selesai, sang pria kemudian berlutut dan melamar gadis pujaannya itu. Melihat aksi romantis kekasihnya, sang gadis merasa tersentuh dan menangis bahagia.

Namun kebahagiaan sang gadis kontan buyar ketika cincin pertunangan yang diberikan kepadanya terlalu kecil. Kecewa berat, sang gadis lantas memalingkan badannya tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Kekecewaan si gadis tersebut baru terungkap berdasarkan foto bukti percakapan sang gadis dengan sahabat dekatnya melalui WeChat.



"Tapi dia setuju untuk membelikanku cincin berlian ukuran satu karat. Kenapa cincinnya sangat kecil? Dia sebenarnya memang ceroboh atau nggak peduli sih sama aku?" tulisnya.

Mendengar keluh kesah gadis itu, temannya pun menimpali, "jangan khawatir. Mungkin ukuran yang lebih besar akan diberikan untukmu nanti. Bisa jadi dia tidak menyiapkannya waktu itu."(Berita Unik)

Melukis Pakai Obat Nyamuk

Melukis Pakai Obat Nyamuk - Meninggalkan cara melukis dengan cat minyak, membuat Untung Yuli Prasetyawan (34) menggunakan media lainnya untuk menghasilkan karya lukis. Pria asli Magelang tersebut, menggunakan teknik bakar untuk melukis dengan menggunakan obat nyamuk!

Sejak dulu, pria yang akrab disapa Wawan Geni ini memang terkenal dengan kecintaannya dengan bara api, "Makanya saya dipanggil Wawan Geni, geni dalam Bahasa Jawa artinya api," ujar Wawan kepada brilio.net, Senin (20/10).



Sebelum menggunakan obat nyamuk, Wawan sempat menggunakan dupa, lidi yang dibakar, dan kayu bakar. Namun pada tahun 2003 akhirnya Wawan menemukan formulasi yang paling pas, yaitu memakai obat nyamuk dan rokok. Obat nyamuk yang ujungnya lancip cocok memudahkan untuk melukis detail. Sedangkan rokok untuk menyebarkan api dalam membuat corak.


Wawan bercerita, dia menggunakan rokok hanya sebagian kecil saja ketika dia sedang merokok. Selebihnya dia menggunakan obat nyamuk. Dalam sebulan Wawan bisa menghabiskan antara 15 hingga 20 pak obat nyamuk.

Atas ke-unik-an teknik yang dipergunakan Wawan, akhirnya lukisannya itu mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara. Dia juga pernah menyabet rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) tahun 2006 atas keunikan teknik melukisnya. Kini lukisan Wawan sudah menjadi incaran wisatawan mancanegara.

Pengen tahu seperti apa lukisan Wawan? Lihat aja nih, dijamin bikin kamu terkagum-kagum(Berita Unik)

Sabtu, 19 Disember 2015

Cara mendapat pulsa gratis dari aplikasi Android | Cash Tree


Cash tree, Reward app terpopuler wajib punya yang dimiliki oleh 90% Korean kini hadir di Indonesia!
Cukup install dan kamu bisa dapat Pulsa gratis. Dan yang paling penting, setiap hari selalu ada event-event berhadiah menarik
sobat bisa download aplikasinya disini melalui perangkat androidmu
Cara mendapat rupiah utk ditukar pulsa ke nomor yg terdaftar
- setiapkita buka kunci dengan geser kunci layar kita sdh mendapatkan Rp.10,-
- Kunjungi  website yg ada didaftar castree home klik dan masuk rupiah yg tertera disitu
-down load aplikasi yg tertera dihome castree download lalu setelah rupiahmasuk, uninstal kembali pun  kita tetap dapat rupiahnya
 demikian sekilas infocara mendapatkan pulsa dari android kita
semoga bermanfaat...
senangnya berbagi

Misteri Bahtera Nabi Nuh...Baca Ini dan Sebarkan!



Cerita mengenai Perahu Nabi Nuh yaitu sebuah cerita yang sangat fenomenal dan sangat melegenda. Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Nuh untuk dapat membuat perahu berukuran besar dalam waktu satu hari untuk menyelamatkan manusia dari sebuah musibah banjir bandang yang akan menimpa umat nabi nuh pada waktu itu

Misteri mengenai Perahu Nabi Nuh menjadi sebuah daya tarik para peneliti di seluruh dunia untuk dapat menyelidiki kisah tersebut. Belumlama ini diketahui di daerah Turki Timur, tepatnya di Gunung Agri atau Gunung Ararat yang selalu selimuti salju telah ditemukan sebuah bangkai Perahu/Kapal berusia lebih dari 1500 tahun dan diduga adalah bahtera dari Nabi Nuh. Tak khayal penemuan ini menjadi penemuan terbesar dan berharga yang tercatat dalam sejarah dunia.

Penemuan ini tentunya menarik perhatian para peneliti untuk dapat mengetahui secara mendalam keterkaitan bangkai kapal yang ditemukan dengan peristiwa masa lalu nabi nuh yang melegenda. Tidak hanya para peneliti, namun akhir-akhir ini pihak penyelidik US seperti CIA/KGB tidak mau melewatkan kesempatan untuk dapat meneliti bangkai kapal diatas puncak gunung tersebut. CIA telah melakukan penelitian dengan merekam dan mengambil gambar menggunakan satelit dan pesawat �Stealth� diatas puncak gunung Agrarat tersebut.

sumberinfo

Ahad, 13 Disember 2015

Ibnu Battuta: Sang Penjelajah Dunia

Ibnu Battuta: Sang Penjelajah Dunia - Anak Anda senang berjalan-jalan? Senang berpetualang? Kenalkanlah pada Ibnu Battuta.



Ibnu Battuta hidup pada abad ke-14. Pada usianya yang baru 21 tahun, Ibnu Battuta berkelana selama 29 tahun. Ia telah mengunjungi 44 negara, mulai dari  Afrika, Mesir, Suriah, Persia, Teluk Arab, Anatolia, Turkistan, Afghanistan, India, Maladewa, Srilanka, Bengal, Sumatera, Tiongkok, Sardinia, dan Spanyol.

Perjalanannya ini bertujuan untuk berdakwah. Bukan untuk menguasai dan menjajah daerah yang ia kunjungi. Ibnu Battuta menyebarkan kebenaran di tiap daerah yang ia kunjungi.

Dari petualangannya ini, Ibnu Battuta membuat buku berjudul Ar-Rihlah. Dengan membaca buku ini, kita bisa tahu sisi sejarah Islam yang sekarang sudah tertutupi.


(Berita Unik)

Sabtu, 5 Disember 2015

Mumi Mengerikan Ada di Papua Nugini

Lae - Bukan dibungkus kain dan dimasukan ke dalam peti, mumi di Papua Nugini posisinya duduk di atas tanah. Bentuknya masih utuh dan ada kulitnya, tapi sebagian tengkoraknya terlihat jelas berwarna putih. Rasanya, mereka seperti masih hidup.

Seorang penulis BBC Travel, Lloyd Neubauer menuliskan perjalanannya ke distrik terpencil di Papua Nugini yang bernama Aseki. Lokasinya masuk dalam kawasan Anga, yang berjarak sekitar 250 km dari kota Lae. benar-benar distrik yang terpencil, karena mencari informasinya di internet atau di Google Maps tidak akan ketemu.

Seperti detikTravel lihat di situs BBC Travel, Jumat (4/12/2015) perjalanan Lloyd didasari rasa penasaran terhadap mumi. Siapa sangka, selain Mesir ternyata ada beberapa negara di dunia yang punya Mumi seperti di papua Nugini ini.


Mumi-mumi di Papua Nugini (Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Cerita Mumi di papua Nugini, pertama kali diketahui oleh penjelajah Inggris bernama Charles Higginson. Dia berlayar ke Papua Nugini di tahun 1907, tujuh tahun sebelum dimulainya Perang Dunia I. Dia menyebarkan agama Kristen sekaligus menjelajahi tiap sudut pulaunya. Samapi akhirnya, menemukan mumi-mumi di sana.

Mulai dari situ, cerita mengenai mumi di papua Nugini tersebar ke sulurh dunia. Tapi sayang, informasi mengenai sejarah dan mengapa ada mumi di sana masih jadi misteri. Bahkan ceritanya, beberapa potongan tubuh dan darah si mumi dimakan oleh manusia agar memindahkan kekuatan jenazah yang sudah jadi mumi.

"Itu kebohongan orang kulit putih," ujar Dickson, warga Aseki yang menemai Lloyd.

Kembali ke cerita Llyod, dia akhirnya sampai di suatu pinggiran tebing yang terdapat 14 mumi. Semua muminya berposisi duduk seperti meringkuk, berjejer dan dikelilingi bambu. Begitu melihat dari dekat, apa kata Lloyd.

"Lebih mengerikan dari apa yang saya bayangkan," tulisnya.


Tampak muminya dari dekat (Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Mumi-mumi tersebut terlihat berwarna cokelat, yang mungkin masih merupakan lapisan kulit yang diselimuti tanah liat. Bentuk tubuhnya masih sangat utuh dan komplit. Khusus di bagian kepala, tengkorak berwarna putih sudah terlihat jelas. Lloyd merasa, mereka seperti maish hidup saja!

Proses membuat jenazah menjadi mumi terbilang rumit. Lutut, siku dan kaki pertama-tama disayat dan lemak di dalam tubuh dikeringkan. Bambu ditancapkan ke perut jenazah, agar darahnya keluar. Bagian yang memiliki lubang, seperti mata dan kuping dijahit agar udara tidak masuk ke tubuh jenazah sehingga tidak busuk. Terakhir, barulah tubuhnya ditutupi tanah liat dan diasapi agar menjadi kering dan awet.

Beberapa suku di Papua Nugini percaya, kalau jenazah yang dijadikan mumi merupakan penghormatan tertinggi. Ada lagi yang bilang, lokasi mumi-mumi berada dianggap lokasi yang suci. Tapi yang pasti, belum ada data yang valid yang bisa menjelaskan sejarahnya.

Mumi-mumi di Papua Nugini ini, diyakini berumur 200-300 tahun. Saat Kristen masuk ke Papua Nugini, praktek mumifikasi pada jenazah dilarang. Kemudian di tahun 1975, ketika Papua Nugini Merdeka, pemerintah setempat melarang keras mengubah jenazah menjadi mumi.

Kabarnya, beberapa suku yang tempat tinggalnya terpencil di dalam hutan hingga kini masih melakukan hal tersebut. Sayangnya, kebanyakan mumi di sana tidak dijaga atau dirawat oleh pemerintah. Kalau terjadi badai hebat dan gempa bumi yang dahsyat, mumi-muminya akan hancur.

Cukup sulit untuk melihat dari dekat mumi Papua Nugini ini. Butuh kocek besar dan perjalanan panjang. Dua kata untuk menggambarkan mumi Papua Nugini, mengerikan dan penuh misteri!


(Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Sabtu, 14 November 2015

Download Game Android Gratis Teratas

Gratis Teratas

Gratis baru

Follow by Email