Selasa, 1 September 2015

Efek Fatal Menonton TV 5 Jam Sehari

Saat sedang libur, biasanya kita akan sulit beranjak dari sofa karena adanya maraton serial TV favorit. Walau menonton TV mengasyikkan, tapi batasilah waktunya.

Penelitian di Universitas Osaka Jepang menyimpulkan, menonton TV lebih dari 5 jam setiap hari bisa menyebabkan pembekuan darah yang fatal.

Dalam penelitian tersebut, pria dan wanita berusia 40-79 tahun yang menonton TV lebih dari 5 jam setiap hari, risikonya terkena embolisme paru akibat pembekuan darah dua kali lipat dibanding yang hanya nonton TV 2,5 jam perhari.

Emboli paru adalah penyumbatan pada arteri yang menyuplai darah ke paru-paru sehingga berpotensi menyebabkan kematian paru. Kondisi ini biasanya terjadi karena bekuan darah yang terlepas dari pembuluh darah besar dan beredar ke paru.

"Kaki yang tidak digerakkan selama menonton TV bisa menjadi salah satu penyebabnya," kata salah satu peneliti. Dalam riset tersebut diikuti 86.000 orang di Jepang yang berusia di atas 18 tahun.

Emboli paru juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama dalam penerbangan yang jauh atau mereka yang harus dirawat lama di rumah sakit.


Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: The Telegraph

Follow by Email