Rabu, 2 September 2015

Ingin Menjaga Otak? Mulailah Sedini Mungkin


Tak ada ruginya meluangkan waktu secara rutin untuk berolahraga. Kebiasaan baik itu lama kelamaan akan menjadi gaya hidup yang bisa terus dilakukan sampai tua.

Salah satu manfaat positif dari melakukan aktivitas fisik adalah memiliki kemampuan otak yang tetap prima. Seperti halnya Take Olga Kotelko. Wanita yang hidup sampai usia 95 tahun ini mulai rutin berolahraga saat ia berusia 77 tahun dan memenangkan berbagai medali di usianya yang ke-90 tahun.

Para ahli menemukan bahwa kondisi otak Kotelko lebih besar dibandingkan orang lain yang usianya sama. Pola makan yang sehat dan regimen olahraga yang dilakukannya merupakan resep menjaga kemampuan berpikirnya tetap tajam.

Meski demikian, sebaiknya Anda jangan menunggu sampai usia sudah lanjut untuk berolahraga. Ini karena penurunan fungsi otak tidak terjadi dalam satu atau dua tahun. Para ilmuwan menyebutkan bahwa suplementasi nutrisi dan aktivitas fisik berpengaruh pada kemampuan kognitif di usia tua.

Namun, rutin berolahraga dan juga kecukupan nutrisi seharusnya dimulai sejak muda. "Proses penurunan kemampuan berpikir terjadi lebih dari satu dekade, pemberian suplemen tak akan efektif," kata Dr.Kaycee Sink dari Wake Forest School of Medicine.

Nutrisi yang terbukti berdampak positif pada kemampuan otak antara lain omega-3. Selain lewat suplemen, pola makan yang sehat, seperti mengasup makanan serelia utuh, antikoksidan, protein tanpa lemak, dan minyak zaitun, harus dijalani sedini mungkin.


Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: Medical Daily

Follow by Email