Jumaat, 6 November 2015

Pendaki Temukan Pedang Viking Usia 1.200 Tahun

Pendaki Temukan Pedang Viking Usia 1.200 Tahun - Goran Olsen tengah menikmati kesukannya mendaki gunung di Norwegia. Sampai suatu saat dia terpaksa berhenti di desa nelayan, Haukeli, 150 mil sebelah barat, Oslo.



Melalui jalur yang biasa digunakan pada pendaki, Olsen tak menyangka menemukan sebuah harta karun paling berharga.

Sebuah benda terbuat dari besi sepanjang 30 inchi. Olsen mendapati sebuah pedang. Bukan pedang sembarangan. Benda ini ditaksir berusia 1.200 tahun. Ternyata Olsen baru saja menemukan pedang dari bangsa Viking.

Sebagian orang mungkin berpikir. Pedang setua itu seharusnya sudah hancur di makan zaman. Namun arkeolog Hordaland Country menyebut hanya dengan sedikit gosokan, pedang itu akan kembali mengkilap.

"Pedang ini ditemukan dalam kondisi baik," kata Jonstein Aksdal, arkeolog.

Konservator Per Morter Ekerhocd menambahkan, sangat jarang bisa menemukan pedang viking seusia itu dalam kondisi yang masih baik. "Itu mungkin masih bisa digunakan jika ujungnya kembali diasah," ujarnya.

Kuat dugaan pedang 1.200 tahun itu masih terjaga dengan baik karena gunung diselimuti salju dan es, selama enam bulan setiap tahunnya. Tingkat kelembaban juga hampir tak ada selama musim panas.

Tak ada yang tahu pasti sejarah di balik pedang itu. Namun sejumlah peneliti mulai sedikit menerka-nerka.

"Ketika salju menghilang selama musim semi, kami akan mulai mengecek lokasi penemuan ini," kata Aksdal. "Jika kita bisa menemukan sejumlah objek mungkin makam, mungkin kita bisa tahu sejarah di balik pedang itu," ujarnya.(Unik tapi Nyata)

0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email