Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Botok Tawon Banyuwangi

Botok Tawon Banyuwangi -  Mengkonsumsi madu yang dihasilkan dari tawon rasanya sudah biasa namun akan menjadi unik jika yang menjadi santapan untuk kuliner kali ini adalah tawonnya sendiri, ya menu masakan yang satu ini merupakan makanan khas jawa timur yang di masak dalam bentuk botok.



Kali ini kita akan membahas salah satu wilayah jawa timur yang menjajakan menu botok tawon, kuliner ini bisa Anda temukan di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Botok Tawon Banyuwangi

Dalam pembuatannya bukan hanya tawonnya saja yang di masak namun juga sarangnya Botok tawon buatan Bu Misnah ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Cara mengolahnya cukup praktis. Irisan sarang dan anak lebah dimasukan pincukan daun pisang, lalu disiram air bumbu adonan lombok, gula merah, asem, tomat, dan bawang merah. Kemudian direbus dalam dandang.

Warung Bu Misnah masih mempertahankan dapur kayu untuk memasak. Jika daun pisang layu kecoklatan, pertanda botok tawon telah matang dan siap disajikan. 1 porsi menu botok tawon harganya bervariasi, antara Rp 5.000 hingga Rp 19.000 tergantung lauk pauk yang dipilih.

Botok tawon Banyuwangi diyakini memiliki khasiat diantaranya :

  • Mengatasi alergi pada obat antibiotik, untuk mengatasi alergi tersebut dibutuhkan larva tawon yang mengandung royal jelly dan biasanya larva tersebut terdapat dalam botok tawon Mengatasi Demam
  • Mengatasi Diare pada anak
  • Mengatasi penyakit asma
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan kesuburan Pria dan Wanita
  • Mengatasi kista pada wanita(Berita Unik)