Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kamikiri, Karya Seni Potong Kertas Keren Dari Jepang

foto via Rocketnews24
Narayana 734 - Jepang adalah negeri yang masih menghargai betul karya seni. Rasa-rasanya setiap seniman di Jepang mampu mendorong daya kreatifitas mereka hingga maksimal. Salah satunya adalah Akira Nagaya yang begitu serius dengan seni potong kertas bernama Kamikiri.

Melalui Kamikiri, Nagaya bisa menghasilkan sesuatu yang terlihat begitu cantik dari kertas. Bahkan tak jarang apa yang dia hasilkan seperti benda asli dan mampu membuat siapapun takjub. Mengaku terinspirasi dari seniman Kamikiri bernama Kirishi, Nagaya sudah setia pada seni ini selama 26 tahun lalu.

Sungguh, bahkan sebuah karya seni yang dibuat dari kertas mampu membuat siapapun takjub ya. Dilansir Rocketnews24, intip berbagai karya Kamikiri dari Nagaya yuk.

1. Detail Banget
foto via Rocketnews24
Salah satu ciri khas Kamikiri adalah bagaimana mereka bisa menghasilkan karya yang begitu detail. Semakin tinggi kerumitan sebuah karya maka diperlukan kemampuan kreatif yang begitu kuat. Akira Nagaya tampak paham betul dengan hal tersebut.

Salah satu karya terbaiknya adalah rangkaian kelopak bunga ini. Untuk menggambar rangkaian kelopak bunga ini sudah sangat sulit dan Nagaya sangat teliti serta sabar memotong setiap bagiannya termasuk bagian berlubang di kelopaknya. Sungguh, seperti kelopak bunga betulan kan?

2. Kembang Api
foto via Rocketnews24
Tak hanya benda-benda mati yang bisa dibuat Akira Nagaya melalui berbagai karya Kamikiri dirinya. Nagaya rupanya juga berusaha untuk mengabadikan sebuah moment melalui Kamikiri seperti proses saat kembang api terbakar. Melalui karya ini, kamu bisa melihat detail percikan bunga api.

Nagaya memperlihatkan percikan bunga api yang tampak begitu khas. Selusur panjang kembang api dan bagian-bagian percikan yang tampak liar membuat moment ini tergambar sempurna dalam karyanya.

3. Ikan Yang Lucu
foto via Rocketnews24
Apakah melalui Kamikiri, Akira Nagaya bisa menciptakan karya dengan obyek makhluk hidup? Jawabannya adalah bisa. Lihatlah lima ekor ikan mas koki yang dibuat oleh Nagaya ini. Jika melihat secara sekilas, mungkin kamu akan menduganya sebagai lima ekor ikan betulan.

Namun coba kamu perhatikan, ini adalah Kamikiri. Nagaya membentuk badan ikan itu sangat detail sampai bagian ekor yang berumbai. Bahkan untuk menambah kesan hidup, Nagaya memberikan gelombang air yang sangat indah. Tak berpikir ini dari kertas kan?

4. Daun dan Bayangan
foto via Rocketnews24
Kendati sempat dikenal sebagai seniman Kamikiri yang identik dengan karya ikon anime, sepertinya kini seniman berusia 47 tahun ini mencoba lebih luas dengan mencoba menghasilkan berbagai karya dari alam bebas. Daun ini adalah contohnya.

Akira Nagaya mencoba menggambarkan bayangan dari sebuah daun. Lagi-lagi dia membuatnya dari gambar daun yang dipotong begitu detail sehingga sampai bagian tulang daun terlihat begitu jelas. Hmm, sepertinya untuk membuat ini tidak semudah yang dipikirkan ya.

5. Pria Marah
foto via Rocketnews24
Sebagai orang Jepang, karya Kamikiri milik Akira Nagaya memang kerap menggambarkan budaya Jepang. Seperti yang satu ini. Nagaya seakan ingin memperlihatkan seperti apakah kabuki itu. Kendati dengan perubahan jaman seperti ini, penampilan kabuki sudah menjadi hal yang jarang, Nagaya mampu menampilkannya dengan maksimal.

Sejatinya untuk menggambar kabuki saja cukup sulit, Nagaya malah bisa membuat Kamikiri dari sosok tersebut. Sungguh, tampak kabuki ini benar-benar menunjukkan emosi yang terlihat sangat jelas ya.

6. Kaligrafi Jepang
foto via Rocketnews24
Salah satu karya seni Jepang yang sangat menonjol dan bisa dilihat adalah mengenai tulisan khas mereka. Jepang memang masih berpegang teguh pada budaya tulis-menulis dengan huruf-huruf kanji atau hiragana. Dan Akira Nagaya tampak begitu bangga dengan tulisan tradisional negaranya.

Salah satu Kamikiri terbaik Nagaya adalah saat dia menghasilkan kaligrafi Jepang ini. Nagaya menulis dengan sepenuh hati sehingga goresannya terasa jelas. Lalu dipotong dengan membiarkan bagian detail terlihat. Sungguh, luar biasa kan?

Kapanlagi