Isnin, 17 Oktober 2016

Ini Dia Film Animasi "Warak and Friends" Karya Miftah Irfan Nugroho ,24 Tahun Yang Berharap Hasil Karyanya Bisa Menjadi Maskot Kota Semarang.

Ini Dia Film Animasi "Warak and Friends" Karya Miftah Irfan Nugroho ,24 Tahun Yang Berharap Hasil Karyanya Bisa Menjadi Maskot Kota Semarang.

SEBARKANBERITA



SEMARANG - Biaya besar dan rumitnya pembuatan animasi tidak menyurutkan niat Miftah Irfan Nugroho (24) membangun sebuah perusahaan startup berbasis animasi. Bersama teman-temannya, ia mendirikan Pelayanan Kreatif Studio sejak 2013.

Tujuan mendirikan studio animasi itu sebagai studio utama menampung pegiat animasi. Harapannya, jelas memajukan dunia animasi Indonesia, khususnya Kota Semarang. "Jangan tanya soal biaya. Karena animasi butuh dana besar, saat ini dananya masih dari saya semua. Kami kan butuh makan sehari-hari," kata pria yang juga bekerja sebagai desainer grafis tersebut.

Ia bercerita awal mula ketertarikannya dengan animasi sejak duduk di SMA. Miftah sempat bingung cara belajar animasi karena minimnya sekolah animasi di Kota Semarang. Akhirnya, ia pun belajar animasi secara otodidak mulai 2008 hingga 2013. Pada 2013, ia bertemu dengan teman-teman satu visi dan akhirnya mendirikan studio animasi.

Sebagai langkah awal tentunya mencari dana. Pada awal terbentuk hingga 2015, studionya menggarap berbagai proyek animasi untuk perusahaan. Timnya menggarap kebutuhan animasi perusahaan swasta hingga membuat maskot sebuah perusahaan.

Informasi yang berhasil di kutip oleh tim sebarkanberita.com bahwa tidak hanya perusahaan, studionya pun membuat animasi untuk event hingga produk. Namun pada 2016, studionya fokus mengembangkan intelektual properti atau produk orisinalnya yaitu animasi 3D Warak and Friends.

Animasi Warak and Friends itu bisa dinikmati di channel Youtube. Ia berharap animasinya dilirik Pemkot Semarang dan jadi maskot Kota Semarang.

Miftah menyatakan dunia animasi itu berat. Banyak studio animasi yang tutup karena merugi. Hasil karya tidak bisa menutup ongkos produksi. "Saya saja sekarang kerja sebagai desainer grafis tiga hari, sisanya untuk garap animasi," jelasnya.

Dijimedia dan Crocodic Studio yang berbasis di Kota Semarang diantaranya. Dijimedia adalah perusahaan startup yang melayani pembuatan desain presentasi, infographic dan desain grafis.

Mereka sering mengerjakan desain presentasi perusahan minyak di Amerika, agensi digital di Australia, dan beberapa perusahaan di Eropa. Sedangkan Crocodic fokus pada mobile apps developer.

Berikut ini salah satu videonya :




0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email