Selasa, 4 Oktober 2016

Mau Rice Cookermu Awet dan Tahan lama? Simak Tips Berikut ini yuk Girls !

Mau Rice Cookermu Awet dan Tahan lama? Simak Tips Berikut ini yuk Girls !

SEBARKANBERITA


Mau Rice Cookermu Awet dan Tahan lama? Simak Tips Berikut ini yuk Girls !

sebarkanberita.com - Rice cooker merupakan salah satu alat masak yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan rice cooker pekerjaan menanak nasi akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun meskipun begitu, kita tidak bisa menggunakan rice cooker dengan sembarangan, karena hanya dengan kesalahan kecil saja akan membuat rice cooker menjadi cepat rusak serta tidak bisa digunakan lagi.

Nah, untuk menghindari hal seperti itu maka anda harus rutin membersihkan dan merawat rice cooker yang anda miliki, karena dengan perawatan yang baik akan membuatnya lebih awet serta berumur panjang.

Lantas seperti apa merawat rice cooker agar awet dan tahan lama?



Hindari mencuci beras menggunakan panci rice cooker

Biasanya banyak orang yang selalu mencuci atau membersihkan beras yang akan dimasak dengan menggunakan panci rice cooker itu sendiri. Namun, perlu kita ketahui kebiasaan tersebut dapat mengikis lapisan anti lengket yang ada pada panci, sehingga dengan begitu ketika memasak nasi kemungkinan besar akan menjadi lengket.

Cabut atau lepaskan stop kontak jika rice cooker tidak digunakan

Ketika anda selesai memasak atau menghangatkan nasi, maka alangkah lebih baiknya jika anda mencabut stop kontak. Ketika anda berniat untuk membersihkannya, maka pastikan rice cooker dalam keadaan dingin atau tidak panas.

Masak nasi sesuai kapasitas rice cooker

Agar rice cooker yang anda miliki tidak cepat rusak atau lebih tahan lama, maka pastikan anda memasak nasi sesuai dengan takaran yang ada dalam petunjuk. Jangan berlebihan memasak nasi dengan menggunakan rice cooker karena akan menyebabkan nasi susah matang serta meluber keluar, yang mana hal itu akan membuat rice cooker menjadi cepat rusak.

Biasakan selalu cek penampung uap air

Hal yang harus anda perhatikan yaitu, memastikan bahwa anda selalu mengcek penampung uap air yang ada pada rice cooker. Jika ada air di dalamnya maka segeralah untuk membuangnya, karena jika membiarkannya selama berhari-hari akan menyebabkan atau menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga nasi yang anda masak kelezatannya akan berkurang.

Cuci panci rice cooker dengan baik dan benar

Ketika mencuci panci rice cooker tentunya kita harus berhati-hati, hal ini bertujuan untuk membuat atau menjaga agar lapisan anti lengketnya tidak terkelupas dan rusak. Cara yang baik dan benar mencuci panci rice cooker yaitu, siapkan air hangat secukupnya. Lalu rendam panci rice cooker yang akan anda bersihkan di dalam air hangat tersebut. Diamkan beberapa saat sampai sisa nasi yang menempel pada permukaan dalam menjadi lunak. Setelah itu, gunakan sponge untuk membersihkan panci tersebut. Jika sudah, anda bisa langsung mengeringkannya dengan menggunakan kain lap.

Bersihkan badan rice cooker

Selain bagian dalam yang harus dibersihkan, anda juga harus membersihkan bagian luar rice cooker itu sendiri. Cara membersihkan badan rice cooker cukup mudah, anda hanya perlu lap basah untuk membersihkan debu dan segala kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan dengan mengangin-anginkannya agar badan rice cooker bersih dengan sempurna.



0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email