Sabtu, 30 April 2016

4 Mimpi Manusia Yang Paling Menggemparkan di Dunia

1. Kimiawan Jerman, F.A.Friedrich Augustkekul
http://www.didunia.net/
Mimpi Manusia Yang Paling Menggemparkan di DuniaSuatu hari di musim dingin tahun 1864, kimiawan asal Jerman, F.A Friedrich Augustkekul von Stradonitz (829-1896) duduk mengantuk di depan tungku dinding, atom-atom dan molekul-molekul mulai berdansa (bergerak) dalam halusinasi, se-ikatan atom karbon bagaikan ular menggigit erat ekornya sendiri dan berputar-putar di depannya.Seketika setelah sadar dari tidurnya, Friedrich akhirnya mengerti ternyata molekul benzena itu adalah sebuah rantai. Semua bukti yang ada menunjukkan molekul benzena itu begitu simetris, 6 buah atom karbon dan 6 atom hidrogen berurut sempurna secara simetris, serta membentuk molekul yang stabil. Puluhan tahun sebelumnya, para ilmuwan masih belum mengetahui strukturnya secara pasti. Atas penemuannya yang tak terduga ini, ia dikenal sebagai �dewa cincin� karena berhasil mengungkapkan bagaimana 6 atom karbon molekul benzena berikatan dengan 6 atom hidrogen.

2. Ahli kimia Rusia Dmitry Ivanovich Mendeleyev
February 1869, ini berhubungan dengan konstitusi dunia kimia, struktur tabel periodik. Waktu itu sudah ditemukan 63 jenis elemen, tanpa terelakkan ilmuwan harus mempertimbangkan, apakah dunia alam itu memiliki hukum tertentu, agar supaya elemen tersebut bisa secara berurut dibagi dalam berbagai kategori, dan memainkan fungsinya masing-masing? Profesor kimia yang berusia 35 tahun, Dmitry Ivanovich Mendeleyev berpikir keras mengenai masalah ini, dan dalam kelelahannya ia terbenam ke alam mimpi.
Dalam mimpinya itu ia melihat sebuah daftar, dan secara berturut-turut unsur-unsur itu jatuh ke dalam petak yang sesuai. Setelah bangun ia segera mengingat ide rancangan daftar tersebut: karakter elemen itu bertambah mengikuti nomor urut atau tabel atom, memperlihatkan perubahan yang teratur.
Dalam daftarnya, Dmitry Ivanovich Mendeleyev menyisakan kolom kosong terhadap elemen yang belum diketahui, dan dalam beberapa tahun sesudah itu, 11 jenis elemen yang diprediksikannya secara berturut-turut ditemukan, dan secara teratur menetap ke dalam tabel periodik, khususnya helium, neon, krypton, xenon dan radon yang belakangan ditemukan yang memberi tambahan kategori yang baru pada struktur tabel periodik, berbagai macam karakter cocok secara mengejutkan dengan prediksinya. Dan dunia elemen jelas sudah dengan sekali pandang, ia tak ubahnya seperti sebuah peta besar, dan riset kimia di masa yang akan datang semuanya akan tergantung pada gambar petunjuk ini.

3. Ahli biologi dari Austria, Otto Loewi (1873-1961)
Malam sebelum hari kebangkitan Isa Almasih tahun 1921, ahli biologi Austria yakni Otto Loewi sadar dari mimpinya, ia mengambil secarik kertas dan tanpa sadar menulis sesuatu, lalu terkulai dan tertidur lagi. Pada pukul 6 pagi keesokan harinya, tiba-tiba teringat dirinya kemarin menulis sesuatu yang sangat penting, namun, ia tidak mengerti dengan simbol gambar yang ditulisnya sendiri. Untungnya, pada hari kedua pukul 3 dini hari, pemikiran baru yang telah berlalu itu kembali lagi, yaitu sebuah metode rancangan percobaan, bisa digunakan untuk membuktikan apakah hipotesa itu benar terhadap hal yang dikemukakan Otto Loewi pada 17 tahun silam.
Loewi bergegas bangkit dari ranjang dan segera ke laboratorium, menyembelih 2 ekor kodok, jantung kodok itu dikeluarkan dan direndam ke dalam garam fisiologis, salah satu kodok yang pertama itu membawa saraf kelana, sedangkan kodok yang kedua tidak. Dengan menggunakan elektroda Loewi merangsang saraf kelana pada jantung kodok pertama agar denyut jantungnya menjadi lamban, beberapa menit kemudian air garam yang merendamnya itu dialihkan ke dalam wadah tempat jantung kodok nomor dua, dan hasilnya denyut jantung kodok nomor dua juga menjadi lamban.
Hasil percobaan tersebut menunjukkan, bahwa saraf tidak secara langsung berefek pada otot, melainkan melalui pelepasan zat kimia, ketika saraf kelana pada jantung kodok pertama itu mendapat rangsangan menghasilkan zat-zat tertentu, mereka atau zat-zat itu larut dalam air garam dan menimbulkan efek terhadap jantung kodok nomor dua. Demikianlah penyebaran kimia dari impuls syaraf diketahui, ia telah membuka sebuah bidang riset yang baru, sekaligus membuat Loewi memperoleh hadiah nobel fisiologi dan ilmu kedokteran tahun 1936.

4. Bangsa Amerika bernama Illyas Hall menemukan mesin jahit
http://www.didunia.net/
Realitas atas penemuan sesuatu dari pemikiran yang terinspirasi melalui mimpi tidaklah sedikit, berikut ini adalah sebuah contoh yang sangat terkenal. Sebab mimpi ini membuat kerja manual berubah menjadi mekanis, lagipula hingga sekarang digunakan di seluruh dunia, karena itu orang-orang selalu mengingatnya.
Sebelum menghasilkan pakaian secara industrial, jarum jahit yang ada dalam pandangan semua orang adalah sama yakni lubang benang dimasukkan pada ujung mata jarum, dengan demikian, ketika jarum menembus masuk ke kain, benangnya baru bisa masuk. Bagi penjahit manual ini tidak ada masalah, namun, mesin jahit industri perlu membuat agar benang menembus dulu ke kain. Para penemu atau pencipta waktu itu menggunakan jarum ganda atau cara polijarum, namun, tidak efisien.
Pada tahun 1940-an, seorang bangsa Amerika bernama Illyas Hall dalam kebingungannya karena tidak bisa menyelesaikan masalah itu akhirnya tertidur, dan dalam tidurnya bermimpi bertemu dengan sekelompok manusia liar hendak memenggal kepalanya atau memasaknya untuk dimakan. Seluk beluk mengenai hal ini terdapat versi yang berbeda, pendek kata berada dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan, dengan sekuat tenaga hendak keluar dari kuali atau menghindari parang, namun, oleh para manusia liar itu ia diancam dengan tombak panjang, tepat di saat itu ia melihat lubang di ujung tombak itu.
Karena mimpi itu, ia memutuskan meninggalkan cara menjahit dengan tangan karena ada alasannya. Ia merancang lubang jarum yang pada tahun 1845 contoh pertama mesinnya diperkenalkan, kecepatan mesin bisa menjahit 250 jarum per menit, lebih cepat dibanding beberapa penjahit profesional, dan mesin jahit untuk industri yang benar-benar efisien akhirnya terwujud.

Sebenarnya, semua orang tidak asing lagi dengan yang namanya mimpi, namun konon katanya, hanya ingatan mimpi-mimpi yang sangat jelas baru bisa bertalian erat dengan pemimpi.
Sedangkan mimpi-mimpi yang membingungkan tidak mengandung nilai pertimbangan apa pun.
Dikarenakan mimpi menjadi sukses sehingga ke-4 orang tersebut di atas benar-benar membuat orang iri, sebenarnya dari manakah mimpi itu?

Sumber:terselubung.blogspot.com

10 Tempat Nyata di Bumi Yang Mengerikan


Bumi adalah tempat yang misterius. Bagaimana tidak, di seluruh semesta ini ada begitu banyak lokasi-lokasi yang tak pernah dipikirkan oleh manusia itu ada tapi rupanya nyata.
Ya, dengan luas pemandangan terbujur jutaan kilometer, tak heran jika begitu banyak lokasi-lokasi di bumi ini yang dianggap begitu indah. Namun hal itu tak memungkiri jika ada lokasi yang menjadi mimpi buruk lantaran begitu mengerikan.


Seperti apa maksud dari mengerikan itu? Itu karena pemandangan yang ada di sana aneh. Tapi percayalah, tempat-tempat seperti itu memang ada di dunia ini. Seperti apa pemandangannya? Intip berikut ini.
1. Truk Laguna
Truk Laguna
Laguna Truk (Truk Lagoon) berlokasi di lepas pantai Mikronesia yang berada di bawah perairan tropis. Lokasi ini adalah salah satu kuburan kapal terbesar di dunia. Bahkan saat Perang Dunia II, Jepang memilih Truk Lagoon sebagai salah satu markas di kawasan Pasifik Selatan. Namun kini, perairan ini menjadi menakutkan lantaran adanya ratusan bangkai kapal di dalamnya. Dengan posisi laguna yang dikelilingi bukit karang, bangkai-bangkai kapal di sini bahkan masih utuh (termasuk dengan kerangka manusia) yang harus didatangi penggemar lokasi angker.
2. Gerbang Neraka
Gerbang Neraka
Derweze adalah desa kecil di utara Turkmenistan. Berlokasi di tengah gurun dengan hanya berisi 350 orang, cukup membuat Derweze tak menarik jadi tempat populer. Namun tahukan kamu, di tempat itulah Gerbang Neraka (lubang dengan kedalaman 70 meter yang telah terbakar lebih dari 40 tahun) berada. Lagipula, memang siapa yang mau masuk ke dalam lubang mengerikan ini? Tapi percayalah, lokasi ini nyata!
3. The Afar Depression
The Afar Depression
Bayangkan, jika bumi yang kamu pijak ini sebetulnya bergerak, maka sepertinya akan ada jurang yang tiba-tiba muncul. Dan itu yang terjadi di Afar Depression yang terletak di Afrika Timur ini. Afar Depression adalah salah satu dari dua tempat di bumi ini di mana dua lempeng tektonik bertemu dan menjadi lokasi geologis paling aktif di dunia. Area ini sebetulnya adalah rumah bagi salah satu danau lava terbesar di dunia yang tentunya penuh api panas dan mengerikan untuk dikunjungi.
4. Tambang Hodge Close
Tambang Hodge Close
Tepat berada di jantung Inggris, ini adalah salah satu tempat alam yang mengerikan di bumi. Tambang Hodge Close adalah tambang yang sudah tutup dan baru-baru ini digunakan sebagai tempat menyelam dengan jaringan goa yang hanya bisa dicapai dari luar dengan bagian bawah air yang sudah 'memakan' begitu banyak korban jiwa. Seakan kurang seram, tambang ini diselimuti kabut dingin dengan suhu air rata-rata 6 derajat Celcius. Anehnya, ketika lokasi ini difoto dari atas ketika air surut, tambang ini tampak seperti tengkorak.
5. Namaskaro
Namaskaro
Namaskoro adalah wilayah di Islandia yang terletak di dasar gunung Namatjall (salah satu dari sekian area vulkanik di sana). Faktanya, seluruh area di isini merupakan pusat dari aktivitas panas bumi yang menawarkan pemandangan suram di dunia ini. Ditutupi oleh kolam lumpur didih dengan zat sulfur, tak heran jika tempat ini dipenuhi oleh uap gas vulkanik. Dengan pemandangan mengerikan, Namaskoro bahkan mendapat julukan sebagai Gerbang Menuju Valhalla.
6. Taman Nasional Tsingy de Bemarah
Taman Nasional Tsingy de Bemarah
Taman Nasional Tsingy de Bemaraha di Madagaskar adalah salah satu tempat teraneh di bumi yang ahrus kamu lihat. Seluruh lokasi ini terdiri dari bebatuan menonjol dari tanah yang bahkan sampai setinggi 120 meter. Ratusan bahkan ribuan batu di sini dianggap sebagai pisau cukur tajam yang mengerikan. Berminat untuk melakukan kunjungan di sini?
7. Gletser Perito Moreno
Gletser Perito Moreno
Gletser Perito Moreno ini adalah lembaran es yang memiliki luas hampir 250 kilometer persegi. Menjadi lembaran es dengan puncaknya yang menjulang tinggi dan dikelilingi jurang dalam cukup membuat lokasi ini mencekam. Terdiri dari es, tak heran tempat ini menjadi salah satu sumber air murni terbesar di bumi yang tentunya pasti dingin. 
8. Danau Biru
Danau Biru
Danau Biru yang terletak di Rusia. Terdiri dari serangkaian goa-goa di bawah air membuat tempat ini misterius. Apa yang membuatnya menjadi berwarna biru terang bersinar? Tak lain karena tinggi hidrogen sulfida yang terkandung di dalam air. Danau ini dianggap mengerikan karena meski sudah mencapai kedalaman 250 meter, danau itu belum tampak dasarnya. Sehingga banyak orang percaya bahwa dasar danau ini sebetulnya adalah goa juga.
9. Goa Gomantong
Goa Gomantong
Goa Gomantong adalah satu dari sekian jajaran goa di Malaysia yang menjadi rumah dari ratusan kelelawar dan walet. Diperkirakan bahwa lebih dari dua juta kelelawar tinggal di Gomantong. Untuk sampai bagian dalam, kamu harus melewati jutaan populasi kecoa, tikus, bahkan ribuan kelabang yang membuat siapapun bergidik masuk ke dalamnya. Kecuali mungkin Christian Bale saat berkostum Batman.
10. Taman Nasional Madidi
Taman Nasional Madidi
Taman Nasional Madidi meliputi kawasan yang beradai di antara pegunungan Andes dan sungai Tuichi di Bolivia yang seluruh kawasannya beracun. Lokasi ini memang mengerikan karena mereka yang bisa mencapai daerah ini bisa saja dihinggapi oleh larva lalat di tubuh. Bahkan seorang fotografer Joel Sartore yang mendatangi tempat ini pada tahun 1999 langsung didiagnosis mengidap Leishmaniasis, yakni parasit pemakan daging setelah digigit lalat pasir. Membayangkan saja sudah mengerikan.
Sumber: terselubung.blogspot.com

10 Fakta Fakta Unik Tentang Bumi




1. Gempa terkuat 
Sepanjang sejarah manusia, gempa terkuat yang pernah tercatat adalah 9,5 SR yang terjadi Chile pada 22 Mei 1960, menurut US Geological Survey (USGS).

2. Terpanas
Tempat terpanas di muka bumi ada di El Azizia, Libya. NASA Earth Observatory mencatat, daerah ini pernah dilanda suhu hingga 57,8 derajat Celcius pada 13 September 1922.

3. Terdingin
Mungkin anda berpikir jika 'penghargaan' tempat terdingin di bumi jatuh kepada Antartika yang memang terkenal sangat dingin hingga suhu bisa mencapai minus 73 derajat C. Tapi, suhu lebih rendah pernah tercatat di Vostok Station, Rusia. Pada 21 Juli 1983 suhu di tempat ini mencapai minus 89,2 derajat C.

4. Punya dua bulan
Bumi mungkin pernah punya dua bulan. Satu bulan kecil berdiameter sekitar 1.200 km pernah mengitari bumi sebelum bertumbukan dengan bulan yang kita ketahui saat ini. Bentrokan ini bisa menjelaskan dua sisi wajah bulan kita yang berbeda.

5. Ukuran 
Rumah kita ini memiliki ukuran 'pinggang' yang cukup lebar. Jika mengukur garis khatulistiwa, Bumi memiliki diameter 24.901 mil atau 40.075 kilometer.

6. Selalu bergerak
Anda merasa sedang berdiri dan tak bergerak. Tapi, sebenarnya manusia ikut bergerak cepat mengikuti rotasi bumi. Kecepatannya, tergantung anda berada di mana. Orang yang tinggal di garis khatulistiwa bisa bergerak paling cepat, bisa lebih dari 1.000 mil atau 1.600 kilometer per jam!
Orang yang tinggal di kutub tak bergerak. Bayangkan jika anda memutar bola basket di ujung jari anda. Titik bola yang ada di ujung jari anda hanya berputar di jari anda saja.
Tak hanya bergerak di porosnya, bumi juga mengitari matahari. Kecepatannya pun lumayan: 107.826 km per jam.

7. Tua

Ilmuwan memperkirakan usia bumi dengan menghitung umur batu tertua di planet ini dan meteorit yang ditemukan di bumi. Meteorit dan bumi terbentuk di waktu yang sama, saat sistem tata surya terbentuk. Hasilnya: bumi berusia 4,54 miliar tahun. Batu tertua yang diketahui bernama Nuvvuagittuq Belt di pesisir Teluk Hudson, Kanada. Usia bebatuan ini berumur sekitar 4,28 miliar.

8. Batu berjalan
 Bebatuan bisa berjalan di bumi, setidaknya mereka bisa berjalan di Racetrack Playa, Death Valley. Di sini, badai bisa memindahkan bebatuan yang kadang beratnya bisa puluhan hingga ratusan pound, Menurut peneliti Badan Antariksa AS (NASA).

9. Danau Meledak
Di Kamerun dan perbatasan Rwanda dan Republik Demokratik Kongo ada tiga danau mematikan: Nyos, Monoun dan Kivu. Ketiganya adalah danau kawah yang duduk di atas bumi vulkanik. Magma di bawah permukaan melepaskan karbondioksida ke danau. Karbondioksida ini bisa dilepas ke udara dalam bentuk ledakan. Siapapun yang lewat bisa lemas karena sesak napas dan kekurangan oksigen.

10. Gempa bulan 
Bulan sebagai satelit bumi juga dilanda gempa. Meski gempa di bulan lebih jarang dibanding gempa di bumi. Menurut ahli, gempa di bulan berkaitan dengan pasang surut jarak bumi dan bulan. Gempa di bulan juga biasanya terjadi di kedalaman, tengah-tengah permukaan dan pusat
bulan.

Sumber: http://always-0n.blogspot.com

Follow by Email