7 Alat Kebugaran Canggih yang Menjanjikan di Tahun 2018
7 Alat Kebugaran Canggih yang Menjanjikan di Tahun 2018

G+

Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring perkembangan teknologi, sejumlah alat kebugaran juga mengalami perubahan. Beberapa di antaranya kini dilengkapi peralatan digital dan sensor gerak.

Sejumlah alat kebugaran dengan perangkat digital dan sensor memberi banyak kemudahan yang menjanjikan di 2018, dari mulai helm digital hingga sepatu sensor. (Foto: Alex Mihis via Pexels)

Baru-baru ini dalam sebuah konferensi Consumer Electronic Show di Las Vegas, AS, sejumlah perangkat canggih dikenalkan dan dinilai akan menjanjikan di 2018. Selain memberi kemudahan, di dalamnya juga terdapat perangkat yang memanjakan saat melakukan aktivitas.

Di antara alat kebugaran tersebut, ada jam tangan yang dilengkapi pengukur tekanan darah, sepatu dengan sensor gerak serta helm digital yang memungkinkan si pemakai bisa mendengarkan musik atau terhubung dengan panggilan telpon saat beraktivitas. Dilansir dari LA Times, berikut beberapa di antaranya:


1. Jam pengukur tekanan darah 

Dengan dilengkapi perangkat khusus, jam tangan keluaran Omron HeartGuide ini memiliki pengkur tekanan darah. Alat ini menyediakan teks dan notifikasi email serta dapat juga mengukur kualitas tidur, langkah dan pergerakan. Belum dapat persetujuan FDA, tapi dikabarkan Omron mengagendakan HeartGuide akan tersedia pada sekitar Juni depan.

2. Skateboard pintar 

Keberadaan skateboard elektrik ini memberi kemungkinan berat badan mengontrol kecepatan dan rem. Di dalamnya tersedia perangkat lampu hijau di bagian depan, serta merah untuk memperlambat atau berhenti di bagian belakang. Maksimum kecepatan 20 meter per jam dan menjangkau 10 mil sekali jalan. Mulai dipasarkan Maret depan seharga US$599 (Rp8 jutaan), di starkmobility.com.

3. Helm digital 

Dengan menggunakan teknologi 'bone-conduction', helm keluaran Coros Omni Smart dilengkapi perangkat yang memungkinkan untuk mendengar musik, panggilan telpon, dan navigasi suara di bagian wajah, serta meminimalisir suara bising. Dengan berbagai perangkatnya itu dilabeli dengan harga US$199 (Rp2,6 juta), di Coros.com.

4. Game fitness VR 

Demi memotivasi latihan kebugaran, The Black Box mengeluarkan headset dengan virtual reality yang akan memberikan permainan memacu aktivitas mengeluarkan keringat jadi lebih menyenangkan.

5. Lampu sepeda otomatis

Jika sebelumnya sepeda kerap bermasalah dengan lampu, yang satu ini akan menyesuaikan diri dengan menyala sesuai gerakan sepeda itu sendiri. Perangkat ini masih dalam proses paten, dan crowdfunding. Produk disebutkan akan diluncurkan pada November mendatang seharga US$79 (Rp1 juta), di esimi.co

6. Headphone pintar 

Headphone pintar ini dilengkapi dengan sensor EEG yang mendeteksi aktivitas otak. Pembuatnya Jacob Flood mengatakan orang kerap susah fokus pada aktivitas yang dilakukan dan butuh sekitar 20 menit untuk kembali fokus ketika sekali kena distraksi. Alat ini kemudian dikabarkan diluncurkan pada Mei depan di harga US$350 (Rp4,6 juta), di thinkmindset.com. 

7. Sepatu bersensor

Meski sekilas berbentuk seperti sepatu biasa, keluaran produk kolaborasi Sensoria asal AS dan VivoBarefoot asal Inggris ini dilengkapi empat sensor. Di dalamnya dapat menangkap berapa jumlah kalori yang dibakar saat mengenakan sepatu, jumlah langkah, dampak yang dilakukan saat berjalan, jarak serta akibat yang ditimbulkannya. Perangkat di sepatu ini juga dapat mengirimkan getaran pada kaki kanan atau kiri untuk memberi arahan sesuai rute jalan yang diprogramkan. Sepatu ini disebutkan akan keluar pada September depan, belum ada harganya, dapat dicek di vivobarefoot.com. (rah)
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180202225052-282-273525/7-alat-kebugaran-canggih-yang-menjanjikan-di-2018