Rabu, 13 Oktober 2010

Cara Untuk Menjaga Semangat

Dalam hidup ini sudah menjadi hal yang biasa ketika kita dirundung rasa malas. Rasa malas ini ada berbagai macam, dari mulai malas bangun pagi, malas mandi, sampai malas berjuang untuk menggapai impian. Sudah pasti rasa malas ini akan mengganggu kinerja serta kegiatan kita sehari-hari.

Agar rasa malas ini tidak mengganggu dan menguasai kita, tentunya ada berbagai macam cara untuk meminimalisirnya. Setiap individu pasti mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa malas mereka. Nah, disini saya akan berbagi tips cara saya dalam mengatasi rasa malas yang sering muncul di diri saya. Begini caranya:

- Refreshing
Terkadang rasa malas bisa ditimbulkan karena rasa lelah setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Rasa lelah ini bila dibiarkan berlarut-larut tentunya akan menimbulkan rasa malas untuk kembali beraktifitas di waktu yang akan datang karena kondisi badan yang kurang fit. Oleh karena itu, untuk menghilangkan lelah ini saya butuh refreshing. Refreshing tak harus merupakan kegiatan yang justru menghabiskan waktu saya, semisal touring ke kota lain. Refreshing dapat dilakukan hanya dengan sesuatu yang simple namun efektif dalam mengusir rasa penat dan lelah, misal mendengarkan musik kesukaan sambil bersenandung, menonton film terbaru, atau hanya sekedar touring di alam mimpi (baca: Molor). Dengan bentuk refreshing yang simple namun efektif, tentunya kita dapat menghemat waktu dan energi kita untuk rutinitas keesokan harinya.

- Membaca buku-buku inspirasional dan motivasi
Dengan membaca buku-buku inspirasional dan motivasi, saya dapat mengobarkan semangat dan motivasi saya kembali. Membaca dapat membuat pikiran saya kembali terbuka tentang hidup ini. Memikirkan hal-hal besar yang telah diraih seseorang karena keuletan dan usahanya dalam menggapai impian-impiannya membuat saya kembali bersemangat dan bangkit dari rasa malas. Bila rasa semangat dan motivasi saya kembali berkobar, maka rasa malas dan lelah karena aktifitas yang saya lakukan serasa hilang.

- Bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi
Cara ini sangat efektif bagi saya karena dengan bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi maka saya akan tertular semangat mereka. Seperti kata orang-orang, bila kamu ingin sukses maka bergaullah dengan orang-orang sukses. Jadi, bila saya ingin mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi, saya harus sering bergaul dengan orang yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi pula. Contohnya dengan bergaul dengan sahabat-sahabat blogger ini. .... Saya harap saya mempunyai semangat yang tak kalah dengan kalian... hehehe

- Melihat kesuksesan orang lain
Cara ini merupakan turunan dari cara membangkitkan semangat dan motivasi saya dengan bergaul bersama orang-orang yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi. Ya, dengan melihat kesuksesan dan perjuangan orang-orang dekat saya dalam menggapai impian, rasanya saya malu bila hanya bermalas-malasan dan menghabiskan waktu saya untuk hal yang tidak berguna sementara mereka sedang berjuang untuk menggapai impiannya.

- Membayangkan hal-hal yang ingin saya raih di masa depan
Dengan membayangkan tentang kehidupan masa depan yang serba indah bersama orang-orang terkasih dapat membuat kita terus bersemangat. Hal ini dikarenakan alam bawah sadar kita menstimulasi untuk membangkitkan energi yang terpendam dalam diri kita sehingga rasa malas dan lelah menjadi tak terasa.

Nah demikian cara saya dalam menjaga semangat dan motivasi untuk beraktifitas dan berjuang menggapai impian. Tentunya sahabat blogger mempunyai cara-cara tersendiri dalam menjaga semangat dan motivasi, silahkan di-sharingkan disini.... Siapa tau bisa berguna bagi saya dan sahabat-sahabat lainnya yang membaca postingan ini....

Terima Kasih!!!

Tips/Cara Menjaga Hubungan Cinta Dengan Pacar/Kekasih Agar Tidak Putus Cinta

Memiliki pacar yang kita sayangi dan cintai sangat menyenangkan untuk dijalani. Selama masa berpacaran pasti akan ada berbagai masalah yang datang silih berganti. Jika anda berhasil menjalani itu semua, maka kesuksesan anda adalah menikah dengan doi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan agar hubungan anda tetap menyenangkan dan lancar dengan pacar tercinta sehingga dapat menikahinya :

1. Komunikasi Yang Intensif

Dengan teknologi yang sudah maju anda bisa sering menelpon dan mengirim sms ke dia dengan obrolan yang segar dan tidak membosankan. Usahakan bisa menelfon si dia setiap malam hari dengan tarif yang murah meriah sehingga anda dapat berlama-lama ngobrol dengannya berdua. Jika si doi sudah merasa nyaman dan senang ditelfon maka komunikasi yang anda lakukan dalam kondisi yang baik.

Hindari menanyakan hal yang sama berulang-ulang dan dapat membuat pasangan anda bosan menjawabnya. Jika anda mempunyai sesuatu hal yang menarik dan baru, sampaikanlah. Selain malam hari, jangan ganggu si dia terlalu lama. Cukup dengan telepon sebentar dan beberapa sms segar. Jangan paksakan melakukan komunikasi jika keadaan sedang tidak memungkinkan.

2. Beri Perhatian Lebih

Perlakukan si dia berbeda dan lebih baik dari orang lain. Ketika dia ulang tahun atau event-event tertentu ucapkan selamat dan juga bisa anda beri hadiah. Buatlah seolah-olah dia seorang yang spesial dan anda tidak mau kehilangan dirinya. Jika doi ada masalah, bantulah minimal dengan mendengarkan curhat serta membantu dengan memberi solusi.

3. Ungkapan Cinta Yang Tulus Dan Wajar

Jangan memberi ungkapan gombal yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Ungkapkan cinta anda secukupnya secara wajar tidak dibuat-buat alias maksa. Buat varasi ungkapan cinta anda dengan berbagai metode dan cara agar tidak monoton.

4. Pelajari Sifat Dan Perilaku

Amati dan pelajari apa-apa yang ia sukai dan apa-apa yang tidak disukainya. Jika anda sudah tahu, jangan lakukan hal-hal yang tidak ia sukai dan lakukanlah apa yang ia sukai selama tidak melanggar aturan hukum, norma dan agama serta tidak membebani anda. Hindari hubungan seks di luar nikah untuk menghindari masalah pelik yang dapat muncul. Tolak dengan baik ajakan-ajakan yang berbahaya, karena belum tentu ia akan menikah dengan anda.

5. Jangan Pelit Dan Matre

Ketika sedang pergi berdua jika memungkinkan tanggunglah biaya-biaya pacaran berdua seperti makan, nonton, belanja, jajan, transport, dsb. Jangan maunya dibayari saja tanpa mau mengorbankan sedikitpun uang anda untuk orang yang anda sayangi. Tetapi jika salah satu ada yang sudah bekerja dan yang satunya tidak bekerja, dibayari adalah sesuatu yang wajar.

6. Perjelas Hubungan Ke Depan

Komitmen menikah merupakan sesuatu yang penting dan perlu disepakati yang menunjukkan bahwa anda dan pasangan saling mencintai. Komitmen tersebut bisa diungkapkan di awal maupun setelah lama berhubungan. Semakin jelas hubungan anda dengan dirinya, maka semakin kuat ikatan batin anda dengan si dia. Terlebih lagi jika keluarga kedua belah pihak telah mengetahui serta merestuinya. Berdoalah kepada Tuhan agar anda kelak bahagia bersama pasangan anda.

7. Hubungan Keluarga Yang Baik

Jaga hubungan baik dengan anggota keluarga si dia jangan sampai menimbulkan masalah dan citra yang negatif. Jika ada masalah segera selesaikan secara kekeluargaan bersama pasangan anda. Pernikahan tidak hanya penyatuan seorang laki-laki dengan perempuan, tetapi juga menikahkan kedua keluarga.

8. Jujur Dan Menjadi Diri Sendiri

Jadilah sebagai diri sendiri dan tidak meniru adegan sinetron, novel, film, dan sebagainya. Tanpa berpura-pura menjadi seseorang yang sempurna, kita akan merasa bebas lepas tanpa beban dalam menjalani hubungan cinta anda.

Usahakan tidak membohongi kekasih anda dan katakan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Sekali berbohong maka anda harus membuat kebohongan lainnya untuk menutupinya. Jika telah menikah nanti akan lebih indah jika saling jujur tanpa ada dusta diantara anda dengan dia.

9. Menjaga Emosi

Jangan membalas emosi dengan emosi. Gunakan kesabaran yang tinggi untuk meredam amarah si dia. Ungkapkan anda tidak suka jika dia marah membabi-buta. Jika si dia melakukan kesalahan atau kebohongan pun jangan sampai emosi anda meledak-ledak. Tetap tenang dan gunakan akal sehat dalam menjalani suatu masalah. Berbicaralah baik-baik dan lembut namun tegas dalam menyikapi sesuatu karena emosi terkadang sifatnya hanya sementara. Emosi yang saling beradu sangat berbahaya dalam menjaga hubungan agar tidak putus cinta.

10. Selesaikan Masalah Yang Ada Secepatnya

Jangan menunda-nunda untuk mencari pemecahan dari masalah yang timbul. Jika keadaan dibuat mengambang terlalu lama maka bisa jadi si dia akan berpaling dari anda dan menjalin cinta yang lain. Sedapat mungkin hubungan yang terjalin dapat kembali mesra seperti sedia kala setelah masalah terselesaikan.

11. Selalu Setia

Hal yang sangat penting adalah menjaga kepercayaan si doi. Jika anda ketahuan pacaran lagi dengan orang lain maka hancurlah hati si dia jika mengetahuinya. Jangan pernah menduakan cinta anda, karena itu sangat membahayakan hubungan anda dengan pacar anda.

12. Seimbang / Tidak Ada Dominasi

Jangan sampai hubungan yang berjalan menjadi kurang nyaman karena yang satu dianggap atau menganggap dirinya lebih dewasa, lebih pintar, lebih kaya, dan sebagainya. Buatlah diri anda dengan dirinya seimbang satu sama lain tanpa perbedaan. Keadaan yang seimbang antara pria dan wanita seperti teman akan sangat menyenangkan daripada yang satu harus selalu menuruti kemauan salah satu pihak terus menerus seperti pembantu.

13. Lakukan Hal-Hal Yang Menyenangkan

Sesuatu yang membuat anda berdua senang tidaklah harus yang berharga mahal. Mungkin dengan belanja bersama ke pusat perbelanjaan, jalan-jalan naik motor berdua atau duduk berdua di bangku taman yang gratis dapat menyenangkan kedua belah pihak. Nikmatilah masa-masa pacaran anda yang indah agar tidak menyesal nantinya ketika menikah.

- Semoga kisah cinta anda berdoa dengan pacar selalu lancar aman terkendali hingga jenjang pernikahan yang suci dan sakral.

----

Tambahan :
Jika anda tidak mencintai pacar anda atau justru membencinya maka bicaralah baik-baik untuk mencari jalan keluar atau solusi terbaik mengenai hubungan anda. Jika hubungan cinta anda tersebut hanya membuat anda menderita, maka jangan buang waktu anda dan segera cari orang yang benar-benar anda cintai setulus hati dan orang itu juga mencintai anda.

Tips Menjalin Hubungan (lagi) Dengan Mantan Pacar

soulmate yang terbaik. Berikut ini adalah Tips menjalin hubungan lagi denganpacar: mantan

1. Cari Informasi. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah mencari informasi tentang status pacar Anda apakah �still available� ataukah �in relationship�. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman yang mngkin muncul antara Anda dan pacardengan cara tidak langsung seperti melalui perantara teman, browse statusnya melalui halaman facebook atau secara langsung dengan menanyakan pada mantan Anda tersebut dengan pertanyaan-pertanyaan pancingan, seperti, �Hai, Gimana kabarnya si Honda Jazz Putih?�, �Malam minggu acara kemana neh?� atau �Dengar-dengar udah punya pacar baru nih, cerita dong�� dan sejenisnya. mantan Anda. Anda bisa mulai

2. Mantapkan Diri. Setelah Anda yakin tentang statusnya, maka saatnya Anda menanyakan pada diri Anda, apakah Anda yakin untuk kembali menjalin hubungandengan segala konsekuensi yang harus Anda hadapi, menerima kembali baik-buruknya sifat pacar Anda �yang sudah Anda ketahui sebelumnya ataukah hanya emosi sesaat yang muncul karena kegalauan Anda. Ataukah Anda memiliki harapan bahwa Anda akan dapat memperbaiki hubunganbaik mengubah kekurangan-kekurangan Anda pribadi maupun mantan Anda. Setidaknya Anda yakin bahwa kesempatan kedua ini akan lebih baik daripada kesempatan pertama yang lalu. dengannya lengkap Anda

3. Ajak Dia Kembali Bertemu. Hubungan yang langgeng adalah hubungan yang memiliki chemistry di dalamnya. Setelah sekian lama berpisah, apakah chemistry antara Anda dan mantan masih Ada ataukah justru rasa � hambar� yang Anda rasakan. Ada baiknya Anda kembali melakukan penjajagan (testing) dengan cara melakukan pertemuan atau ngobrol face-to-face, boleh di rumahnya atau di suatu tempat tertentu �kemas dalam nuansa ringan, jangan terlalu privat dan romantic namun nyaman untuk Anda berdua.

4. Gali Memori Lama. Setelah Anda cukup yakin bahwa masih ada chemistry yang kuat pada Anda dan mantan, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Sampaikan �pesan perasaan Anda� baik melalui telepon, sms-sms (pesan singkat) yang khas pada hubungan Anda sebelumnya seperti �Non, jangan telat maem ya. Inget maag-nya�, �Neng, sholat tahajud dulu yuk�, atau �Non, aku lagi di Orchard Road neh, kamu masih mau nitip discount Tas Bonia ga?� ataupun melalui hal-hal kecil lainnya.

5. Buat Komitmen Baru. Setelah Anda melakukan tahap-tahap tersebut yang bisa juga dibilang tahap pendekatan, tiba saatnya Anda menunggu sinyal/respon dari Mantan terhadap action Anda. Jawabannya tentu saja fifty-fifty, dan akan menjadi 100% ketika Anda sudah menanyakan langsung kepadanya. Pada saat �pengajuan proposal ulang� tersebut sampaikan klausul-klausul baru di dalamnya, dengan harapan kekurangan-kekurangan yang Anda temui pada hubungan Anda dan mantan pada fase sebelumnya tidak akan terulang pada fase baru ini. Pada dasanya metodanya tidak berbeda dengan ketika Anda menembak dia untuk pertama kalinya.

source: http://tipsanda.com/2009/03/30/tips-menjalin-hubungan-lagi-dengan-mantan-pacar/

Tips Menyikapi Mantan Pacar

Putus cinta? Ah biasa. Tapi bagaimana jadinya jika sang mantan terus membuntuti Anda? Kita simak beberapa tips berikut ini yang bisa Anda manfaatkan.

Ada kalanya kita bisa pisah baik-baik dengan mantan pacar. Dia menjalani hidupnya sendiri tanpa Anda, begitu pula sebaliknya. Namun kadang kala seseorang tak bisa menjelaskan bagaimana perasaannya saat memutuskan hubungan kasih. Dalam kasus seperti itu sang mantan kerap muncul kembali di kehidupan baru kita. Walau hanya sekejap dia ingin menampakkan dirinya dan memaksa kita mengingat kenangan lama sentasa pacaran dulu.

Selama kita tak merasa terganggu, fine! Tapi jika ia sudah mulai mengurusi kehidupan pribadi kita dengan dalih perhatian, nanti dulu deh. Sebelum sang mantan melangkah terlalu jauh menanggapi sikap baik kita, kita simak dulu tips berikut ini.

1. Hati-hati menunjukkan sikap dan perbuatan kepada mantan. Hal ini akan menjadi sangat penting. Mungkin kita menganggap mantan kita itu tak lagi mencintai kita. Tapi siapa yang tahu persis? Sedikit saja Anda salah bersikap bisa jadi dia salah pengertian. Tunjukkan prilaku Anda yang sewajarnya. Hati-hati memberikan perhatian. Jangan sampai disalahartikan.

2. Sesekali bicarakan teman spesial Anda padanya. Kendati mungkin tak begitu penting namun hal ini bisa mengubah niatnya untuk terus mendekati Anda dengan niat yang terselubung. Saat Anda bersamanya tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mampu bertahan tanpa kehadirannya.

3. Jadikan mantan sebagai tolak ukur pembuktian diri. Sesekali ada bagusnya juga Anda menunjukkan padanya bahwa tanpa ada dia Anda lebih bahagia. Jangan terlalu banyak bercerita tentang kehidupan pribadi yang kurang menyenangkan. Biarkan dia tahu Anda lebih senang dengan hidup Anda yang sekarang. Jangan biarkan dia berpikir Anda melemah setelah ditinggalkannya.

4. Jangan terlalu sering menerima ajakan bertemu dengannya. Membalas SMS pun seperlunya saja. Banyak cinta berawal dari kata-kata SMS. Hindari kontak yang terlalu sering dengannya.

5. Tak baik memaksakan diri melupakan mantan. Siapa yang tahu jika Anda masih mencintai dia? Tentu saja diri Anda sendiri. Berusahalah menjadikan dia sebagai teman biasa dan berpikirlah bahwa semua sudah berakhir. Cara termudah melupakan mantan adalah dengan mengingatnya. Semakin sering Anda mengingatnya maka kenangan itu akan semakin menipis. Cobalah mulai sekarang!

6. Selama Anda jalan bersamanya usahakan jangan pernah menyinggung masalah lama. Yang sangat harus diingat, dia adalah kisah lalu Anda. Jangan memancingnya untuk membicarakan kenangan lama kembali. Bicarakan hal-hal baru yang terjadi dalam hidupnya dan padamu kini.

7. Hindari mengunjungi tempat kenangan Anda dengannya. Anda berdua pergi ke tempat yang pernah menorehkan kenangan tentu saja akan mengasah pikiran Anda ke masa lalu. Hentikan dan ambil langkah baru.

8. Tegas! Ada baiknya juga jika Anda mempertegas kedekatan Anda dengan mantan sejak Anda berdua mulai sering bertemu. Jika Anda tak ingin kembali dalam pelukannya pastikan ia tahu dengan benar. Sampaikan dengan niatan yang baik tentunya ia pun akan mengerti. Yang juga harus diingat adalah tidak pernah ada istilah mantan teman. Siapa tahu mantan Anda adalah sahabat terbaik yang selama ini Anda cari.

cara menjalin hubungan dengan mantan pacar

Dalam menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis atau yang sering di sebut dengan pacar (belum menikah) tentunya terdapat kerikil kerikil halus hingga kerikil kasar yang menjadi pijakan kita saat berjalannya hubungan kekasih tersebut. Kebanyakan kerikil halus dapat dijadikan sebagai bumbu dalam menjalin hubungan, akan tetapi hadangan kerikil tajam biasanya membuat suatu hubungan percintaan menjadi renggang dan adapula yang cerai berai hubungan tersebut hingga terjadi permusuhan maupun kebencian yang timbul. Padalah kejadian seperti itu merupakan hal yang sangat ironis dengan keadaan sebulnya. Kesemuanya itu dapat dihindarkan dengan persiapan dalam membina hubungan hingga komitmen yang tinggi dalam mandasri suatu hubungan percintaan. Namun, apa bila kata putus telah terjadi dan berakhir dengan permusuhan atau kebencian, seharusnya kita haruslah tau cara menjalin hubungan dengan mantan pacar agar tidak terjadi kebencian atau permusuhan.

Awal mula terjadinya keputusan untuk mengakhiri suatu hubungan tentunya di karenakan oleh berbagai hal, misalnya tidak cocok lagi, salah sangka hingga selingkuh atau tertarik pada orang yang lain. Alas an yang negative untuk mengakhiri suatu hubungan sebagian besar menjadikan permusuhan dan kebencian pada mantan pacar. Untuk menghindarkan keadaan tersebut, ada beberapa cara menjalin hubungan dengan mantan pacar sebagai berikut.
  1. Katakan maaf pada mantan pacar anda : kata maaf sangatlah penting berperan dalam merubah apa yang telah terjadi dalam suatu hubungan yang telah berakhir, dengan meminta maaf dengan tulus setidaknya mengurangi rasa marah ataupun kebencian yang timbul pada waktu lalu
  2. Berikan penjelasan : bagi anda yang berinisiatif mengahiri hubungan terlebih dahulu biasanya menjadi pihak yang disalahkan oleh pasangan anda, jika itu terjadi, cobalah berikan penjelasan yang realistis dan detail pada mantan pacar anda hingga dia mengerti kenapa anda berinisiatif mengakhiri hubungan anda dengan dia.
  3. Jalinlah komunikasi yang kontinyu : setelah permintaan maaf dan memberikan penjelasan pada mantan anda telah dilakukan, tetap jalinlah komunikasi dengan mantaan anda baik melalui telpon, sms atau sesekali ajaklah dia untuk bertemu sekedar ngobrol atau skedar Tanya kabar.
  4. Berikan perhatian dan support : memberikan perhatian disini bukan diartikan bahwa perhatian yang kita berikan sama dengan perhatian kita pada saat masih menjalin sebuah hubungan. Perhatian disini diartikan dengan sesekali memberikan perhatian missal dalam hal perkembangan dia dalam sekolah,kuliah serta memberikan support dengan memberikan pemahaman bahwa setelah hubungan berakhir bukan berarti berakhirlah segalanya dengan anda.
  5. Peka pada apa yang terjadi : peka disini diartikan dengan sekali kali memantau apa yang sedang dilakukan oleh mantan pacar anda, berikan sumbangan saran atau berikan pertimbangan pada saat mantan pacar anda akan membuat suatu keputusan. Walaupun keputusan yang diambil sepenuhnya merupakan keputusan dia, setidaknya anda masih peduli pada keadaan dia agar lebih baik.
Dengan cara menjalin hubungan dengan mantan pacar diatas, semoga hubungan anda dengan mantan pacar anda berjalan tanpa permusuhan ataupun kebencian.

10 Tips Membina Persahabatan

  1. Pikirkanlah apa yang dapat kamu berikan kepada sahabatmu bukan apa yang dapat kamu peroleh dari persahabatan.
    Jangan bersahabat hanya demi memperoleh kesenangan, karena jika demikian, kamu bukanlah sahabat sejati. Hargailah sahabatmu seperti kamu ingin dihargai.

  2. Dukunglah sahabatmu.
    Sahabat sejati selalu saling menyemangati dan 'mendorong' supaya mereka bersama-sama dapat menjadi yang terbaik bukannya saling menjatuhkan. Ia turut berbahagia ketika sahabatnya berhasil mencapai apa yang diinginkannya dan tidak merasa tersaingi.

  3. Bersedia untuk memaafkan.
    Jangan biarkan 'luka' berkembang menjadi kepahitan karena hal ini akan menghancurkan persahabatan yang ada. Maafkan kesalahan yang diperbuat oleh sahabatmu dan jangan biarkan luka itu merusak hubunganmu.

  4. Jangan memandang kesalahan yang dibuatnya.
    Ini adalah suatu cara untuk menunjukkan betapa kita peduli terhadap dia. Jangan tinggalkan sahabatmu saat dia berbuat kesalahan. Bersabarlah dan tuntunlah dia untuk berubah. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna.

  5. Jadilah sahabat yang dapat diandalkan dan tepatilah janji yang telah kamu ucapkan.

  6. Jangan mencoba untuk mengontrol sahabatmu.
    Bersahabat bukan berarti harus selalu bersama-sama. Memang akan sangat menyenangkan bila dapat selalu bersama dengan orang yang kita kasihi. Namun ingat, sahabat kita itu bukan monopoli kita sendiri karena ia juga mempunyai teman lain selain kita. Untuk itu jangan merasa dikhianati ketika temanmu bergaul dengan yang lain, sebaliknya usahakan kamu juga dapat berteman dengan mereka. Hal ini akan membuat kita dan sahabat kita lebih menghargai satu sama lain.

  7. Selalu ada disaat senang maupun susah.
    Bergembiralah bersama mereka saat mereka sedang bergembira namun jangan ada hanya ! pada saat senang saja. Ketika sahabatmu sedang kesal akan sesuatu, berikan mereka perhatian. Yang paling dibutuhkan dari seorang sahabat adalah sepasang telinga yang simpatik dan yang mau memahami perasaan mereka.

  8. Menerima apa adanya sahabatmu.
    Jangan menuntut sahabat kita untuk bereaksi dengan cara yang sama seperti yang biasa kita lakukan. Hargailah dia apa adanya termasuk juga keputusan yang dia ambil yang mungkin tidak sesuai dengan kehendak kita.

  9. Jangan jadi 'Ember' (mulut bocor). Belajarlah untuk menjaga rahasia sahabatmu.

  10. Jangan biarkan perbedaan pendapat menghancurkan persahabatanmu.
    Misalkan kamu sedang berdiskusi dengan sahabatmu dan waktu kamu mengemukakan pendapat yang menurut kamu benar ternyata ia tidak setuju. Bila itu terjadi, jangan terus berdebat yang hanya akan membuat kamu dongkol. Lepaskan hasrat untuk menang sendiri daripada persahabatanmu rusak karenanya.

Hal yang harus diingat sebelum kamu mengeluh

  1. Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, Pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali

  2. Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, Pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

  3. Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa, Pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta dijalanan.

  4. Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk, Pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk didalam hidupnya.

  5. Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istri anda. Pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup

  6. Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu, Pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat

  7. Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu, Pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul

  8. Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya, Pikirkan tentang orang-orang yag tinggal dijalanan

  9. Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir, Pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan

  10. Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti anda.

  11. Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa,,,
Kita semua menjawab kepada Sang Pencipta Dan ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan, Tersenyum dan berterima kasihlah kepada Tuhan bahwa kamu masih hidup !

Life is a gift.. Live it... Enjoy it... Celebrate it... And fulfill it.

Cintai orang lain dengan perkataan dan perbuatanmu. Cinta diciptakan tidak untuk disimpan atau disembunyikan

Anda tidak mencintai seseorang karena dia cantik atau tampan, Mereka cantik/tampan karena anda mencintainya, ,,

It's true you don't know what you've got until it's gone, but it's also true You don't know what you've been missing until it arrives!!!

Formula Sukses

Formula Sukses:
  • Temukan elemen kesuksesan: dimulai dengan sikap mental yang benar, penambahan keahlian yang sesuai dan filosofi yang benar, menemukan arah dan dibangun di atas fondasi karakter.
  • Temukan kesuksesan anda di bidang mental, spiritual, pribadi, keluarga, karir, keuangan, dan fisik
  • Menggunakan formula sukses bekerja untuk anda
Sikap
  • Sikap "I think I can" mengalahkan "I can't".
  • Sikap yang benar terhadap keluarga, teman dan kenalan anda.
  • Penerimaan, kesediaan memaafkan, cinta, kebaikan hati, respek, peduli, pikiran terbuka, realistis atas kemampuan diri, pikiran positif, dll.
Keahlian
  • Intrapersonal
  • Kemampuan untuk menjawab pertanyaan, mengurangi frustasi dan kekecewaan orang lain
  • Kecerdasan yang dibutuhkan dalam pekerjaan.
Filosofi Anda dapat memiliki apapun yang anda inginkan dihidup anda ketika anda memiliki keinginan yang cukup menolong orang lain agar mereka berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Menemukan Arah
  • Walapun anda telah memiliki sikap yang benar, keahlian yang sesuai, filosofi tetapi tidak memiliki rencana besar kehidupan maka anda akan "berkelana tak tentu arah".
  • Knowing where you want to go
  • Expecting to get where you want to go
Karakter
  • Milikilah integritas pribadi
  • Bisa saja memiliki uang yang banyak tanpa karakter, seperti pengedar obat bius, gembong mafia, penipu. Mereka dapat memiliki banyak sekali uang tetapi tidak bisa dikatakan sukses yang berkarakter.
  • Tetapi hal yang sama juga bisa menimpa pebisnis, politikus, atlit, pengacara, dokter, bintang film, dosen, dan lainnya juga.
  • Ketika anda memiliki integritas maka tidak perlu takut apapun karena tak satupun yang perlu disembunyikan.

Apakah sukses itu

Mungkin anda termasuk yang berpikir sukses itu adalah:
  • Sukses hanyalah berurusan dengan kekayaan semata.
  • Sukses ketika anda telah menjadi orang nomor satu dibidang anda.
  • Sukses lebih dari sekedar uang dan gengsi (prestige).
  • Sukses adalah memiliki keseimbangan cerita sukses di tujuh bidang kehidupan anda.
  • Anda tidak akan dianggap sukses penuh di dalam kehidupan karir bila kehidupan rumah tangga berantakan.
  • Juga anda tidak dianggap sukses dalam kehidupan rumah tangga bila keuangan anda kacau karena anda akan selalu merasa tertekan / stress karena masalah keuangan sehingga anda akan kehilangan waktu yang indah bersama dengan keluarga.
Bentuk Sukses dan Tandanya
Sukses bisa berbagai bentuk untuk masing-masing orang. Inilah beberapa tandanya:
  • Sukses adalah ketika memadamkan lampu, bersiap untuk tidur, dan berkata pada diri sendiri "Sepertinya tak ada satupun yang lebih baik dari yang kurasakan saat ini!" Itu seperti mengucapkan rasa bersyukur pada Tuhan sebelum anda terlelap tidur yang nyenyak. Pengetahuan bahwa mental anda sehat.

  • Sukses adalah mengetahui ke arah mana harus melangkah ketika semua jalan seperti buntu dan suram. Memiliki kehidupan spiritual yang baik dapat membuat anda lebih peka untuk mendengarkan bimbingan dan petunjuk dariNya.

  • Sukses adalah memiliki ketertarikan akan sesuatu dan hobi pribadi yang memberikan kepuasan dan kedamaian.

  • Sukses adalah keinginan sampai di rumah dan menemui keluarga dan orang-orang yang anda cintai. Sukses adalah dicintai oleh orang-orang yang anda cintai.

  • Sukses adalah ketika menutup pintu kantor di akhir hari dengan senyum kepuasan di muka anda. Mengetahui bahwa anda telah melakukan pekerjaan dalam karir anda sebaik mungkin dan orang yang anda temui dan layani memperoleh pengalaman yang menyenangkan juga.

  • Sukses adalah ketika menyiapkan pembayaran tagihan-tagihan dan mengetahui anda memiliki cukup dana untuk menutupi untuk bulan ini dan bulan depan. Pengetahuan bahwa anda telah mempersiapkan keamanan keuangan untuk keluarga anda meskipun anda telah meninggal dunia.

  • Sukses adalah ketika bangun pagi dan merasakan kondisi fisik segar. Pengetahuan bahwa anda makan secara benar, berolahraga secara teratur dan apapun yang anda lakukan dapat menjaga kesehatan dalam kondisi prima.
Bukan sukses namanya bila:
  • Menghamburkan energi mental untuk mencari tahu bagaimana cara menerangkan mengapa proyek anda gagal sesuai skedul, mengapa anda tidak dapat membayar semua tagihan, kenapa mata anda merah dan tekanan darah anda tinggi, dan mengapa anda tidak dapat menemukan kebahagiaan di hidup anda.

  • Secara fisik pergi ke tempat peribadahan untuk urusan spiritual tetapi secara mental menulis daftar-yang-perlu-dilakukan (to-do-list) untuk dilakukan ketika sampai di rumah atau untuk urusan kantor.

  • Semuanya adalah untuk pekerjaan tidak ada waktu luang untuk hoby pribadi atau bermain.

  • Terburu-buru tiba di rumah dan bersembunyi di balik pintu atau menonton televisi tanpa pedulikan keluarga dengan alasan "Setelah satu harian aku bekerja, aku butuh kesendirianku!"

  • Menghubungi rumah dari kantor yang keempat kalinya dalam mingu ini untuk meminta maaf karena anda tidak dapat makan malam bersama keluarga karena karir.

  • Memiliki semua kekayaan di dunia dan terus selalu berusaha memikirkan berbagai cara untuk mendapatkan uang agar bisa menyaingi orang kaya di sluruh dunia.

  • Berdiet sangat keras dan ketat untuk fisik anda.
Tujuh sumbu sukses:
Sukses yang sesungguhnya memerlukan keseimbangan dari ketujuhnya
  • mental (pikiran)
  • spiritual
  • pribadi
  • keluarga
  • karir
  • keuangan (kebanyakan orang pikir sukses hanya ini)
  • fisik

  • Kesukesan berhubungan langsung untuk memiliki hidup yang seimbang. Jika salah satu sumbu tidak sinkron maka semua bidang kehidupan anda akan terganggu.

  • Karakteristik orang sukses:
  • Berpendirian
  • Komitmen
  • Pekerja keras
  • Menyenangi apa yang dilakukannya
  • Integritas
  • Karakter
  • Konsisten
  • Persisten
  • Disiplin
  • Keturunan (heredity)
  • Lingkungan
  • Humoris
  • Hokie
  • Iman
  • Keinginan yang besar (passion)
  • Hubungan/ koneksi
  • Kiat meraih sukses

    Siapa diantra rekan-rekan sekalian yang ingin sukses ?

    Siapa diantara rekan-rekan sekalian yang ingin hidupnya susah ?

    Dan sekarang ??siapa diantara rekan-rekan yang yakin bahwa hidupnya sukses ?

    Satu?dua ?tiga dan jumlahnya tak sebanyak yang menginginkan sukses ? mengapa ?

    Memang banyak orang yang mampu meraih sukses namun juga banyak orang yang gagal. Einstein ketika menemukan penemuannya, ia telah berkali-kali gagal dalam percobaan penemuannya?mungkin bukan beratus ratus kali gagal tetapi sudah beribu-ribu kali gagal dan akhirnya berhasil. Demikian juga dengan cerita Colombus menemukan benua Amerika yang awalnya diejek, dicemoohkan namun kenyataanya ia meraih kesuksesan.

    Ada beberapa cara untuk kita selalu hidup penuh semngat untuk membangun kesuksesan meraih impian yaitu :
    • Bergaullah dengan orang yang penuh semangat, motivasi dan percaya diri.
      Dengan bergaul dengan orang yang demikian secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi jiwa kita?hati kita dan mental kita. Jangan bergaul dengan orang yang sering melantunkan lagu pasrah?.lagunya desi yang dilarang oleh pemerintah yaitu takdir yang ada dalam salah satu baitnya yang mengatakan bahwa takdir memang kejam. Apabila kita bergaul dengan orang seperti pak ogah maka hidup kita kan tercemari. Bergaullah dengan orang-orang yang optimis.

    • Membaca buku-buku motivasi
      Sehingga setelah membaca buku tersebut maka kita menjadi lebih bersemangat?.lebih ingin mencapai impiannya. Dan jangan baca buku yang mengiris-ngiris hati misalnya yang berjudul kecil miskin, tua melarat.

    • Menonton film-film yang menginspirasi kepada kebangkitan motivasi
      Misalnya film berjudul ? Little Stuart II? yang mengisahkan tentang seokor tikus kecil yang berhasil mengalahkan seokor elang ? spiritnya : dirimu adalah sebesar pikiranmu ?

    • Berpikir positif
      Dalam setiap kejadian kita harus selalu berpikir positif misalnya ketika akan apel kerumah pacar?eh sebelum berangkat hujan turun ?.kalo yang berpikir negatif?ya sudah nanti aja kalau hujan sudah berhenti baru kerumahnya?.namun yang berpikir positif?ambil jas hujan dan terus berangkat ke sang kekasih?hujan bukan halangan untuk mencapai impianku.

    • Perubahan yang tak terduga disikapi bukan sebagai suatu masalah namun sebagai tantangan.

    • Buatlah target hidup untuk meraih mimpi-mimpimu.
      Misalnya pada umur sekian saya telah mencapai ini dan pada umur sekian saya sudah mendapatkan ini. Karena tanpa target hidup kita bagai berlayar tanpa tanah impian atau berjalan tanpa tujuan.

    • Dekat dengan tuhan, rajinlah berdoa, beribadah dan menjalankan segala perintahnya.
      Tidak ada obat hati yang mujarab kecuali dengan doa. Dan berdoalah untuk meraih prestasimu dan kesuksesan
    Sukses adalah milik kita semua, kesuksesan bukan milik perorangan, Dan kita lahir telah menjadi Sang pemenang.

    Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain

    3 Tehnik dasar menangani manusia :
    1. Jangan mengkritik, mengeluh, atau mencerca
    2. Berikan penghargaan yang tulus dan jujur
    3. Bangkitkan minat pada diri orang lain
    Enam cara membuat orang lain menyukai anda :
    1. Bersungguh-sungguh menaruh minat pada orang lain
    2. Terseyumlah
    3. Ingatlah nama seseorang adalah hal yang paling mengesankan dan paling penting bagi orang itu dalam bahasa apapun
    4. Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk berbicara tentang dirinya
    5. Bicaralah minat-minat orang lain
    6. Buat orang lain merasa penting. Dan lakukanlah dengan tulus
    Cara memikat orang lain mengikuti cara berpikir anda
    1. Satu-satunya cara memperoleh manfaat paling banyak dari perdebatan adalah menghindari perdebatan itu sendiri
    2. Perlihatkan respek terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata, ?Anda salah?
    3. Jika anda salah, akuilah dengan cepat dan simpatik
    4. Mulailah dengan cara yang ramah
    5. Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara
    6. Biarkan orang lain merasa bahwa itu adalah idenya
    7. Cobalah dengan sungguh-sungguh melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain
    8. Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orang lain
    sumber : milis

    20 kiat memotivasi diri

    1. Ciptakan Visi
    Sudahkah anda memikirkan akan menjadi apa 10 tahun yang akan datang?
    2. Jauhi foya-foya
    Bersenang-senang adalah hasil, bukan tujuan
    3. Gunakan perangkat yang tepat
    Anda sendiri yang tahu apa yang terbaik bagi diri anda.
    4. Kembangkan tujuan anda
    Memiliki tujuan membuat anda selalu termotivasi untuk mencapainya.
    5. Tetapkan Saat Kematian
    Buatlah orang-orang yang kita kasihi tersenyum, saat kita meninggalkannya.
    6. Berteman dengan teman-teman yang sukses
    Bergaul dengan teman yang sukses, akan memicu anda untuk menjadi seperti mereka.
    7. Dekati rasa takut
    Bila anda takut sesuatu hal buruk menimpa anda, anda akan termotivasi untuk mencegahnya sebelum terjadi.
    8. Membuat jadwal Comeback
    Tidak pernah ada orang sukses, yang tidak pernah mengalami kegagalan. Dan mereka selalu kembali bangkit lebih banyak dari jumlah kegagalannya.
    9. Welcome Mr. Trouble
    Selalu tertantang untuk mengalahkan kesulitan
    10. Awali dengan rasa senang
    Mengerjakan sesuatu yang menyenangkan, membuat kita tidak merasakannya sebagai ?pekerjaan?.
    11. Berlatih keras
    The best is never rest
    12. Membuka masa depan
    Right here and now. Tidak perlu berlelah-lelah hanya untuk bernostalgia.
    13. Kembangkan permainan
    Jadilah sutradara
    14. Be Yourself
    Be Yourself! Be Yourself!
    15. Berangkat Perang!
    Jadilah pemenang!
    16. Ciptakan Perubahan.
    Buatlah titik. Untuk membuat sebuah garis, anda harus terlebih dulu membuat titik (Jaya Suprana).
    17. Do it Badly!
    Tidak harus selalu mengawali sesuatu dengan serius.
    18. Enjoy your working!
    Percaya bahwa semua masalah selalu ada jalan keluarnya.
    19. Bertanya dan bertanya!
    Tidakkah saya bisa mengerjakannya lebih baik daripada sekarang?
    20. Let the water flows
    Inilah awal dari garis yang anda buat. Kemana arahnya tergantung dari anda sendiri.

    Pentingnya hubungan

    Riset menunjukkan bahwa Hubungan (Relationships) adalah kunci untuk sukses dalam kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan, harapan, dll.

    100% masalah yang ditangani olenh Konseling adalah masalah hubungan antara suami-istri, orangtua-anak, kakak-adik, pemberikerja-karyawan, guru-siswa, tetangga-tetangga, dst

    Filosofi yang salah: "Hore buatku, sebodo teing denganmu. Aku akan lakukan dengan caraku sendiri. Aku akan menang melalui intimidasi kekuasaanku. Aku akan menjadi yang nomor satu. Dan aku akan melakukannya sekarang juga." Sangat akurat untuk menjelaskan orang yang paling sengsara.

    Kesengsaraan adalah satu-satunya emosi yang tertinggal pada seseorang yang telah mengasingkan orang-orang disekitar dirinya. Memanipulasi, mengintimidasi, dan mengancam orang lain, tidak menghargai atau peduli akan kebutuhan mereka, selalu berusaha menempatkan diri sendiri menjadi yang utama akan membuat anda kesepian.

    Orang yang memiliki kesulitan membina hubungan akan menghabiskan banyak waktu dalam kesendiriannya, dan biasanya, orang yang kesepian adalah orang yang sengsara!

    Ingat cerita Christmast Carol? Orang kaya yang kikir dan selfish dibawa oleh malaikat dalam mimpinya untuk melihat masa lalu, masa sekarang, dan masa depan dimana ia melihat meninggal dalam kesendirian.

    Setelah bangun dari mimpinya ia berubah menjadi orang yang mau berbagi dan peduli akan sesamanya dan sejak saat itu ia menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.

    Hubungan anda dengan
    Keluarga - Teman - Rekan ? Tuhan

    Memainkan peranan besar untuk:
  • Kebahagiaan
  • Kesehatan
  • Kemakmuran
  • Rasa aman
  • Ketenangan pikiran
  • dan Haparan masa depan anda

  • 10 perintah hubungan manusia:
    1. Milikilah integritas yang tinggi, sikap yang baik, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.
    2. Tersenyum dan bicara kepada orang lain (cembetut = 72 otot muka, tersenyum = 14 otot muka, makanya orang suka bilang kalau marah melulu nanti cepat tua/ keriput).
    3. Panggil orang dengan menyebut namanya.
    4. Bersahabat, ringan tangan (membantu bukan untuk menampar) dan membesarkan hati.
    5. Berbicara dan bertindak seperti apapun yang anda lakukan dengan senang hati, tanpa paksaan atau berpura-pura.
    6. Milikilah perhatian kepada orang lain secara sungguh-sungguh, bukan sekedar basa basi (genuine).
    7. Tidak pelit dengan pujian dan berhati-hati dengan kritik anda (tetapi bukan menjilat).
    8. Mempertimbangkan perasaan orang lain (bayangkan kalau anda berada dalam sepatunya).
    9. Jadikan anda melayani orang lain (apa yang paling sering diperhitungkan di hidup ini adalah apa sajakah yang telah anda lakukan/ layankan terhadap orang lain). Ini bukan berarti kita seperti pembantu/ pelayan di restoran. Sesekali kita melayani, jangan melulu minta dilayani oleh orang lain.
    10. Kembangkan rasa humor yang baik.
  • 10 Kualitas Pribadi yang Disukai

    1. Ketulusan
    Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Prinsipnya "Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak". Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.
    2. Rendah Hati
    Berbeda dengan rendah diri yang merupakan kelemahan, kerendahan hati justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat orang yang dibawahnya tidak merasa minder.
    3. Kesetiaan
    Kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janjinya, mempunyai komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
    4. Bersikap Positif
    Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dsb.
    5. Keceriaan
    Karena tidak semua orang dikaruniai tempramen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh, tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
    6. Bertanggung Jawab
    Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.
    7. Percaya Diri
    Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.
    8. Berjiwa Besar
    Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
    9. Easy Going
    Orang yang "Easy Going" menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang berada diluar kontrolnya.
    10. Empati
    Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik, tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

    Mengapa Anda Gagal dan Mereka Sukses?

    Apakah anda termasuk orang yang gagal dalam menjalankan bisnis? Sedangkan anda sudah berusaha dengan segenap kemampuan anda serta dukungan modal yang besar. Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan modal besar dapat dipastikan sebuah usaha akan dapat berjalan dan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Apakah asumsi diatas 100% benar? Tunggu dulu, sebuah usaha dapat berjalan sukses tergantung diri anda sendiri, terlepas anda punya modal besar atau tidak.

    Cobalah lihat contoh kasus orang-orang yang sukses, disitu kita bisa melihat sesuatu yang sangat berharga dan itu merupakan modal yang utama untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis yaitu : Jiwa kepemimpinan, paling tidak kita punya jiwa kepemimpinan untuk memimpin diri kita sendiri.

    Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, kalau mereka bisa sukses, mengapa sampai saat ini kita belum mau mewujudkan kesuksesan seperti mereka? Dan anehnya ketika ditanya, semua orang pasti ingin sukses namun statistik membuktikan bahwa orang yang benar-benar sukses tidak lebih dari 5% saja. Berarti masih banyak orang yang gagal, padahal perjalanan mereka yang sekarang menjadi orang sukses tidaklah mulus, mereka pun dulunya pernah gagal, karena kegagalan adalah proses yang harus diperbaiki.

    Kalau begitu faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan seseorang ?
    1. Tidak ada tujuan yang tepat. Kebanyakan orang masih bergantung pada ?nasib? atau ?hoki? yang semua itu tidak jelas. Jika mau sukses, maka hal yang utama harus dilakukan adalah membuat tujuan hidup secara signifikan.

    2. Tujuan tidak pernah dicatat Bila ditanya apakah tujuan hidup mereka? Kebanyakan mereka menjawab bahwa tujuan hidupnya ada di kepala alias dalam pikiran. Hal ini merupakan kesalahan besar karena pikiran kita sangat dipengaruhi oleh beberapa variabel yang cenderung negatif. Jujur saja, dalam kondisi seperti ini kebanyakan dari kita seringkali justru menyalahkan diri kita sendiri atau pikiran kita. Maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah memvisualisasikan tujuan hidup dalam sebuah buku.

    3. Tidak ada tindakan yang efektif Pernah dengar istilah NATO? Not Action Talking Only, alias hanya besar omongan saja. Ini erat hubungannya dengan point 1 dan 2 diatas. Tujuan ada dan sudah divisualisasikan dengan baik, kalau tidak juga dikerjakan maka namanya sama juga bohong.

    4. Tidak memiliki komitmen Kebanyakan orang tidak sukses disebabkan karena mereka tidak punya komitmen untuk sukses dan tidak fokus. Terutama untuk diri sendiri dan mitra usaha atau bisnis. Sehingga begitu menemui hambatan langsung putus asa.

    5. Kurang mengembangkan diri Mereka yang tidak sukses selalu menganggap remeh tiap diadakan acara yang bertujuan untuk pengembangan diri, tidak menghargai mitra usaha atau bisnis. Mereka merasa sudah pandai, banyak alasan yang sebenarnya justru akan menghambat kesukesan mereka.

    6. Salah berteman Jika ingin sukses bertemanlah dengan orang yang sukses, karena jika kita bergaul dengan orang yang gagal umunya mereka tidak mau menunjukkan jalan sukses untuk kita, karena mereka sendiri belum pernah merasakan kesuksesan.

    7. Sombong dan angkuh Biasanya orang tidak sukses karena merasa dirinya paling hebat, paling benar serba tahu dibandingkan orang lain, merasa bahwa jika tidak ada dirinya maka semuanya akan berantakan.
    Itu semua salah besar dan harus cepat-cepat diperbaiki sifat-sifat seperti di atas. Sekarang kita sudah mengetahui mengapa banyak orang yang gagal, kini saatnya kita memahami langkah-langkah strategis yang efektif dilakukan oleh orang-orang sukses dalam meraih prestasi yakni :
    1. Impian Anda harus memiliki impian untuk mendorong kesuksesan yang telah dicita-citakan. ?Tanpa Impian semua itu tidak akan terjadi?. Karena impian adalah sebuah naluri manusia yang mendorong dan merangsang kita untuk selalu maju. Dapatkah anda membayangkan, tanpa impian seseorang yang dulunya dianggap mengada-ada seperti Ampere si Penemu Elektromagnet (Magnet Listrik) sehingga saat ini kita dapat mengukur arus listrik dengan alat temuannya, juga Aiken Si Penemu Komputer yang sampai sekarang komputerisasi merupakan sebuah sistem yang paling canggih dan juga Thomas Alva Edison Si Penemu Listrik, mungkin saja tanpa dia sampai hari ini tiap malam kita masih dikelilingi oleh lilin.
    2. Merencanakan Tindakan Buatlah rencana dalam bentuk tindakan yang efektif seperti yang dikatakan Zig Ziglar bahwa untuk mencapai impian yang paling penting adalah kita harus memiliki satu rencana tindakan yang realistis dan dapat terlaksana.
    3. Belajar dari Orang Sukses Kalau ingin hidup panjang umur, tanyalah kepada orang yang panjang usianya, kalau ingin kaya tanyalah kepada orang kaya dan kalau ingin menjadi sukses tanyalah kepada mereka yang sukses.
    Kesukesan adalah milik dan hak setiap orang yang benar-benar mau memperjuangkan hidupnya untuk meraih kesuksesan. Bukankah dibutuhkan suatu proses untuk memperoleh kesuksesan? Karena yang namanya kesuksesan tidak akan pernah didapatkan secara tiba-tiba akan tetapi harus diperjuangkan demi orang-orang yang kita cintai atau keluarga kita.

    10 Penyakit Mental Manusia

    1. MENYALAHKAN ORANG LAIN
    1. Itu penyakit P dan K, yaitu Primitif dan Kekanak-kanakan. Menyalahkan orang lain adalah pola pikir orang primitif. Di pedalaman Afrika, kalau ada orang yang sakit, yang Dipikirkan adalah : Siapa nih yang nyantet ? Selalu "siapa" Bukan "apa" penyebabnya. Bidang kedokteran modern selalu mencari tahu "apa" sebabnya, bukan "siapa". Jadi kalau kita berpikir menyalahkan orang lain, itu sama dengan sikap primitif. Pakai koteka aja deh, nggak usah pakai dasi dan jas! Kekanak-kanakan. Kenapa ?
      Anak-anak selalu nggak pernah mau disalahkan. Kalau ada piring yang jatuh," Adik tuh yang salah", atau " mbak tuh yang salah". Anda pakai celana monyet aja kalau bersikap begitu. Kalau kita manusia yang berakal dan dewasa selalu akan mencari sebab terjadinya sesuatu.

    2. MENYALAHKAN DIRI SENDIRI
      Menyalahkan diri sendiri bahwa dirinya merasa tidak mampu. Anda pernah mengalaminya ? Kalau anda bilang tidak pernah, berarti anda bohong. "Ah, dia sih bisa, dia ahli, dia punya jabatan, dia berbakat dsb, Lha saya ini apa ?,wah saya nggak bisa deh. Dia S3, lha saya SMP, wah nggak bisa deh. Dia punya waktu banyak, saya sibuk, pasti nggak bisa deh". Penyakit ini seperti kanker, tambah besar, besar di dalam mental diri sehingga bisa mencapai "improper guilty feeling".
      Jadi walau yang salah partner, anak buah, atau bahkan atasan, berani bilang "Saya kok yang memang salah, tidak mampu dsb". Penyakit ini pelan-pelan bias membunuh kita. Merasa inferior, kita tidak punya kemampuan. Kita sering membandingkan keberhasilan orang lain dengan kekurangan kita, sehingga keberhasilan orang lain dianggap wajar karena mereka punya sesuatu lebih yang kita tidak punya.

    3. TIDAK PUNYA GOAL / CITA-CITA
      Kita sering terpaku dengan kesibukan kerja, tetapi arahnya tidak jelas.Sebaiknya kita selalu mempunyai target kerja dengan milestone. Buat target jangka panjang dan jangka pendek secara tertulis. Ilustrasinya kayak gini : Ada anjing jago lari yang sombong. Apa sih yang nggak bisa saya kejar, kuda aja kalah sama saya. Kemudian ada kelinci lompat-lompat, kiclik, kiclik, kiclik. Temannya bilang: "Nah tuh ada kelinci, kejar aja". Dia kejar itu kelinci, wesss...., kelinci lari lebih kencang, anjingnya ngotot ngejar dan kelinci lari sipat-kuping (sampai nggak dengar / peduli apa-apa), dan akhirnya nggak terkejar, kelinci masuk pagar. Anjing kembali lagi ke temannya dan diketawain. "Ah lu, katanya jago lari, sama kelinci aja nggak bisa kejar. Katanya lu paling kencang". "Lha dia goalnya untuk tetap hidup sih, survive, lha gua goalnya untuk fun aja sih". Kalau "GOAL" kita hanya untuk "FUN", isi waktu aja, ya hasilnya Cuma terengah-engah saja.

    4. MEMPUNYAI "GOAL", TAPI NGAWUR MENCAPAINYA
      Biasanya dialami oleh orang yang tidak "teachable". Goalnya salah, focus kita juga salah, jalannya juga salah, arahnya juga salah. Ilustrasinya kayak gini : ada pemuda yang terobsesi dengan emas, karena pengaruh tradisi yang mendewakan emas. Pemuda ini pergi ke pertokoan dan mengisi karungnya dengan emas dan seenaknya ngeloyor pergi. Tentu saja ditangkap polisi dan ditanya. Jawabnya : Pokoknya saya mau emas, saya nggak mau lihat kiri-kanan.

    5. MENGAMBIL JALAN PINTAS, SHORT CUT
      Keberhasilan tidak pernah dilalui dengan jalan pintas. Jalan pintas tidak membawa orang ke kesuksesan yang sebenarnya, real success, karena tidak mengikuti proses. Kalau kita menghindari proses, ya nggak matang,kalaupun matang ya dikarbit. Jadi, tidak ada tuh jalan pintas. Pemain bulutangkis Indonesia bangun jam 5 pagi, lari keliling Senayan, melakukan smesh 1000 kali. Itu bukan jalan pintas. Nggak ada orang yang leha-leha tiap hari pakai sarung, terus tiba- tiba jadi juara bulu tangkis. Nggak ada ! Kalau anda disuruh taruh uang 1 juta, dalam 3 minggu jadi 3 juta, masuk akal nggak tuh ? Nggak mungkin !. Karena hal itu melawan kodrat.

    6. MENGAMBIL JALAN TERLALU PANJANG, TERLALU SANTAI
      Analoginya begini : Pesawat terbang untuk bisa take-off, harus mempunyai kecepatan minimum. Pesawat Boeing 737, untuk dapat take-off, memerlukan kecepatan minimum 300 km/jam. Kalau kecepatan dia cuma 50 km/jam, ya Cuma ngabis-ngabisin avtur aja, muter-muter aja. Lha kalau jalannya, runwaynya lurus anda cuma pakai kecepatan 50km/jam, ya nggak bisa take-off, malah nyungsep iya. Iya kan ?

    7. MENGABAIKAN HAL-HAL YANG KECIL
      Dia maunya yang besar-besar, yang heboh, tapi yang kecil-kecil nggak dikerjain. Dia lupa bahwa struktur bangunan yang besar, pasti ada komponen yang kecilnya. Maunya yang hebat aja. Mengabaikan hal kecil aja nggak boleh, apalagi mengabaikan orang kecil.

    8. TERLALU CEPAT MENYERAH
      Jangan berhenti kerja pada masa percobaan 3 bulan. Bukan mengawali dengan yang salah yang bikin orang gagal, tetapi berhenti pada tempat yang salah. Mengawali dengan salah bisa diperbaiki, tetapi berhenti di tempat yang salah repot sekali.

    9. BAYANG BAYANG MASA LALU
      Wah puitis sekali, saya suka sekali dengan yang ini. Karena apa ? Kita selalu penuh memori kan ? Apa yang kita lakukan, masuk memori kita, minimal sebagai pertimbangan kita untuk langkah kita berikutnya. Apalagi kalau kita pernah gagal, nggak berani untuk mencoba lagi. Ini bisa balik lagi ke penyakit nomer-3. Kegagalan sebagai akibat bayang-bayang masa lalu yang tidak Terselesaikan dengan semestinya. Itu bayang-bayang negatif. Memori kita kadang- kadang sangat membatasi kita untuk maju ke depan. Kita kadang-kadang lupa bahwa hidup itu maju terus. "Waktu" itu maju kan ?. Ada nggak yang punya jam yang jalannya terbalik ?? Nggak ada kan ? Semuanya maju, hidup itu maju. Lari aja ke depan, kalaupun harus jatuh, pasti ke depan kok. Orang yang berhasil, pasti pernah gagal. Itu memori negative yang menghalangi kesuksesan.

    10. MENGHIPNOTIS DIRI DENGAN KESUKSESAN SEMU
      Biasa disebut Pseudo Success Syndrome. Kita dihipnotis dengan itu. Kita kalau pernah berhasil dengan sukses kecil, terus berhenti, nggak kemana-mana lagi. Sudah puas dengan sukses kecil tersebut. Napoleon pernah menyatakan: "Saat yang paling berbahaya datang bersama dengan kemenangan yang besar". Itu saat yang paling berbahaya, karena orang lengah, mabuk kemenangan. Jangan terjebak dengan goal-goal hasil yang kecil, karena kita akan menembak sasaran yang besar, goal yang jauh. Jangan berpuas diri, ntar jadi sombong, terus takabur .

    Follow by Email