Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mencegah Virus Komputer

Virus komputer merupakan sebuah program yang berfungsi untuk memasuki jaringan sebuah komputer dengan tujuan untuk menghancurkan sistem di dalam jaringan komputer tersebut. Bisa dibilang bahwa virus komputer merupakan sesuatu yang sudah sangat sering dihadapi oleh para pengguna komputer. Sebab, saat ini sudah tidak terhitung berapa jumlah virus komputer yang beredar dan siap untuk memangsa komputer-komputer yang ada. Oleh karena itu, sudah tidak terhitung jumlah komputer yang kinerjanya menurun atau bahkan malfungsi karena disebabkan oleh virus komputer. Fakta ini membuat para pengguna komputer pada umumnya sangat anti dan takut terhadap virus komputer sehingga memproteksi komputer mereka dengan antivirus-antivirus untuk menghadang virus-virus memasuki sistem komputer mereka.


Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya virus-virus komputer memiliki cara kerjanya masing-masing? Cara kerja virus-virus komputer itu berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada virus yang sangat ganas yang saat masuk ke dalam sebuah jaringan komputer ia langsung aktif dan memberikan perintah-perintah yang tidak diinginkan oleh pemilik komputer tersebut. Ada juga virus komputer yang menempel para sebuah file yang bukan virus seperti sebuah parasit dan akan aktif saat file tersebut dibuka. Serta, ada juga virus komputer yang mengubah jenis sebuah file menjadi file aplikasi sepenuhnya sehingga file yang dimaksud tidak bisa dibuka. Itulah beragam cara kerja pada virus-virus komputer. Lantas, bagaimanakah caranya agar komputer anda terhindar dari virus-virus berbahaya tersebut? Berikut cara-caranya:

  1. Pastikan bahwa komputer anda memiliki sebuah program antivirus yang selalu terupdate agar minimal komputer anda dapat mendeteksi virus, atau bahkan jika memungkinkan sampai menghapus virus yang anda tanpa membahayakan file tempat virus tersebut hinggap.

  1. Berhati-hatilah saat mencolokkan sebuah perangkat digital seperti flashdisk ke komputer anda. Dalam hal ini, yang dimaksudkan dengan berhati-hati adalah selalu melakukan scan terhadap perangkat digital tersebut sebelum membukanya serta tidak berlama-lama mencolokkan perangkat digital tersebut ke komputer anda. Jika memungkinkan, sebaiknya anda mengcopy terlebih dahulu file yang anda butuhkan dari perangkat digital tersebut ke dalam hardisk komputer anda lalu mencabutnya sesegera mungkin untuk menghindarkan penyebaran virus. Namun, pastikan juga bahwa file yang anda copy tersebut bersih dan terbebas dari virus.

Pelajarilah pola-pola cara kerja virus-virus yang ada agar anda tahu bahwa sebuah file merupakan virus atau bahkan dihinggapi virus. Sebagai contoh, biasanya virus berjenis Trojan mengubah folder atau file-file apapun menjadi sebuah file dengan ekstensi .exe. Jika anda melihat bahwa file yang dimaksud seharusnya bukan berekstensi .exe, maka anda harus curiga bahwa file tersebut adalah virus komputer.(Creatips)