Jumaat, 14 Jun 2013

Stasiun Paling Mewah di Dunia

Unik tapi Nyata -Arab Saudi sepertinya akan memiliki stasiun kereta termahal di dunia. Bayangkan saja, stasiun ini akan berlapis emas dan marmer! Stasiun ini akan dibangun di Riyadh selama empat tahun.



Dilansir dari News.com, Kamis (29/05/2013), Raja Abdullah merencanakan membangun stasiun yang berbeda dari stasiun kereta pada umumnya di dunia. Stasiun yang akan menjadi stasiun termahal, juga bisa menjadi salah satu stasiun yang termewah karena dilapisi emas dan marmer.

Jaringan kereta yang akan dibuat dengan enam jalur memang sengaja dibangun sebagai langkah menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Arab Saudi. Dengan kemewahan yang ditawarkan di sana, bisa-bisa para pengunjung dari luar negeri dibikin iri.

Zaha Hadid, seorang arsitek jempolan, ditunjuk sebagai orang yang mendesain stasiun ini. Rencananya bentuk stasiun akan meniru sebuah gerakan pasir yang tertiup angin. Persis seperti Negara Arab Saudi yang sebagian negaranya merupakan gurun berpasir.

Bangunan ini juga dirancang untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam stasiun. Tapi, bangunan ini juga dirancang menahan panas matahari masuk dari padang pasir, di salah satu tempat terpanas di dunia.

Raja Abdullah sendiri telah memerintahkan pengerjaan stasiun dilakukan hanya dalam empat tahun. Bukan main cepatnya. Sebagai perbandingan, renovasi stasiun di New York saja butuh waktu 4 tahun dan itu bukan membangun stasiun dari nol.

Hmmm, kira-kira seperti apa ya stasiun termahal dan termewah di dunia ini nanti?

0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email