Jumaat, 5 Julai 2013

Ada Air Terjun Terbang di Lombok

Ada Air Terjun Terbang di Lombok - Lombok punya air terjun yang beda, yaitu Tiu Kelep yang berarti air terjun terbang. Percikan air di sini sangat banyak dan dapat Anda rasakan dari jarak 5 meter jauhnya. Seperti apa rupa air terjun ini?



Tak sedikit, wisatawan yang doyan bermain di air terjun. Deburan suara air yang jatuh dan percikannya seolah menjadi alunan musik alam yang ampuh menghilangkan kepenatan. Tapi di Lombok, ada air terjun yang sungguh unik.

Dalam rangkaian perjalanan Burufly dan detikTravel, kami berkesempatan menyambangi air terjun Tiu Kelep di Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan dari Senggigi menuju air terjun ini menghabiskan waktu 2 jam lamanya dengan mobil.

Tak sampai di situ, perjalanan untuk menuju air terjun Tiu Kelep ternyata harus dicapai dengan berjalan kaki. Kira-kira Anda bakal berjalan sekitar 30 menit. Meski demikian, pemandangan hutan dengan pepohonan tinggi lebat dan sungai jernih bakal membuat lelah tak terasa.

"Tiu itu air terjun, Kelep itu terbang. Jadi Tiu Kelep itu air terjun terbang," ujar Agus, seorang porter yang asli suku Bayan, Rabu (3/7/2013).

Rasa penasaran semakin membuncah. Sulit rasanya membayangkan penampakan air terjun Tiu Kelep ini. Tapi kemudian, Agus mulai menjelaskannya lebih dalam.

"Kenapa terbang? Karena percikan airnya sudah terasa saat kita berjarak 5 meter lebih sebelum tiba di air terjunnya," ungkap Agus.

Kami pun harus melewati sungai dengan bebatuan besar sebelum tiba. Suara gemuruh air makin terdengar jelas, serta percikan air mulai terasa membasahi badan. Benar kata Agus, kami sudah merasakannya saat berjarak sekian meter sebelum tiba di dekat air terjunnya.

"Lihat Mas ke atas," perintah Agus.

Wow! Butiran-butiran air dari air terjun Tiu Kelep seolah melayang di udara. Semakin dekat di dekat air terjun Tiu Kelep dengan kolam alami yang ada di bawah, badan kami semakin basah. Ini dia air terjun terbang!

Semua rombongan pun terpukau sambil melindungi kamera dari percikan air. Selain itu, airnya juga dingin dan terasa segar. Beberapa turis mancanegara pun berenang-renang di kolamnya.

"It is so amazing!" ujar Cathrine, turis wanita asal Swiss.

Selama sekitar 1 jam kami dibuat terhipnosis oleh air terjun Tiu Kelep. Percikan airnya yang melayang di udara seolah terbang pun tak pernah habis. Air terjun seperti ini, mungkin hanya ada di Lombok saja.(Unik tapi Nyata)

Batu Gunung Jatuh Berubah Jadi Jembatan

Batu Gunung Jatuh Berubah Jadi Jembatan -Ada suatu jembatan unik dan alami di Gunung Tai, Shandong, China. Di sana terdapat jembatan yang terbuat dari susunan bebatuan besar. Jika dilihat, bebatuan tersebut tampak seperti jatuh dari atas gunung. Unik!



Terletak di Provinsi Shandong, China, ada sebuah jembatan yang diberi nama Immortal Bridge. Keunikan dari jembatan ini adalah terbuat dari susunan batu secara alami. Traveler dari berbagai negara pun berbondong-bondong datang ke sana dan melihatnya langsung.

Ditengok dari situs Planet Oddity (5/7/2013), Immortal bridge atau yang biasa disebut jembatan batu diperkirakan terbentuk secara alami. Jika dilihat seksama, jembatan tersebut terdiri dari tiga batu besar dan bebatuan-bebatuan kecil. Ajaibnya batu-batu tersebut benar-benar seimbang.

Beberapa masyarakat setempat berujar, jembatan batu itu bukan buatan manusia. Mereka percaya, sebab tidak mungkin ada manusia yang bisa membuat jembatan seperti itu di atas gunung. Apalagi, di bagian bawahnya adalah lembah dan jurang.

Beberapa masyarakat percaya, kalau Immortal Bridge sudah berumur sangat tua. Bahkan, ada yang menyebut kalau jembatan tersebut sudah ada sejak zaman es ribuan tahun silam.

Terlepas dari itu, pemandangan Immortal Bridge sudah cukup membuat traveler takjub. Lihatlah batu-batunya yang tersusun secara terperinci. Bebatauan yang seimbang dan tanpa celah, hingga membentuknya terlihat bagai jembatan.

Traveler disarankan untuk tidak menyeberangi Immortal Bridge. Sebab, Anda harus mendaki gunung terlebih dulu dan juga handal soal tali-temali. Memandangi jembatan batu tersebut dari dekat, dijamin sudah membuat Anda geleng-geleng kepala.(Unik tapi Nyata)

Hotel yang Hanya Punya Satu Kamar

Hotel yang Hanya Punya Satu Kamar -  Jika berbicara soal hotel, maka identik dengan bangunan hotel dengan jumlah kamar yang banyak. Namun hotel-hotel berikut malah hanya memiliki satu kamar saja. Jadinya, terkesan eksklusif dan unik.



One Room Hotel, Ceko. Sebuah menara televisi bernama Tower Park Praha di Praha, Ceko, mengalami rekonstruksi dan salah satu kabin di dalam menara dirubah menjadi hotel dengan hanya satu kamar yang sangat eksklusif.

Kamar ini berlokasi di ketinggian 70 meter di atas permukaan tanah. Kesan mewah sengaja diangkat dalam desain kamar dengan pemandangan kota Praha dari ketinggian. Kamar mandi didesain berupa dinding kaca.

Grand Hotel de Kromme Raake, Belanda. Hotel ini mengklaim dirinya sebagai hotel terkecil di dunia. Hotel ini berada di kota kecil bernama Eenrum. Awalnya hotel ini merupakan toko, lalu dirubah menjadi hotel dengan hanya satu kamar.

Desain hotel dibuat nuansa art deco. Hotel tersebut juga tercatat dalam rekor dunia (Guinness Book of Records) saat pembukaannya di tahun 1989 sebagai hotel terkecil di dunia. Tamu yang ingin menginap bisa merogoh kocek mulai dari 150 euro atau sekitar Rp 1,9 juta.

The One Hotel Angkor, Kamboja. Hotel ini hanya memiliki satu kamar jenis suite. Dengan desain penuh kemewahan, kamar memiliki ranjang ukurang king, iBook dan iPod, dan televisi layar data 32 inch.

Selain itu, kamar dilengkapi teras pribadi dengan jacuzzi. Nuansa romantis ingin dibangun di dalam kamar ini, dengan sistem suara di dalam maupun luar kamar dan ruang makan pribadi.

www.privateislandsonline.com The Utter Inn, Swedia
The Utter Inn, Swedia. Hotel ini berada di tengah danau dan hanya memiliki dua tempat tidur. Ukuran kamar hanya 25 meter persegi.

Kamar tersebut terbagi dalam dua sekat kamar, yaitu kamar yang berada di atas air danau dan satu lagi di bawah air. Tamu yang menginap perlu merogoh kocek sebesar sekitar 1100 Krona Swedia atau sekitar Rp 1,6 juta per malam.(Unik tapi Nyata)

Follow by Email