Rabu, 4 Februari 2015

Pesawat Jatuh, Gara-Gara Pilot Selfie

Kejadian Unik - Kecelakaan pesawat terjadi mengakibatkan dua orang tewas di Denver, Amerika Serikat pada 2014 disebabkan oleh keteledoran pilot yang berfoto "selfie" saat sedang terbang, demikian kesimpulan penyidikan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.

Seperti yang dilaporkan sejumlah media di AS, Selasa (3/2/2015), kecelakaan yang terjadi pada 31 Mei tahun lalu itu menewaskan sang pilot sendiri, Amritpal Singh Dhillon dan seorang penumpang yang identitasnya belum diketahui.



Kesimpulan itu diambil berdasarkan temuan sebuah kamera GoPro di antara bangkai pesawat Cessna 150K yang jatuh hanya beberapa saat setelah tinggal landas. Berdasarkan analisis data dalam kartu memori kamera itu ditemukan foto-foto pilot saat dalam penerbangan itu.

Dalam kumpulan foto itu, ditemukan paling tidak sepuluh foto "selfie".

"Hasil analisis terhadap foto-foto di kamera GoPro itu menunjukkan bahwa pilot dan penumpang berselfie menggunakan telepon seluler mereka dan selama penerbangan malam mereka berfoto menggunakan lampu flash, bahkan saat tinggal landas, saat pesawat mulai terbang, dan saat sudah terbang," kata badan tersebut dalam laporannya.

Menurut para penyidik, tampaknya fokus pilot saat terbang terganggu oleh lampu kamera, yang membuatnya mengalami disorientasi spasial, dan akhirnya kehilangan kendali atas pesawat.

Disorientasi spasial adalah ketidakmampuan seseorang untuk menjaga orientasi tubuh terhadap lingkungan di sekitarnya. Masalah ini biasanya menjadi penyebab 5 sampai 10 persen kecelakaan penerbangan. (Mashable/Fox News untuk Unik tapi Nyata)

0 komentar:

Catat Ulasan

Silahkan komentari

Follow by Email