Isnin, 28 Disember 2015

Botok Tawon Banyuwangi

Botok Tawon Banyuwangi -  Mengkonsumsi madu yang dihasilkan dari tawon rasanya sudah biasa namun akan menjadi unik jika yang menjadi santapan untuk kuliner kali ini adalah tawonnya sendiri, ya menu masakan yang satu ini merupakan makanan khas jawa timur yang di masak dalam bentuk botok.



Kali ini kita akan membahas salah satu wilayah jawa timur yang menjajakan menu botok tawon, kuliner ini bisa Anda temukan di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Botok Tawon Banyuwangi

Dalam pembuatannya bukan hanya tawonnya saja yang di masak namun juga sarangnya Botok tawon buatan Bu Misnah ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Cara mengolahnya cukup praktis. Irisan sarang dan anak lebah dimasukan pincukan daun pisang, lalu disiram air bumbu adonan lombok, gula merah, asem, tomat, dan bawang merah. Kemudian direbus dalam dandang.

Warung Bu Misnah masih mempertahankan dapur kayu untuk memasak. Jika daun pisang layu kecoklatan, pertanda botok tawon telah matang dan siap disajikan. 1 porsi menu botok tawon harganya bervariasi, antara Rp 5.000 hingga Rp 19.000 tergantung lauk pauk yang dipilih.

Botok tawon Banyuwangi diyakini memiliki khasiat diantaranya :

  • Mengatasi alergi pada obat antibiotik, untuk mengatasi alergi tersebut dibutuhkan larva tawon yang mengandung royal jelly dan biasanya larva tersebut terdapat dalam botok tawon Mengatasi Demam
  • Mengatasi Diare pada anak
  • Mengatasi penyakit asma
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan kesuburan Pria dan Wanita
  • Mengatasi kista pada wanita(Berita Unik)

Nasi Kentut Medan

Nasi Kentut Medan - Nasi Kentut, merupakan Makanan Unik Khas  Medan untuk menu yang satu ini  jangan dibayangkan dulu yah karena sebenarnya tidak ada hubungannya antara bau kentut dengan menu makanan yang satu ini.

Nasi Kentut Medan

Makanan Nasi Kentut biasanya dinikmati dengan aneka lauk seperti  ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Dan sebagai pelengkapnya biasanya di tambahkan  sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau dan pilihan sambal yang lain.


Untuk satu porsi Nasi Kentut, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu saja. Sangat pas untuk Anda yang ingin melakukan jalan-jalan kuliner mencicipi makanan yang unik namun dengan harga yang terjangkau.

Lalu kenapa �Kentut� ? penasaran ? inilah jawabannya Nasi Kentut ini sebenarnya hanya nasi biasa pada umumnya  yang diolah dengan  berbagai rempah-rempah dan ditambahkan dengan daun sehingga bercita rasa gurih , daun inilah yang disebut oleh masyarakat setempat  sebagai daun kentut. Dalam penyajiannya daun kentut ada yang di olah bersamaan dengan nasi ada pula yang diolah bersamaan dengan lauknya. Yang pasti daun kentut ini justru menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera makan Anda.



Daun kentut sendiri merupakan tanaman obat yang tumbuh liar, namun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah melancarkan pencernaan.

Daun kentut juga kadang digunakan sebagai lalapan atau makanan yang dicampur dengan berbagai lauk atau dimasak menjadi santapan kuliner yang memiliki cita rasa tinggi.(Hanya di Indonesia)(Berita Unik)

Follow by Email