Sandiaga Uno Luncurkan "One Kecamatan One Ondel-ondel'

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meluncurkan program terbarunya bertajuk OK OBE dalam Festival Cempaka Putih. OK OBE merupakan One Kecamatan One Ondel-ondel Kreasi Betawi.
Wakil Gubernur Sandiaga Uno meluncurkan program terbarunya bertajuk OK OBE, yaitu One Kecamatan One Ondel-ondel Kreasi Betawi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).

“Hari ini, kita melihat maraknya masyarakat di Festival Cempaka Putih dan kita melihat dimana kreasi OK OCE dan budaya Betawi, yaitu OK OBE, One Kecamatan One Ondel-ondel Kreasi Betawi,” ujarnya dalam Festival Cempaka Putih di hadapan seluruh warga setempat, Sabtu (3/2).

Sandi berharap, OK OBE akan menumbuhkan kreasi masyarakat Betawi dalam berwirausaha. Untuk mendorong hal tersebut, ia akan menindaklanjuti nota kesepahaman dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang sebelumnya telah diteken Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.



“Nanti gandeng Bekraf. Pokoknya, OK OBE ini bisa menumbuhkan ekonomi rakyat Betawi asli,” terang dia berjanji.

Dalam Festival Cempaka Putih, Sandi tampak menikmati kreasi dan budaya asli Betawi yang ditawarkan melalui 72 panggung mini (booth), beserta tari-tarian dan kesenian khas Betawi.

Saat tiba di kawasan festival, Sandi sempat disambut dengan adat palang pintu yang merupakan budaya khas Betawi ketika menerima tamu.


Ketika adat palang pintu digelar, Sandi berkesempatan melihat jawara Betawi berlagak adu jotos membawa golok.

Saat ini, Festival Cempaka Putih diresmikan sebagai acara tahunan yang dilaksanakan secara kontinyu oleh masyarakat setempat.

“Memang, tadinya ada juga, tapi tidak resmi. Sekarang kami resmikan secara kontinyu setiap tahun satu kali festival ini akan digelar dengan menonjolkan budaya Betawi,” pungkas Sandi. (bir/www.cnnindonesia.com)
Copyright © "AN5EL". All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design