Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Negara dengan Penduduk Pengonsumsi Alkohol Terbesar di Dunia

Minuman beralkohol merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi oleh berbagai orang di seluruh dunia. Jenis minuman alkohol juga sangat banyak macamnya mulai dari beer, wine, whiskey, tequila dan masih banyak lainnya. Namun minuman yang bisa membuat mabuk ini sebenarnya memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi secara berlebih dan gangguan kesehatan bahkan kematian.

Akan tetapi meminum minuman ini sudah menjadi salah satu budaya di sejumlah negara, sehingga marak dan sangat wajar dikonsumsi oleh masyarakatnya. Maka berikut terdapat beberapa negara dengan konsumsi alkohol terbesar di dunia yang harus kamu ketahui.

1. Republik Ceko

Republik Ceko menjadi salah satu negara dengan tingkat pengonsumsi alkohol terbesar di dunia yang berada di peringkat ke lima. Kurang lebih penduduk Ceko mengonsumsi 14.1 liter dalam setahunnya.

Negara di Eropa Tengah ini memiliki budaya untuk meminum beer yang banyak dikonsumsi orang dewasa berusia 15 tahun ke atas. Serta, terdapat berbagai minuman liquor tradisional dari Ceko seperti Slivovice, Zelena, Fernet, dan lainnya.

2. Rusia

Kemudian beralih ke Eropa Timur terdapat negara Rusia yang juga termasuk salah satu negara pengonsumsi alkohol terbesar di dunia. Besaran konsumsi alkohol di Rusia mencapai angka 14.5 liter per kapita setiap tahun. Masyarakat Rusia banyak mengonsumsi minuman vodka, di mana negara ini juga menjadi produsen besar minuman alkohol tersebut yang diimpor ke sejumlah negara.

Namun sudah terjadi sejumlah masalah terkait tingginya tingkat konsumsi alkohol di Rusia, di mana terjadinya kekerasan hingga kematian. Selain itu pemerintah Rusia sudah berusaha untuk menurunkan angka konsumsi minuman alkohol dengan memberikan sejumlah kebijakan tertentu.

3. Lithuania

Lithuania juga menjadi negara dengan konsumsi alkohol terbesar di dunia yang mencapai angka 16.2 liter per kapita setiap tahunnya. Negara di Baltic ini juga menjadi salah satu pengomsumsi vodka terbesar serta terdapat berbagai minuman alkohol tradisional seperti Lithuanian mead, kvass, krupnik, dan lainnya.

Kabar baiknya, konsumsi alkohol di Lithuania semakin menurun dari tahun ke tahunnya. Namun tetap negara ini jadi pengonsumsi alkohol terbesar dibandingkan negara Uni Eropa lainnya.

4. Belarusia

Kemudian terdapat Belarusia yang masuk dalam urutan negara pengonsumsi alkohol terbesar di dunia, yang mana berada pada peringkat kedua. Negara bekas pecahan Uni Soviet ini memiliki konsumsi alkohol sebesar 17.1 liter per kapita per tahun. Belarusia juga jadi salah satu dalam negara vodka belt yang menjadi pengonsumsi besar vodka yang ada di Eropa Timur.

Tentunya tingginya tingkat konsumsi alkohol juga berdampak pada tingginya kriminalitas dan kasus pembunuhan yang ada di negara ini.

5. Moldova

Terakhir dan menjadi yang terbesar adalah Moldova, negara di Eropa Timur bekas pecahan Uni Soviet ini mempunyai konsumsi alkohol rata-rata sebesar 17.4 liter per kapita tiap tahun. Penduduk di negara ini meminum alkohol 3 kali lebih banyak dibandingkan rata-rata konsumsi alkohol global yang sebesar 6.1 liter.

Salah satu negara miskin di Eropa ini juga sebagai penghasil wine besar, namun penduduk di negara ini justru mengonsumsi minuman alkohol seperti wine dan vodka buatan sendiri agar lebih murah. Selain itu, budaya minum alkohol menjadi hal yang lumrah di sini, bahkan untuk beberapa pekerjaan terdapat upah berupa minuman alkohol.

Itu tadi beberapa negara dengan konsumsi alkohol terbesar di dunia yang pastinya harus kamu ketahui. Tentunya informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu.

https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2279740263463564?